Berbagai Rekomendasi Lagu 24 bit / 192 khz pada Qobuz

Berbagai Rekomendasi Lagu 24 bit / 192 khz pada Qobuz


 
Audiophile Indonesia - Tidak banyak layanan streaming music yang memberikan pelanggannya untuk mendengar file lagu kualitas 24 bit, apalagi jika frekuensi channel-nya 24 bit / 192 khz dan keatas.

Mungkin perusahaan music streaming yang paling terkenal dalam menyajikan musik HiFi high resolution sekelas 24 bit / 192 khz adalah Tidal dan Qobuz. 

Keduanya menyajikan dengan cara berbeda, Tidal mengandalkan file versi MQA, sedangkan Qobuz menggunakan FLAC. File MQA (Master Quality Authenticated) ini biasa mengalami pro dan kontra dalam dunia audiophile, tidak saya jelaskan secara terperinci disini.

Dari segi database, Tidal lebih unggul dalam menyajikan jumlah lagu Hi-res sekelas 24 bit / 192 khz. Kemudian pencarian file lagu (filter) pun lebih mudah, Qobuz agak kesulitan dalam masalah filter ini, bahkan lebih mudah jika mau mencari lagu 24bit itu melalui playlist buatan orang lain dibanding mencari sendiri satu per satu.

Sebenarnya mendengarkan lagu 24 bit / 192 khz ini jika tidak didukung oleh perangkat yang mumpumi, sangatlah tidak berguna, ibarat punya mobil lamborghini tapi ban kelas avanza. Benar-benar ga maksimal dan jadi ga berguna.

Saya lihat di Indonesia ada yang menggunakan ponsel sebagai source kemudian direct out secara langsung ke earphone. Saya sering merasa ngakak setelah mendengar atau melihat hal beginian. Jadi please deh jangan melakukannya, itu sia-sia. 

Minimal kalian harus menggunakan sistem kabel optical-out ke external DAC (kalau bisa desktop DAC, jika tidak ya portable pun tidak apa), kemudian ke eksternal amp dan terus menggunakan cans (headphone, iem, earphone, speaker) yang kelas nya agak lumayan, jangan cuma kelas 1 jutaan. 

Jika tidak ada, mending lupakan soal download atau mendengar lagu 24 bit / 192 khz, habisin bandwith internet doank itu namanya, dan habisin biaya langganan dan tempat penyimpanan file.

Selain masalah file audio dan rigs (perlengkapan), juga yang paling penting adalah masalah rekaman, jika dibanding dengan rekaman studio masa lalu, zaman sekarang saya lihat dan dengar sendiri lebih bagus kualitasnya. Tapi pastinya setiap perusahaan rekaman memiliki cara berbeda sendiri yang menjadi dapur rahasia mereka, dan menghasilkan kualitas rekaman berbeda pula.

Empat Rekomendasi File Lagu 24 bit / 192 khz di Qobuz

Kita balik ke pembahasan aplikasi atau software layanan streaming musik audiophile, yang biasa digunakan adalah antara Tidal dan Qobuz. Tetapi karena Qobus agak jarang dan lebih sulit menemukan lagu 24 bit / 192 khz, maka berikut saya rekomendasikan empat album yang memiliki kualitas rekaman sangat bagus:

#1 Norah Jones - Feels Like Home atau Come Away With Me

Yang pertama dan saya sangat suka kualitas rekamannya adalah dari album Norah Jones, saya lebih suka album Feels Like Home dibanding Come Away With Me, tapi keduanya sangat bagus. Wajib dikoleksi untuk para penggemar audiophile dan pengguna Qobuz.

#2 Guns N' Roses - Appetite For Destruction (Super Deluxe 192 khz)

Oldies but Goodies, ini dia band jadul yang patut di koleksi, secara total album ini terdapat 51 tracks lagu, dengan total durasi 3 jam 31 menit.

Dengerin lagu Guns N' Roses dalam bentuk hi-res akan terasa nostalgia zaman dulu. Rindu lagu-lagu ikonik classic seperti Sweet Child O' Mine dan Paradise City? sikat bro.

#3 Muddy Waters - Folk Singer 

Wah yang ini lebih jadul lagi dibanding Guns N'Roses, album pertama Muddy Waters direkam tahun 1941, sedangkan album Folk Singer direkam tahun 1964. Banyak mengandalkan gitar akustik dalam lagunya. Pecinta genre lagu blues dan pengguna Qobuz, wajib koleksi album Muddy Waters. 

Judul lagu favorit saya dari album Folk Singer adalah My Home in in the Delta (SACD).

#4 Thelonious Monk - Genious of Modern Music (Vol.1) 

Ini albumnya kebanyakan isinya instrumen (instrumental) musik doank, terutama piano, jadi para pecinta musik instrumen dan alat musik, cocok mendengar lagu-lagu dan album dari Thelonious Monk. Mendengarnya sambil kerja bisa bikin relax dan santai. 


---
Demikian empat album 24 bit / 192 khz yang saya rekomendasikan untuk pelanggan dan pengguna Qobuz. Ingat jika mau mendengarnya jangan langsung colok dari ponsel, bikin malu saja. Rekomendasi alat tempur atau cans yang saya saranin mungkin adalah menggunakan custom IEM untuk kepuasan maksimal. Happy Listening!
Share:
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url