Bukan Hanya ChatGPT, Ini Berbagai AI Ngeri Lainnya!

Bukan Hanya ChatGPT, Ini Berbagai AI Ngeri Lainnya!

 Belakangan ini lagi heboh ChatGPT di dunia maya. Apakah itu ChatGPT?

ChatGPT adalah sebuah program AI (artificial intelligence) atau kecerdasan buatan yang berbentuk chatbot, ibaratnya seperti kita sedang melakukan percakapan dalam bentuk ketik-ketik seperti di whatsapp atau lainnya tetapi sedang bercakap dengan robot, tetapi bot-nya sangat pintar bisa menjawab berbagai hal, memberikan informasi berbagai hal.

Ibarat seperti Siri-nya Apple ataupun Samsung Bixby atau Alexa milik Amazon, tetapi versi percakapan ketik-ketik ala whatsapp dan berupa teks, tetapi memiliki kecerdasan jauh melampaui ketiga voice assistant itu.

ChatGPT ini masih dalam versi beta, tetapi sudah sangat bagus dan membuat kejutan di dunia maya. Bahkan beberapa raksasa teknologi, salah satunya adalah Google, pun kemudian ikut membuat aplikasi atau layanan serupa agar bisa bersaing dan berkompetisi di masa depan, tidak ketinggalan dengan perkembangan teknologi.

ChatGPT ini merupakan buatan dan bagian dari perusahaan OpenAI. Perusahaan OpenAI bermarkas di Amerika Serikat dan didirikan tahun 2015.

OpenAI ini awalnya didirikan dan diinvestasikan oleh beberapa orang, salah satunya adalah si jenius Elon Musk. Kemudian seiring berjalannya waktu, Microsoft juga menginvestasikan modal ke proyek OpenAI. Elon Musk sendiri memilih keluar dari daftar dewan direksi OpenAI, dengan alasan Tesla akan membuat program AI serupa, jadi takut bertabrakan karena kemiripan bisnis, tetapi dia masih tetap menjadi investor.

Yang paling terkena efek ChatGPT di masa depan mungkin adalah Google dan perusahaan lain yang bergerak di mesin pencari. Selama ini orang mencari informasi atau bertanya akan mengandalkan Google. Tetapi di masa depan, sebagian orang akan menggunakan ChatGPT untuk bertanya atau mendapatkan informasi.

Bayangkan saja seberapa pintarnya ChatGPT, saat kita suruh, mampu membuat coding sebuah situs hanya dalam beberapa detik, membuat ekstensi browser chrome hanya dalam beberapa detik tanpa perlu mengerti bahasa programming, membuat konten artikel blog tanpa susah payah riset, cari referensi, atau ketik. Dan masih banyak kengerian lainnya yang mampu dilakukan ChatGPT.


Artificial Intelligence


Terdapat beberapa proyek AI mengerikan lainnya, berikut beberapa diantaranya:

#1 ChatGPT

Program ini masuk dalam kategori ChatBot. Kelebihannya sudah disebut di atas, sedangkan kekurangannya adalah hanya bisa dalam bentuk teks, seperti percakapan tanpa gambar atau video. Penggunaan ChatGPT memungkinkan manusia dapat sangat menghemat waktu secara efisien untuk melakukan sesuatu di internet atau mencari informasi.

#2 DeepFake

DeepFake adalah sebuah AI untuk memanipulasi video. Dengan cara mengubah wajah seseorang dalam video menjadi orang lain, seperti wajah selebritas contohnya.

Salah satu yang sempat membuat heboh hasilnya adalah seperti pada youtube channel "unreal keanu reeves". Saking nyata hasilnya, banyak yang tidak sangka itu adalah hasil DeepFake, padahal nama channelnya dan deskripsi sudah bilang bahwa itu channel hasil DeepFake, bukan asli.

Biasa pengeditan video seperti pada film, memerlukan seorang ahli video editor atau penyunting video yang mahir dan pengalaman. Dengan DeepFake, orang biasa pun akan mampu melakukannya dengan mudah dan cepat.

Sisi negatifnya, di masa depan akan menimbulkan banyak masalah soal kesalahpahaman, seperti contoh hubungan suami-istri. Bayangkan jika istri melihat video sang suami dengan wanita lain di hotel, padahal itu hasil deepfake.

#3 MidJourney

MidJourney adalah sebuah AI yang memproses teks menjadi gambar. Saingan kompetitor utama dari MidJourney adalah DALL-E (versi terbaru adalah dalle-e 2). Mereka bersaing untuk memberikan hasil yang lebih bagus. Tetapi dari percobaan saya pada versi beta, keduanya memiliki pendekatan yang berbeda dalam menampilkan hasil gambar.

AI Midjourney ini dapat memproses dan menghasilkan sebuah gambar dari kumpulan teks kata yang ditulis atau diketik oleh kita hanya dalam hitungan detik. Jadi terserah kalian ingin gambar seperi apa, tinggal masukin input deskripsi yang kalian mau.

Contoh, ketik kalimat "Batman sedang makan apel di atas pohon", maka MidJourney akan menghasilkan sebuah gambar grafik sesuai keinginan kita hanya dalam hitungan detik, beserta beberapa alternatif hasil. 

Yang paling dirugikan dari proyek AI teks ke gambar ini adalah para desainer komputer. Orang jadi lebih mudah membuat suatu grafik gambar atau logo tanpa perlu desain di komputer lagi, cepat dan mudah.

#4 VoiceAI

Merupakan proyek yang paling dibanggakan dan difavoritkan oleh Elon Musk. Sesuai namanya mengubah suara seseorang menjadi orang lain. Dalam versi beta VoiceAI, terdapat ratusan suara orang terkenal yang bisa digunakan, seperti barrack obama, joe biden, dll.

Kita juga bisa upload suara kita untuk diproses dan dianalisis ke dalam database mereka. Hasil dari VoiceAi ini sangat menakjubkan, benar-benar tidak bisa dibedakan lagi itu suara orang asli atau bukan. Keakuratannya sangat tinggi.

Saya rasa jika teknologi seperti ini jika digunakan dan muncul di Indonesia, maka efeknya akan lebih banyak ke negatif, akan digunakan untuk modus penipuan. SMS "Mama minta pulsa" versi pembaharuan pun akan muncul  kembali berjaya.

#5 Beauty Filter atau Face Filter AI

ini yang sudah berjalan paling lama dalam daftar, jika yang lainnya masih versi beta, Beauty Filter atau Face Filter Ai sudah cukup lama muncul di internet.

Beauty filter sendiri tergolong menjadi dua bentuk, yang pertama bisa langsung digunakan secara otomatis, yang kedua mengharuskan orang untuk melakukan make-up tertentu (menggambar garis hitam atau putih pada wajah dan tubuh). Yang pertama lebih gampang tetapi hasilnya tidak sebagus yang kedua.

Sedangkan bentuk medianya, Beauty Filter bisa dalam bentuk foto atau video. Tentu saja yang media foto lebih mudah diterapkan dibanding video. Sedangkan Video sendiri juga bisa dalam bentuk Live, jadi tidak hanya rekaman offline, biarpun resiko ketahuannya lebih besar jika live streaming.

Pertama kali menjadi populer di negeri tirai bambu China. Sebut saja aplikasi yang bernama FaceApp. Banyak digunakan oleh perempuan tiongkok untuk meningkatkan pengikut di media sosial atau game.

#6 Google MusicLM

Produk buatan Google beranma Music LM ini mampu membuat teks yang kita input menjadi sebuah lagu panjang dengan durasi beberapa menit.

Jadi kita tidak perlu belajar seni musik atau mengerti tangga nada, hanya perlu menggunakan beberapa kata dan kalimat, dan jadilah sebuah lagu buatan kalian dengan bantuan MusicLM.

Belum banyak informasi yang bisa didapat, karena bahkan versi beta saja belum, masih pengenalan oleh Google.


--
Tentunya masih banyak proyek AI lainnya, tetapi sementara yang dibahas hanya enam ini dulu.
Share:
Next Post Previous Post