Top 6 Media Sosial Paling Populer di Indonesia, Berikut Informasi Lengkapnya!

Top 6 Media Sosial Paling Populer di Indonesia, Berikut Informasi Lengkapnya!

Perkembangan media sosial terus mengalami kemajuan yang pesat dan memberikan kemudahan bagi banyak orang untuk menjalani pekerjaan sehari-hari. Hingga saat ini, media sosial banyak digunakan oleh banyak orang dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Hal ini membuat banyak perusahaan teknologi yang merilis berbagai macam aplikasi media sosial dengan berbagai fitur yang disukai oleh para penggunanya. Pasalnya, saat ini media sosial tidak hanya digunakan untuk sekedar memposting momen saja. Akan tetapi, media sosial menjadi wadah bagi banyak orang untuk menjalankan bisnis dan pekerjaan.

Di Indonesia sendiri, hampir semua orang menggunakan media sosial setiap harinya. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi mengenai media sosial paling populer di Indonesia, serta apa saja keunggulan dan fitur yang dimiliki oleh aplikasi tersebut.


Daftar Aplikasi Media Sosial Paling Populer di Indonesia yang Wajib Kamu Ketahui

Tahukah kamu, hingga Januari 2021, jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta jiwa. Angka ini meningkat 16% dari tahun sebelumnya. Berikut ini adalah media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia menurut survei Global Web Index (GWI).


1. YouTube



Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi YouTube yang menempati peringkat pertama sebagai salah satu media sosial paling populer di Indonesia. Lewat YouTube, kamu bisa menonton dan mengupload video dengan berbagai tema, mulai dari tutorial, musik, edukasi, dan masih banyak lagi.

Hingga saat ini, YouTube terus melakukan peningkatan terhadap fitur dan layanan agar semakin mempermudah penggunanya. Beberapa fitur yang dimiliki oleh YouTube antara lain autoplay, download video, subtitle, hingga YouTube AdSense.


2. WhatsApp 



WhatsApp menjadi salah satu aplikasi media sosial jenis messenger untuk percakapan yang paling banyak digunakan di Indonesia dan menempati urutan kedua. Hampir tiap orang saat ini mengandalkan WhatsApp sebagai aplikasi pesan instan utama di handphonenya. 

Sebelumnya messenger atau pesan instan di Indonesia dikuasai oleh Blackberry dengan BBM-nya, tetapi kemudian takluk oleh Whatsapp yang merupakan layanan dari grup Meta.

WhatsApp sendiri bisa digunakan secara gratis dan tidak menggunakan pulsa, karena WhatsApp bergantung pada data internet yang tersambung ke smartphone. Hingga saat ini WhatsApp masih terus mengembangkan fitur-fitur yang tentunya memudahkan para penggunanya, seperti group video call, dan disappearing message, hingga stiker.


3. Instagram 


Aplikasi media sosial paling populer di Indonesia selanjutnya yaitu Instagram yang merupakan salah satu media sosial yang paling digemari oleh kaum milenial. Lewat Instagram, kamu bisa menjalin pertemanan dengan cara saling follow akun masing-masing.

Dengan begitu, setiap penggunanya bisa saling berinteraksi dengan memberikan like ataupun komentar pada postingan. Selain itu, saat ini Instagram menjadi salah satu aplikasi media sosial yang digunakan untuk berbisnis seperti berjualan online, menjadi konten kreator, influencer, dan juga menerima endorse.

Fitur-fitur unggulan dari Instagram: Instagram story, IGTV, Reels, Explore, dll.


4. Facebook


Facebook berfungsi aplikasi media sosial yang dapat membagikan foto atau video, lokasi, maupun kegiatan dan momen lainnya. Hingga saat ini, Facebook menjadi aplikasi media sosial yang tidak akan termakan oleh zaman. 

Hal ini dikarenakan Facebook terus melakukan update dan pembaruan terhadap fitur-fitur yang berguna untuk meningkatkan kenyamanan penggunanya. Fitur-fitur yang dimiliki oleh Facebook saat ini antara lain, siaran langsung, unggah foto dan album, story, dan masih banyak lagi.

Mirip dengan Instagram dan Whatsapp, Facebook juga merupakan produk dan layanan dari perusahaan Meta.


5. TikTok

Di posisi nomor lima ini agak spesial, karena merupakan satu-satunya dalam daftar ini yang bukan buatan negeri Amerika Serikat.

TikTok didirikan oleh perusahaan asal negeri tirai bambu alias China. TikTok mirip dengan fungsi Youtube yang menampung video-video para pengguna untuk ditonton setiap orang dan siapa saja di dunia.

Yang membedakan adalah, TikTok berfokus pada video pendek, yang umumnya memiliki durasi hanya beberapa detik atau kurang dari satu menit.

Kesuksesan TikTok membuat sosial media lain juga meluncurkan fitur layanan serupa seperti Youtube Shorts, Instagram Reel, Facebook Reel, Shopee Live, Tokopedia Play, Snack Video, dan lainnya.


6. Twitter


Di urutan terakhir top 6 media sosial paling populer di Indonesia ditempati oleh Twitter. Buat kamu yang belum tahu, Twitter merupakan konsep jejaring sosial dan microblogging yang penggunanya mencapai lebih dari 500 juta pengguna di seluruh dunia dan bersaing dengan Facebook.

Twitter termasuk aplikasi yang praktis dan simple serta memiliki berbagai sistem yang berbeda dengan media sosial lainnya. Adapun fitur-fitur yang dimiliki oleh Twitter seperti direct message (DM), follow dan followers, tweet, serta retweet (RT).

Twitter dibeli oleh Elon Musk pada tahun 2022.


Penutup 

Nah, sekian dulu informasi mengenai 6 media sosial paling populer di Indonesia yang sudah kami rangkum menurut Global Web Index (GWI). Bagaimana sob? Sudahkah kamu menggunakan kalimat aplikasi media sosial tersebut?


Share:
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url