Penipu Berkedok Investasi

Penipu Berkedok Investasi

Di saat pandemi seperti sekarang ini, banyak banget kasus penipuan yang mengatasnamakan investasi. Karena keadaan ekonomi yang sulit, banyak orang tergiur dan mudah percaya dengan investasi bodong begituan. 

Biarpun tidak sepenuhnya percaya, tetapi seolah mereka seperti siap bermain judi, bisa karena sudah pasrah tidak ada jalan keluar untuk mencari pendapatan baru, ataupun karena rakus akan uang yang cuan besar dengan waktu singkat tanpa usaha. Apalagi jika ada kata-kata seperti "cara menghasilkan uang dengan untung besar dan resiko kecil" atau "cara mendapatkan uang dalam waktu singkat" , gimana ga tergiur dengan janji palsu begitu?

Alhasil, mereka terjebat dengan investasi bodong begituan. Para penipu mencari korban-korban seperti ini disaat pandemi covid-19 sedang melanda. Korban-korban investasi ini lebih mudah diajak dan dihipnotis dengan iming-iming profit gede dalam waktu singkat tanpa kerja keras.

Biasa para afiliator investasi trading bodong atau sejenisnya seperti Binomo, berusaha untuk memamerkan kekayaan mereka melalui social media seperti instagram. Sebut saja indra kenz, biarpun saya tidak mengenalnya, saya yakin di dunia asli dia tidak separah gitu sombongnya, semua yang dilakukan demi konten untuk menarik orang main di platform binomo mereka.

Para korban akan mudah tergiur dengan apa yang mereka pamerkan di social media, apalagi jika ditambah dengan sebutan "crazy rich". Kemudian seperti efek domino, orang yang awal-awal main dapat untung (sengaja di program agar awal-awal untung) biar bisa menarik orang lain yang lebih banyak lagi untuk ikut seperti efek piramid dan domino, rantai yang semakin panjang ini lama kelamaan akan sampai suatu masa yang disebut bubble (balon yang jika makin membesar akan pecah).



Modus Penipuan. sumber gambar: studylibid.com

Belakangan ini marak banget modus investasi begituan yang terjerat kasus hukum. Berikut beberapa kasus terakhir dalam beberapa bulan terakhir ini di Indonesia:

#1. Indra Kenz - binomo

Binomo sering kita lihat iklannya di dunia maya (internet), dengan iklan gencar gitu, menunjukkan bahwa banyak yang menjadi korban atau ikut bermain di trading platform ini.

Yang ditawarkan oleh binomo-nya Indra kenz si crazy rich medan adalah trading opsi binari (binary option), di luar negeri sebenarnya ini tidak dianggap melanggar hukum, tetapi di Indonesia hal ini dianggap judi karena cara mainnya seperti tebak fifty-fifty.

Binomo sendiri adalah perusahaan Rusia, jadi Indra Kenz sendiri bukan bos atau pemiliknya, dia hanyalah seorang affiliator. Bahkan menurut info yang beredar, bukan dia yang membawa masuk Binomo, tapi masih ada atasannya.

Tapi gimanapun dia yang paling terkenal karena kasus Binomo, dia yang paling berhasil menggait para korban baru investasi ini (ya itu cukup berhasil dari perannya pamer kekayaan di social media). 

#2. Doni Salmanan - Quotex

Selanjutnya ada penipuan berupa investasi opsi biner melalui aplikasi mobile trading Quotex. Quotex ini diperkenalkan oleh Doni Salmanan sang crazy rich bandung untuk wilayah Indonesia.

Setelah Doni Salmanan ditangkap, dilaporkan bahwa rekening banknya bahkan mencapai 532 miliar rupiah. Kemudian juga polisi menyita harta berupa kendaraan bermotor, rumah, serta barang bermerek berupa pakaian, jam tangan, sepatu, dan tas mewah, dengan nilai mencapai 60 miliar. Itu didapatnya hanya dalam tiga tahun dari aplikasi pencari korban Quotex ini. 

Nilai fantastis itu dilakukan oleh seorang pemuda yang baru beranjak dewasa di umur 23 tahun. Gila bukan?

#3. Dua Kasus Sunmod Alkes.

Disaat pandemi corona begituan, muncul berbagai pihak yang mengaku perusahaan atau perorangan yang bergerak di bidang menyediakan alkes (alat kesehatan) dan jual-beli. Mereka mengaku bisa melakukan investasi diberbagai alat kesehatan yang diyakini akan naik karena keterbatasan stok atau ketersediaan.

Orang akan mudah percaya, karena memang masa pandemi corona covid-19. Para korban kemudian tergiur dengan investasi alkes (alat kesehatan) yang dijamin pasti menguntungkan itu.

Beberapa bulan terakhir sudah ada dua kasus investasi palsu alkes yang ditangkap oleh pihak polisi. Yang pertama adalah Sunmod Alkes yang pelakunya ada empat orang dengan inisial VAK (21), BS (32), DR (27), DA (26). Dari laporan korban awal sebanyak 263 orang, kerugian sementara mencapai lebih dari 500 miliar, kemudian Korbannya bertambah lagi ratusan orang dengan total kerugian mencapai 1.3 trilyun rupiah.

Yang kedua dari seorang wanita bernama Tiara NA dari surabaya yang mengaku bekerjasama dengan dua belas rumah sakit. Total kerugian yang dilaporkan adalah 30 miliar.

#4. Robot Trading Fahreinheit

Platform robot trading ini memakan korban sebanyak lebih kurang 550 orang, mungkin lebih karena tidak semua melapor, total laporan kerugian dari 550 orang itu adalah sebanyak 480 miliar rupiah menurut pihak kepolisian Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dirtipideksus) Bareskrim Polri Brigjen Whisnu Hermawan.

Dalam kasus ini sudah ada lima tersangka yang dijerat oleh kepolisian. Salah satunya, bos aplikasi robot trading Fahrenheit adalah Hendry Susanto. Hendry Susanto merupakan Direktur dari perusahaan PT. FSP Akademi Pro yang membuat dan mengelola aplikasi robot trading Fahrenheit. 

Para korban dijanjikan keuntungan mulai dari 50 persen sampai 80 persen. Besarnya profit itu semua tergantung dari nominal dana yang mereka investasikan.

Para tersangka juga memaksa para korban untuk membeli robot trading Fahreinheit dengan harga sepuluh persen dari total nilai investasi mereka. Robot inilah yang disebut para tersangka dapat menghindarkan korban dari kerugian besar, padahal nyatanya tidak.


#5. Juragan 99 Bisnis Skincare MS glow

Kasus ini pertama kali disebarkan oleh artis Nikita Mirzani, yang meragukan sumber kekayaan dari bos juragan 99 grup ini. Bos MS Glow yang dijuluki crazy rich malang tersebut diduga terkait kasus TPPU (Tindak Pidana Pencucian Uang)1.

Bisnis kosmetik Skincare MS Glow ini dipelopori oleh pasangan suami istri Shandy Purnamasari dan Gilang Widya Pramana. Keduanya dikenal sebagai pengusaha pemilik usaha bisnis Grup Juragan 99 (J99 Corp), di antaranya adalah MS Glow, MS Glow Clinic, MS Slim, Kosmelab, Hairlab, CV Cantik Skincare, JTower99, bus Juragan99 Trans, PT Kosmetika Cantik Indonesia, MS Body Care, MS Learning n Grow, White Cell DNA, MS Glow for Men, dan lainnya. Seluruh lini bisnis tersebut bernaung di bawah payung perusahaan J99 Corp.

Nama lain yang ikut tersangkut bisnis MS Glow adalah Bos MS Glow lainnya yaitu crazy rich bali Kadek Maharani Kemala. Perempuan yang dikatakan suka memamerkan konten kekayaan di instagram itu juga masih dalam tahap diduga.

#6. Penipuan Perumahan Syariah Bodong

Penipuan membangun perumahan syariah ini diperkirakan total kerugian korban mencapai 2 Miliar rupiah.
Dengan dalih perumahan syariah, orang akan mudah percaya dengan harga murahnya, kemudian berani membayar DP atau uang muka di depan. Tidak sangka setelah itu hilang begitu saja.

#7. Oxtrade - Captain Vincent

Teknik Captain Vincent, kapten salah satu maskapai penerbangan, mengajak korban baru bergabung dengan opsi binari Oxtrade dikatakan sangat mirip dengan cara Indra Kenz dan Doni Salmanan. Captain Vincent mempromosikan aplikasi Oxtrade melalui Instagram Story miliknya agar membuat banyak orang tertarik bergabung dan bermain.

Captain Vincent memiliki anggota di grup nya sebanyak lebih dari empat belas ribu anggota. Jumlah anggota yang sangat fantastis, korbannya pasti sangat banyak melihat angka anggota segitu.

Di dalam grup  Oxtrade tersebut, captain Vincent akan mengajarkan para korban gimana cara main melalui Oxtrade, tentu saja dengan rayuan mudah dapat profit. Dia juga menipu para anggota grup dengan membuat akun palsu dengan menggunakan nama orang lain dan pura-pura mengatakan dia anggota yang dapat cuan banyak dari hasil trading Oxtrade, dengan memamerkan saldo rekening belasan miliar.

#8. Robot Trading DNA pro

DNA Pro adalah kasus yang paling baru, nampaknya melibatkan banyak pihak termasuk para artis dan selebritis serta selegram Indonesia. 

DNA Pro adalah platform trading yang menggunakan sistem MLM, dan melibatkan banyak artis terkenal tanah air. Bos dan Pemilik platform DNA Pro adalah Stevan/Stefanus Richard. 

Banyak artis tanah air yang diselidiki karena terkait dengan DNA Pro ini. Satu per satu dipanggil oleh bareskrim. Nampaknya bakal sangat panjang dan lama kasus ini di pengadilan, mengingat rantainya yang panjang dan melibatkan nama nama terkenal di industri hiburan dan entertainment. 

--

Demikian delapan investasi palsu yang terjadi belakangan ini dalam beberapa bulan terakhir. Ingat ya guys, waspada!, waspada!!. Karena investasi bodong tetap akan muncul apalagi keadaan ekonomi yang belum waktunya sembuh dalam waktu dekat.



---

Sumber:
  1. https://www.sonora.id/read/423197247/crazy-rich-bakal-tumbang-usai-juragan-99-dan-bos-ms-glow-jadi-buronan-kini-giliran-maharani-kemala-jadi-incaran
Share:
Next Post Previous Post