Top & Best Search Engine

Top & Best Search Engine


berbagai logo mesin pencari terkenal.




Mesin Pencari Terbaik - Selain Google, sebenarnya masih begitu banyak alternatif search engine, jaman dulu kita mengenal ada Altavista (sebelum dibeli oleh Yahoo), kemudian juga ada Netscape search engine, AOL, MSN, Privatelee, dan lainnya, tapi sekarang mereka sudah tidak ada lagi, alias punah.

Jadi peringkat search engine atau dalam bahasa indonesia kita sebut Mesin Pencari untuk jaman sekarang, apa saja yang terbaik dan paling bagus? Berikut daftar 8 (Delapan) search engine terbaik di dunia sekarang ini:
  1. Google
  2. Bing
  3. DuckDuckGo.com
  4. Ask.com
  5. Yahoo
  6. Baidu
  7. StartPage
  8. Yandex
  9. Brave
  10. Ecosia
  11. Cangkok
  12. Naver
Selain itu tentu saja masih banyak lagi, ada beberapa yang cukup dominan di suatu negara, contohnya Yandex dan Mail.ru di Rusia, atau Baidu, Shenma, Sogou, dan Haosou di China, atau Ecosia di negara Eropa, atau Naver di Korea. Tapi secara umum atau global, Google menguasai market (pasar) search engine sampai setinggi 90an persen, hampir semua orang menggunakannya.

Setiap search engine memiliki kelebihan masing-masing dari hasil pengalaman. Untuk keywords atau Query kata yang kita cari pada search, Google lebih akurat, sedangkan untuk mencari gambar sesuatu gitu, ataupun logo, maka Duckduckgo dan Bing lebih akurat sesuai yang kita mau. Tapi itu tergantung waktu juga ya, karena Google sering update algoritma, yang membuatnya kadang akurat, kadang jelek, ga stabil gitu, plin-plan istilahnya.

Untuk kecepatan index, mesin Bing lebih cepat dibanding Google dalam mengindex halaman baru situs. Apalagi sekarang sudah didukung fitur layanan indexingnow, sebuah proyek open license.

Masalah privacy (kerahasiaan) dan menolak tracking, sudah pasti dimenangkan oleh Duckduckgo. Yang paling parah adalah Google, menggunakan semua data yang bisa ditemukan dari kita, untuk tujuan Ads (iklan) mereka dan personalisasi. Bahkan rumornya, biarpun kita pakai mode incognito (secara diam-diam juga Google "mencuri" informasi kita)

Google menang di yang namanya search Feature, schema markup, rich format result / rick result, (ketiganya menunjuk pada arti yan sama), yaitu sebuah kemampuan untuk menghasilkan hasil selain sepuluh biji blue link (tautan biru)

Update: saya mengganti posisi duckduckgo.com ke urutan peringkat nomor tiga, karena alasan lebih privacy dibanding yahoo, dan juga lebih cepat loadingnya karena websitenya tidak banyak tulisan seperi Yahoo yang include menaruh portal berita.

Kemudian ask.com di urutan ketiga, mengingat sangat akurat hasilnya.

Duckduckgo, Bing, Yahoo, Ecosia, keempat itu sebenarnya menggunakan engine yang sama, yaitu engine Bing, cuma di modif dikit doank, sehingga hasil penelusuran pun tidak jauh beda.

Peringkat kesebelas saya tambahkan cangkok, search engine buatan lokal Indonesia, sebenarnya merk ini sangat jelek, lambat/lag, hasilnya sedikit dan ga update, ga berguna, sering down, ga efektif, kurang responsive, sering can't be reached, dll, tapi merupakan satu-satunya mesin pencari lokal yang masih idup sejak belasan tahun lalu. saya cek satu per satu mesin pencari lokal yang dari generasi lama, ada belasan tapi uda mati semua, sisa ini doank, jadi hanya sebagai "penghargaan" untuk disebut semata (honorable mention).

Lainnya ada AOL, Seznam, Qwant, Daum, WebDe, Goo, Dogpile, Lycos, ilse, rambler, Excite, Biglobe, Earthlilnk, Entireweb, search.com, Yippy, Oscobo, Ekoru.

Mesin pencari Ekoru itu mirip Ecosia, jadi setiap menggunakan mesin pencari ini ada semacam program untuk membantu atau melestarikan alam di dunia nyata gitu.

Ada juga search engine yang berupa software seperti YaCy , dan Sphinx.

Bagi pecinta privacy, ada pilihan SearX, swisscows, peekier, metager, SearchEncrypt, Discrete Search, Disconnect search, privacywall.org, dan Gibiru.

untuk jenis dan merek lainnya dari mesin pencari, bisa mengunjungi wikipedia di:


contoh pilihan search engine
bawaaan mobile browser
ponsel samsung



Aplikasi Mobile

Untuk aplikasi mobile, yang memiliki fitur browser dengan segudang pilihan search engine, beberapa pilihan ada:
  • Search Engine - all in one app buatan HyperAffinity . ada 35+
  • All in 1 Search buatan Arunsoft
  • Search Engine Search It: Multiple Search Engines buatan sdm Apps. ada 50 in 1
  • Any Search - search for anything buatan Gulumulu Apps - ada 150+ search engine
  • QuickSearch Engines, All Browers buatan Loreapps
  • SearchAll.net: Multi Search Engines, Video, Image buatan DaaSoft


Pranala luar
Referensi
  • Netmarketshare
  • Gs.statcounter
  • Statista
  • Wikipedia

Share:
Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url