Siapa yang Lebih Murah GoFood, GrabFood, atau ShopeeFood?

Siapa yang Lebih Murah GoFood, GrabFood, atau ShopeeFood?

GoFood vs GrabFood vs ShopeeFood

 Apakah kalian kadang memesan makanan melalui aplikasi pesan antara makanan? jika ya maka kalian tentu sudah akrab dengan namanya GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood.

GoFood merupakan aplikasi dan layanan dari Gojek grup, sedangkan ShopeeFood berada di bawah naungan Shopee grup, dan GrabFood berdiri dan berjalan sendiri.

Ketiganya kerap bersaing dan memberikan berbagai fasilitas serta promo agar bisa menarik pelanggan untuk menggunakan layanan mereka, ketiganya memiliki suntikan dana yang sangat besar dibalik mereka.

GrabFood dan GoFood menggunakan warna hijau untuk ojol mereka, biasa mereka disebut duo ijo. Sedangkan ShopeeFood adalah pemain yang agak belakangan dibanding mereka berdua, dengan warna orange sebagai icon ojol mereka.

Selain mereka bertiga sebenarnya masih ada lagi yang lain, sebut saja AirAsia Food yang hanya fokus dan hadir di Jakarta main aman, juga ada Maxim tapi kurang fokus di antar makanan sehingga tidak ada promo dan sulit bersaing dengan TOP3, kemudian ada juga yang sudah bangkrut atau ditutup seperti 'Eats By Traveloka'. Selain itu juga ada Kulina dan Yummybox yang fokus di antar makanan cathering.

Mana yang lebih murah dari ketiga layanan pesan antar makanan?

Dari hasil coba perbandingan ketiganya untuk berbagai dan beberapa menu makanan, yang paling murah adalah GrabFood, disusul ShopeeFood, dan terakhir GoFood.


#3 Go Food

Dulu saya paling sering menggunakan GoFood, karena promonya cukup gila-gilaan untuk beberapa resto pilihan, seperti yang tergabung dalam cloud kitchen milik GoFood. Lihat saja ini contoh pesanan beberapa tahun lalu, yang paling murah yang pernah saya dapat. Tiga cup kopi dingin hanya seharga Rp. 1,692.


Tetapi semuanya berubah sejak mereka tidak lagi gencar memberikan promo, sekarang sudah kalah saingan dengan Grab dan ShopeeFood, selain pelit dalam hal promo, juga biaya ongkir (ongkos kirim) dan biaya layanan lebih tinggi dibanding pesaingnya. Tidak heran sekarang mereka berada di peringkat ketiga atau terakhir dalam hal harga pada tahun 2023.

Yang masih bagus hanyalah layanan di mana drivernya tidak minta uang parkir.

Jika kalian masih tetap bandel mau menggunakan Go Food sekali-kali, mungkin bisa cari yang 'mode hemat', yaitu resto yang jarak nya dekat dengan kita akan kena biaya ongkir cuma 3 ribu rupiah, di kombo dengan kategori cloud kitchen jika bisa.

#2 Shopee Food

Si oranye ini paling irit jika memesan yang ada pada kategori diskon 60%, biasa persyaratan adalah minimal pesanan 40 ribu rupiah, dengan diskon maksimal 23 ribu. 

Selain yang 60%, lainnya agak "palsu" seperti contoh lelang, itu harganya sama saja dengan yang tidak lelang di GrabFood. Jadi seolah-olah fitur lelang itu dikasih diskon gede dan ada limit (batas kuota pesanan), padahal itu lelangnya muncul terus seharian setiap hari dan tidak benar-benar ada diskon.

Beberapa item makanan dan gerai bisa lebih murah dari GrabFood mungkin karena kerjasama khusus dengan pihak Shopee, seperti contoh Janji Jiwa group. Jadi harus bandingkan harga pada kedua aplikasi tersebut, untuk GoFood lupakan.

Yang paling kusuka dari Shopee Food adalah kecepatan layanannya, biasa akan menemukan driver ojek kurang dari 10 detik, tidak seperti yang lainnya perlu beberapa menit. Nampaknya mereka memiliki armada driver yang lebih banyak.

Jadi Shopee Food lebih direkomendasikan untuk orang yang ingin memesan makanan di bawah 60 ribu rupiah ataupun orang yang ingin cepat menemukan driver ojol tanpa tunggu.

#1 Grab Food

GrabFood adalah yang paling laris dan laku digunakan oleh banyak orang, itu bukan tidak ada sebab, tetapi karena memang mereka yang paling berani dalam memberikan diskon dan promo.

Biarpun secara manajemen pemberian promonya kurang teratur dan agak memusingkan dibanding GoFood dan ShopeeFood, serta tidak konsisten yang kerap membuat bingung konsumen, sehingga umumnya orang mencari makanan dulu baru lihat ada promo apa, jadi banyak menghabiskan waktu untuk browsing cek promo per gerai. Mereka juga banyak menaruh promo tidak berguna yang tidak bisa digunakan tapi muncul dalam tampilan.

Jika tidak mau habis waktu lama, bisa menggunakan tombol Disc up to Rp. 150 rb pada halaman indeks makanan, biasa daftarnya adalah gerai yang ada promo, tetapi saya sendiri kurang paham algoritma grab agar bisa masuk situ. Tapi ya jika mau diskon maksimal tetap harus cek satu per satu resto makanan. 

Tapi apapapun itu kekurangannya, Grab yang paling berani memberikan diskon harga lebih rendah secara keseluruhan dibanding dua pesaingnya. Yang penting agak rajin-rajin browsing makanan serta melihat waktu order. Direkomendasikan juga subscribe atau langganan Grab Unlimited bagi yang sering pesan makanan karena lumayan hemat ongkir sebesar 10 ribu untuk gerai yang memiliki badge.

Jadi tunggu apalagi, pesan makanan sekarang sobat!

Share:
Next Post Previous Post