10 E-Wallet Terbaik di Indonesia

10 E-Wallet Terbaik di Indonesia

Logo-logo e-wallet di Indonesia | sumber: google images 

Belakangan ini lagi populer alat pembayaran menggunakan E-Wallet, seolah menjadi keharusan dalam kehidupan sehari-hari, semua menggunakannya, minimal para pengguna memiliki satu jenis e-wallet dalam smartphone-nya. 

Jangan salah, e-wallet itu beda dengan e-money, e-cash, cryptocurrency ataupun saldo elektronik. E-Wallet berfungsi untuk transaksi online, tidak berupa kartu dengan chip, sedangkan E-Money memiliki bentuk fisik berupa kartu dengan chip, seperti yang biasa digunakan untuk pembayaran karcis atau tiket jalan tol.

Ada begitu banyak e-wallet yang hadir di Indonesia, tidak ada satupun yang berhasil mendominasi penuh dunia ini di Indonesia, siapa sajakah mereka yang populer?

  • Go-Pay
  • OVO
  • LinkAja
  • ShopeePay
  • Dana
  • Doku
  • Gomobile CIMB
  • Sakuku
  • Isaku
  • JakOne mobile
Karena begitu banyaknya e-wallet di Indonesia, tidak heran pemerintah kemudian menerapkan sistem QRIS, di mana apapun e-wallet yng digunakan, bisa untuk pembayararan scan QRIS, jadi satu untuk semua jenis. Dulunya sebelum ada QRIS, bisa beda-beda scan QR-nya. 

Sedikit penjelasan masing-masing e-wallet, dari yang paling populer dan terkenal sampai yang masuk top sepuluh besar:

Go Pay

GoPay yang merupakan bagian dari GoJek, yang dimana sekarang sudah bergabung dengan Tokopedia menjadi GoTo, memiliki dukungan paling banyak merchant. Dengan dukungan merchant paling utama tentu saja dari Tokopedia.

OVO

OVO juga hampir sama 11-12 dengan Go Pay tidak beda jauh dari segi jumlah pengguna dan dukungannya. Dukungan utama terhadap e-wallet ini datang dari layanan ojol Grab.

LinkAja

Produk buatan Telkomsel ini, dulunya bernama T-cash. Kemudian berganti nama, dan kali ini didukung oleh empat bank (Mandiri, BNI, BRI, BTN), dan empat perusahaan BUMN. Jadi untuk pembayaran yang berhubungan dengan BUMN, sebut saja tagihan indihome, lebih mudah menggunakan LinkAja, karena dalam aplikasi indihome hanya terdapat pilihan pembayaran LinkAja.

ShopeePay

ShopeePay ini merupakan pemain baru dibanding lainnya, biarpun paling terakhir, tapi sangat gencar dalam promosi. Nampaknya cukup menjanjikan tergantung seberapa berani mereka menggunakan peluang dan menghabiskan dana untuk kampanye promosi. 

Dana

E-Wallet ini benar-benar pure berjuang sendiri sebagai fungsi e-wallet tok, tidak bergabung dengan fitur lainnya. Dukungan utama datang dari app Bukalapak.

--

Dari ratusan macam e-wallet yang hadir di negara Indonesia, mana saja yang ada kalian gunakan atau minimal terinstall di smartphone Anda? manakah yang menjadi favorit kalian? kalian gunakan untuk apa saja-kah itu?

Share:
Next Post Previous Post