Vertu 2022

Vertu 2022

 Mungkin jika Anda ditanya soal ponsel smartphone mahal, sebagian besar akan menjawab iPhone buatan apple, sebagian kecil mungkin akan menjawab Samsung Galaxy Fold series atau mungkin Oppo Lamborghini, atau mungkin Huawei Porsche. Tapi tahu tidak sebuah merek yang sejak dulu paling terkenal bermain di kelas super mewah, yaitu Vertu.

Awalnya saya mengira Vertu sudah bangkrut dan tidak ada lagi. Ternyata, suatu waktu saya melihat seorang youtuber gadgetin promosi atau melakukan konten tentang ponsel mahal kelas atas yang harganya tidak main-main, pas nonton ternyata itu adalah Vertu, merek yang saya pikir sudah ditutup perusahaannya.

Bagi yang belum tahu, Vertu ini biasa bermain di harga kelas mewah, jadi yang macam Samsung Galaxy Fold cuma kelas 30an juta, apalagi iPhone, itu tidak ada apa-apanya. Biasa Vertu bermain di harga ratusan juta, setara harga mobil gitu deh, dengan model termahal pernah berada di angka miliaran. Boleh dibilang Vertu ini ibarat merek branded yang dijual di toko butik mewah untuk kelas sultan

Awal berdirinya Vertu ini didirikan oleh Nokia pada tahun 1998, jadi khusus cuma jualan ponsel mewah ratusan juta, dengan markas pusat berada di Inggris. Pada tahun 2012, yaitu awal-awal zaman smartphone, mungkin karena Nokia sudah tahu mulai memudar untuk bersaing dengan lainnya, Nokia menjual Vertu ke grup EQT VI dengan harga jual yang tidak diketahui.

Pada tahun 2013 karena masalah finansial, pertama kali dalam sejarah Vertu didiskon dalam penjualannya oleh EQT VI di semua 500 butiknya yang berada di seluruh dunia. Pada tahun 2015, EQT VI menjual Vertu ke sebuah perusahaan asal Hongkong, Godin Holdings.

Sayang kembali tidak bertahan lama, tahun 2017, Godin Holdings menjual kembali ke perusahaan Turki yang berbasis di negeri Siprus,  Baferton Ltd. Selama berada di tangan perusahaan Turki ini, Vertu tidak pernah merilis produk baru, seperti mati suri, nampaknya usaha untuk membangkitkannya mengalami kegagalan.

Kemudian Baferton Ltd. menyatakan kebangkrutan, semua karyawannya yang ratusan tidak menerima gaji dan bayaran, hutang mereka pun menumpuk seperti gunung. Dan entah gimana (maaf saya tidak mengerti hukum), sekarang ini Vertu diambil alih oleh perusahaan induk mereka asal Perancis yaitu Vertu AK France, jadi mereka yang sekarang ini membangkitkan kembali dan memproduksi ponsel Vertu generasi baru.


Lini Produk Vertu 2022

catatan: biarpun saya sebut 2022, bukan berarti semua model Vertu di bawah ini adalah produksi tahun 2022, ini hanyalah model yang saya kumpulkan informasinya di tahun 2022.

Secara total ada delapan model yang dijual Vertu untuk sekarang ini.


AYXTA FOLD

Vertu Fold

Model lipat saingan Samsung Galaxy Fold ini memiliki fungsi double, sebagai smartphone dan tablet, juga sebagai dompet mewah. Bagian dalamnya dapat diisi kartu kredit dan uang. Untuk melihat spesifikasinya, klik saja tautan di atas.


iVertu 5G

iVertu

iVertu, ada tambahan huruf "i" di depannya, nampaknya mereka ingin memasuki pasar baru, yaitu harga yang lebih rendah. iVertu dijual dengan harga yang lebih rendah yaitu sekitar 70 juta rupiah, jadi di bawah harga 100 juta.
Dari review orang-orang seperti para youtuber gitu, dengan bermain harga lebih rendah, Vertu seakan menganggap remeh kualitasnya, jadi terkesan ada penurunan kualitasnya secara keseluruhan.

Aster P

Vertu Aster




Constellation X

Vertu Constellation X



Signature

Vertu Signature


Ini adalah model yang paling pertama dari Vertu, sudah ada sejak tahun 1998. Jangan tanya saya kenapa masih diproduksi sampai sekarang, siapa yang akan membelinya? . Mungkin karena menjadi model "signature", sehingga dipertahankan sampai sekarang. Anggap saja untuk segmen para kolektor. 

Signature Touch




Aster T




Vertu Life Vision


Model khusus untuk wanita pecinta fashion. Cocok untuk dipadukan dengan tas-tas branded mahal.

Share:
Next Post Previous Post