Makanan Yang Bisa Menimbulkan Jerawat

Makanan Yang Bisa Menimbulkan Jerawat

 

Makanan Yang Bisa Menimbulkan Jerawat


Makanan Yang Bisa Menimbulkan Jerawat - Acne vulgaris atau lebih populer disebut dengan jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang sangat umum terjadi dan dialami oleh setiap orang. Masalah pada kulit yang satu ini seringkali membuat banyak orang merasa terganggu, apalagi jika jerawat muncul di bagian wajah sehingga akan mempengaruhi penampilan yang mana akan bisa berdampak pada psikologis yakni berkurangnya rasa percaya diri. Selain itu jerawat yang tidak ditangani dengan baik akan bisa membuatnya bertambah parah bahkan hingga bernanah.

Jerawat sendiri adalah masalah kulit yang disebabkan karena adanya berbagai macam kotoran dan minyak yang menyumbat pori - pori pada kulit, biasanya jerawat sering muncul jika Anda kurang menjaga kebersihan kulit wajah. Ditambah lagi jika Anda sering beraktivitas di luar rumah sehingga kulit wajah Anda akan sering terkena debu dan polusi. Selain disebabkan oleh faktor lingkungan, masalah jerawat ternyata juga bisa disebabkan oleh faktor makanan yang Anda konsumsi, pada kesempatan kali ini akan kami ulas beberapa makanan yang bisa menimbulkan jerawat.


Makanan Yang Bisa Menimbulkan Jerawat

1. Makanan Berlemak

Untuk mencegah timbulnya masalah jerawat di kulit, alangkah baiknya apabila Anda mengurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak. Hal ini dikarenakan makanan yang mengandung lemak tinggi akan menumpuk di tubuh kita dan akan dikeluarkan melalui bagian kulit, tentu saja hal ini akan membuat kulit Anda lebih berminyak dan beresiko tinggi terhadap jerawat.

2. Makanan Manis

Selain makanan yang berlemak, makanan manis juga bisa meningkatkan resiko timbulnya jerawat. Makanan yang memiliki kadar gula yang tinggi ternyata juga bisa meningkatkan kadar lemak yang ada di dalam tubuh seseorang sehingga hal ini secara tidak langsung akan membuat kulit memproduksi minyak secara berlebih yang mana akan bisa menimbulkan masalah jerawat pada kulit.

3. Makanan Berbahan Susu

Perlu Anda ketahui bahwa makanan yang terbuat dari bahan susu ternyata juga bisa menjadi pemicu timbulnya jerawat, makanan berbahan susu memiliki kandungan hormon yang mana akan diubah menjadi DHT (dihydrotestosteron) di dalam tubuh manusia. Zat tersebut akan bisa menimbulkan jerawat pada kulit sehingga Anda harus membatasi beberapa makanan yang berbahan susu.

4. Makanan Yang Mengandung Kafein

Agar tidak mengalami masalah jerawat, maka Anda bisa membatasi konsumsi makanan yang memiliki kandungan kafein seperti misalnya cokelat, kopi, obat penahan sakit, dan sebagainya. Perlu Anda ketahui bahwa kafein akan menjadi pemicu munculnya adrenalin yang akan merilis hormon penyebab stres yang mana hal inilah yang akan meningkatkan resiko seseorang mengalami jerawat.

5. Makanan Yang Mengandung Alkohol

Perlu Anda ketahui bahwa makanan dan minuman yang memiliki kandungan alkohol sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh Anda yang ingin memiliki wajah bersih dan bebas dari jerawat. Hal ini dikarenakan makanan dan minuman yang memiliki kandungan alkohol akan bisa mengganggu aliran darah yang mana akan membuat kulit menjadi keriput dan memicu terjadinya jerawat.

Apabila Anda ingin memiliki wajah yang bebas jerawat, maka Anda sebaiknya membatasi diri untuk mengkonsumsi beberapa jenis makanan di atas. Semoga bermanfaat.

Share:
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url