Pembagian Jenis Darah, apakah Golongan darah kamu?

Pembagian Jenis Darah, apakah Golongan darah kamu?

Pada umumnya orang hanya mengetahui dengan pembagian sistem darah berdasarkan ABO system, yang terbagi menjadi 4 jenis yaitu A, B, O, dan AB , pembagian itu berdasarkan ada atau tidaknya antigen dan antibodi jenis A dan B dalam sel darah merah.

Setelah sistem golongan darah ABO itu, biasanya yang paling terkenal adalah Rhesus, yang dibagi menjadi positif (+) dan negatif (-).

Jika individu Rh+ menerima darah dari individu (Rh+) maka tidak akan terjadi penggumpalan darah, sebab tidak ada reaksi antibodi terhadap antigen Rh dalam tubuh resipien. Demikian juga individu (Rh+) yang menerima darah dari individu (Rh-)juga tidak mengalami reaksi penggumpalan, karena resipien tidak mempunyai antibodi.

Seseorang yang mengandung antigen rhesus pada darah merahnya (Rh+) tidak dapat membentuk antibodi yang melawan antigen (Rh-). Antibodi terhadap rhesus akan terbentuk pada orang yang bergolongan darah (Rh-). Jadi, jika orang bergolongan darah (Rh-) diberi transfusi darah dari orang bergolongan darah (Rh+), maka pada darah penerima tersebut akan membentuk antibodi yang melawan antigen rhesus.

Golongan Rhesus inimemiliki arti penting pada perkawinan. Bila seorang pria Rhesus positif (Rh+) menikah dengan wanita Rhesus negatif (Rh-) kemungkinan anaknya menderita eritroblastosis fetalis(penyakit kuning bayi). Jika individu (Rh-) yang menerima darah dari individu (Rh+), pada awalnya tidak terjadi penggumpalan darah, tetapisetelah menerima darah kembali di (Rh+) untuk kedua kalinya maka akan terjadi penggumpalan, sebab antibodi sebelumnya yang sudah terbentuk akan menyerang pada antigen baru.

Secara total ada 342 Kelompok Golongan Darah Antigens yang ditemukan dalam sel darah merah, jika kurang 1 saja antigen tertentu yang memiliki prevelansi tinggi, maka disebut negative, sehingga jika menerima darah dari yang positive, maka antibodi tubuh akan bereaksi, memunculkan respon sistem kekebalan, yang mana akan berbahaya.

Total ada 35 (atau 36 atau 38 atau 33 tergantung siapa yang kamu tanya) Sistem Pengelompokan Golongan Darah Manusia, di atur berdasarkan gen yang membawa informasi untuk memproduksi antigens ke masing masing sistem. Mayoritas 342 Golongan darah Antigens termasuk dari salah satu sistem ini. Sistem Rh (rhesus) adalah yang paling besar, memiliki 61 Antigens.

Ada lagi sebutan untuk Rh-null. Rh null tidak memiliki semua 61 Rh antigens. Rh null ini ditemukan pada orang yang disebut dengan memiliki darah Golden Blood (darah emas). Karena darah mereka bisa dikasih kesiapa saja, membuat mereka mendapat julukan itu (lebih bagus lagi jika mereka memiliki Golongan darah O, sehingga ke sesama Rh-null pun bisa ke siapa saja). Pemilik Golden Blood ini sangat langka, hanya ada sekitar 40 orang yang terindentifikasi didunia sampai sekarang.

Selain Darah Emas, ada juga Bombay Blood. Sesuai namanya, darah Bombay ini pertama kali ditemukan di kota Bombay, India. Dan disitu memang paling banyak ditemukan orang yang berjenis golongan darah ini. Disebut langka juga karena golongan darah ini tidak memiliki antigen H pada sel darah merah, tetapi memiliki anti-H pada serum. Selain itu, juga tidak memiliki semua antigen dari golongan darah sistem ABO, sehingga biasa mereka disebut golongan darah HH , tidak termasuk ABO.




sumber:

  • mosaicscience.com
  • blogs.unimelb.edu.au
  • Kemdikbud

Share:
Next Post Previous Post