Search Engine with the Fastest Indexing ability

Search Engine with the Fastest Indexing ability

Logo berbagai search engine besar


Untuk menindak lanjuti artikel tentang mesin pencari yang terdapat pada https://atumiwa.blogspot.com/2021/09/top-and-best-search-engine.html

disini saya khusus melakukan ujicoba atau studi kasus hanya dibagian seberapa cepat sebuah mesin pencari dalam melakukan crawling sebuah halaman atau artikel baru.

Studi Kasus Mesin Pencari dalam kecepatan Mengindeks

sebagai gambaran, situs atau blog saya ini memiliki otoritas nilai rating yang rendah, biarpun sudah berumur belasan tahun. Mungkin karena saya memang tidak pernah fokus di blog pribadi ini, lebih ke asal tulis apa saja, seperti blog asal-asal (itu sebabnya saya tulis di logo nya "asal-asal").

Halaman baru yang saya gunakan untuk studi kasus kali ini adalah halaman Berbagai Kompetisi Sepakbola yang Indonesia Ikut yang baru saja saya publish atau posting hari ini tanggal 10 Januari 2022 sekitaran jam 11.

Beberapa peserta mesin pencari adalah:

1. Google
mesin pencari Google menguasai pasar Indonesia sebear 97%. dan Untuk dunia, Google merebut pasar sebesar 91,9% menurut gs.statcounter (sedangkan menurut statista 86,6%)

2. Kelompok Bing:
  • Bing
  • DuckDuckGo
  • Yahoo
  • AOL
  • Ecosia
  • Lycos
Bing, DuckDuckGo, dan Yahoo adalah tiga mesin pencari yang masuk Top 6 search engine yang paling banyak digunakan. Dan semuanya menggunakan engine Bing, paling di modif sedikit hasil pencariannya.

3. Yandex
mesin pencari asal Rusia ini banyak digunakan oleh orang Rusia dan negara pecahan uni soviet.

4. Ask.com
awalnya situs ini bergerak sebagai situs penyedia jawaban seperti Quora (Question Answer atau QA site), tetapi gagal bersaing kemudian mengganti rencana menjadi situs portal berita + mesin pencari.

Hasil Perbandingan Mesin Pencari

tanggal rilis artikel: Tgl 10 Januari 2022, pagi hari.
  1. Google (submit sitemap dan feed) = 22 februari
  2. Bing = 11 januari , pagi hari.
  3. Yandex = 
  4. Ask.com = 24 februari
  5. Yahoo = 11 januari, pagi hari.
  6. DuckDuckGo = 

---
Yang cukup besar seperti Weibo saya tidak ikut serta karena mereka hanya memunculkan hasil pencarian dalam bahasa lokal mereka sendiri (weibo = bahasa mandarin).

Dari daftar diatas, saya ada melakukan submit Sitemap.xml dan feed ke webmaster tool hanya pada Google. Sedangkan Bing, dan Yandex biarpun ada webmaster untuk submit sitemap, tidak saya lakukan. Sedangkan untuk Ask.com dulu bisa submit sitemap, tapi sekarang sudah tidak bisa lagi, ditutup oleh pihak Ask.com.

Kriteria ujicoba ini adalah:
  • Tidak melakukan url submission (submit url) ke tool webmaster
  • pada Bing, tidak menggunakan fitur IndexNow
  • Saya akan mengecek setiap hari
untuk mengecek apakah sebuah halaman baru sudah di indeks atau belum, bisa menggunakan cara mengetik judul artikel ke kolom mesin pencari, ataupun bisa juga yang lebih efektif adalah dengan cara mengetik "site:alamat halaman" pada kolom mesin pencari, sebagian besar search engine mendukung Search Command ini (perintah algoritma khusus mengatur hasil pencarian).

kira-kira manakah yang paling cepat dalam mengindeks halaman baru untuk sebuah blog dengan otoritas rating nilai rendah?

jawabannya tentu butuh waktu sangat lama, mungkin beberapa minggu, atau bahkan beberapa bulan. Jadi halaman ini akan diupdate setelahnya.

harap bersabar ya.
Share:
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url