Sarana Pembuat Situs untuk Pemula

Sarana Pembuat Situs untuk Pemula

Alat Pembuat Situs untuk Pemula
logo Wordpress dan Blogspot

Zaman sekarang ini , membuat website itu serba muda, kamu tidak perlu lagi mengerti coding ataupun web programming. Kebanyakan cukup 'drag and drop' bisa langsung jadi dalam hitungan beberapa menit. 

Semua telah disediakan untuk kepraktisan dan kemudahan; mulai dari ketersediaan berbagai template, themes, framework, script, plugin, setting, option dan lainnya sudah tersedia, tinggal memilih dan sedikit utak atik tanpa perlu mengerti algoritma dan menulis kode dari nol.

Zaman dulu, mereka yang membuat situs disebut Web Programming. Istilah ini untuk yang melakukan coding dalam pembuatan situs mulai dari yang sederhana sekadar single static page sampai membuat aplikasi atau framework serta interaksi dengan server.

Sekarang ini muncul istilah web designer, yang di mana kita tidak wajib bisa coding atau belajar kode programming dalam pembuatan website/situs atau blog. Jadi kita hanya perlu melakukan istilahnya 'drag & drop' secara visual, ini disebut dengan CMS (singkatan dari Content Management System).


Berbagai Pilihan Alat Pembuat Situs

Apa saja sarana atau layanan CMS yang paling gampang dipelajari untuk seorang pemula (yang juga buta coding)? Berikut adalah urutan yang paling direkomendasi secara berurut:

  1. Wix (ini mungkin ada dikit lelet untuk komputer spesifikasi rendah)
  2. Google Sites (agak terlalu sederhana, tapi ya gampang banget)
  3. Blogspot (juga dari Google)
  4. Weebly
  5. SquareSpace
  6. Wordpress (ada 2 jenis, lihat bawah)
  7. Site123
  8. WebNode
  9. Web.com
  10. Strikingly
  11. Jimdo
catatan: Wordpress ada dua jenis, yaitu wordpress.org dan wordpress.com, keduanya sama merupakan layanan tool CMS untuk membangun atau membuat situs, tetapi yang satu adalah self-hosted alias hosting harus kita sediakan sendiri, sedangkan yang satu disediakan oleh pihak Wordpress.

Google Sites ada versi lama dan baru, versi lama disebut Classic Google Sites, lebih banyak fitur dan lebih bisa diutak-atik, sedangkan yang baru disebut New Google Sites yang dalamnya sangat sederhana dan hanya perlu kurang dari 5 menit untuk mempelajarinya atau menerbitkan situs baru. Cocok untuk membuat landing page.

Demikian sebelas rekomendasi alat atau layanan yang berbasis membuat situs atau blog untuk pemula, mereka cukup mudah dipelajari, kadang bahkan tidak perlu bantuan youtube atau googling, bisa langsung tes-tes sendiri dengans sistem 'what you see is what you get' (apa yang kamu lihat apa yang kamu dapat).

Tentu saja jika memiliki dasar pengetahuan tentang web programming, misalkan yang paling penting adalah HTML, itu lebih membantu, karena terkadang menemukan bug atau error, sehingga perlu manual input atau perbaiki kode html -nya. Lebih bagus lagi jika juga mengerti css , php, javascript, json, framework, markup, cgi, markdown, phyton, perl, dll . Selain itu juga pemahaman akan bahasa pemograman tersebut akan membuat kita lebih bebas dan leluasa dalam modifikasi situs kita.


Share:
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url