Apa Saja Klub NBA Yang Tidak Pernah Juara

Apa Saja Klub NBA Yang Tidak Pernah Juara

Logo Lama Klub Phoenix Suns

Denver Nuggets barusan tahun 2023 ini mengukuhkan final NBA pertama mereka dalam sejarah sejak berdiri. Perolehan itu berhasil didapat setelah menyapu bersih 4-0 klub LA Lakers.

Hal ini mirip dengan final NBA 2021 antara Milwaukee Bucks dan Phoenix Suns. Phoenix Suns dianggap sebagai tim underdog yang tidak diperhitungkan sebelumnya, karena mereka tidak memiliki pemain kelas legenda. Pemain terbaik mereka hanyalah Chris Paul, yang sudah berumur 36 tahun dan kemampuannya pun sudah menurun dibanding sebelumnya. Tapi entah kenapa mereka dapat melaju ke Final NBA.

Rasanya kemampuan mereka didapat dari semangat musim 2020, di mana mereka berhasil menang delapan kali berturut-turut di ajang NBA Bubble 2020, biarpun tetap gagal masuk ke Playoffs 2020 (padahal tak terkalahkan selama periode NBA Bubble 2020)

Phoenix Suns ini menariknya adalah tidak yang pernah juara di NBA sejak pertama kali didirikan tahun 1968, yang membuatnya sebagai tim NBA paling lama yang tidak pernah mencicipi juara sepanjang masa sejarah NBA.

Playoffs 2021 sebenarnya cukup menarik karena banyak klub yang tidak pernah juara mampu melaju ke babak Playoffs, jumlahnya mencapai 6 klub, ini jumlah yang paling banyak dalam hampir 50 tahun terakhir di sejarah NBA. Di babak Regular Season, bahkan di wilayah barat, empat peringkat teratas semua adalah yang tidak pernah juara; Utah Jazz, Phoenix Suns, Denver Nuggest, LA Clippers. Sedangkan di wilayah timur cuma hanya ada satu wakil yaitu Brooklyn Nets. Indiana Pacers dan Charlotte Hornets di wilayah timur hampir saja mendapat slot di playoffs tapi kalah di NBA Play-in Tournament 2021 (ini istilah untuk peraturan baru dimana tiga tim yang peringkat antara 8,9, dan 10 akan bertanding satu sama lain untuk memperebutkan satu tiket playoffs). 

Di babak Playoffs 2021, bahkan dibabak kedua, total ada 5 dari 8 tim NBA yang tidak pernah juara. Ini tidak pernah terjadi sebelumnya. Cuma sayangnya semua menumpuk di wilayah barat.

Kemudian pada tahun 2023, kembali terjadi klub yang tidak pernah juara NBA, mencapai posisi final, yaitu Denver Nuggets. Jika mereka mampu juara dan mendapat cincin, maka akan membuat torehan sejarah baru pertama klub.

Dengan bermodalkan pemain serba bisa sekelas Nikola Jokic, serta dibantu oleh Jamal Murray, Denver Nuggets menjadi klub dengan peluang yang lebih baik dibanding Miami Heat.

Selain Denver Nuggets, ada beberapa klub lagi yang tidak pernah juara, siapa saja?

Dari tiga puluh klub NBA, mana saja sih yang tidak pernah juara NBA sekalipun?

Total hanya ada 11 klub yang tidak pernah juara, klub terakhir yang pernah melakukannya adalah Toronto Raptors pada tahun 2019, sebuah klub NBA dari negara tetangga Kanada. Berikut daftarnya:

noNama TimTahun didirikanPencapaian Terbaik
1Indiana Pacers1967NBA Finals
2Brooklyn Nets1967NBA Finals
3Denver Nuggets2023NBA Finals
4Phoenix Suns1968NBA Finals
5Utah Jazz1974NBA Finals
6LA Clippers1984Playoffs
7Charlotte Hornets1988Playoffs
8Minnesota Timberwolves1989Final Wilayah Barat
9Orlando Magic1989NBA Finals
10Memphis Grizzlies1995Playoffs
11New Orleans Pelicans2002Playoffs
Share:
Next Post Previous Post