Tips Cara Membagi Waktu Antara Kuliah dan Organisasi dengan Baik, Berikut Informasinya!

Tips Cara Membagi Waktu Antara Kuliah dan Organisasi dengan Baik, Berikut Informasinya!

 Bagi kamu para mahasiswa, terkadang mengatur waktu dengan baik merupakan hal yang cukup sulit untuk dilakukan. Pasalnya, ada banyak tugas kuliah yang menunggu untuk diselesaikan setiap minggunya. Karena hal itu, banyak mahasiswa yang akhirnya memilih untuk tidak aktif mengikuti kegiatan organisasi.

Tahukah kamu, sibuk kuliah bukan berarti membuat kamu tidak bisa aktif untuk berorganisasi atau mengikuti unit kegiatan mahasiswa untuk mengembangkan diri lho. Kamu tetap bisa mengikuti keduanya, asalkan kamu punya cara membagi waktu antara kuliah dengan organisasi.


Nah, bagi kamu yang ingin mengikuti perkuliahan dengan baik namun tetap produktif mengikuti kegiatan organisasi, berikut akan kami bagikan tips sukses cara membagi waktu antara kuliah dan kegiatan organisasi yang sudah kami rangkum di bawah ini.



Tips Sukses Cara Membagi Waktu Antara Kuliah dan Organisasi Agar Tetap Seimbang

Membagi waktu antara kuliah dan organisasi sangat diperlukan agar keduanya seimbang. Di satu sisi, tugas kuliah kamu terselesaikan dan tidak terbengkalai, dan di sisi lain kamu tetap bisa produktif mengikuti berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan skill dan kemampuan kamu. Berikut ini adalah tips yang bisa kamu ikuti untuk bisa membagi waktu dengan baik:

1. Membuat Jadwal Kegiatan

Tips pertama, sebelum membagi waktu, maka penting juga untuk kamu membuat dan merinci setiap kegiatan yang akan kamu lakukan selama berkuliah. Susun jadwal kegiatan kamu pada buku agenda, sticky note, atau di kalender yang ditempelkan di kamar. Kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi schedule yang lengkap dengan pengingat, agar kamu tidak lupa dengan jadwal kegiatan kamu. Kamu bisa membuat jadwal kelas atau perkuliahan, pertemuan organisasi, kegiatan ekstra, maupun kegiatan lainnya yang sudah memiliki jadwal tetap. Kamu bisa membuat jadwal tersebut per minggu, per bulan, maupun per semester.

2. Membuat To-Do List

Selain membuat jadwal kegiatan jangka panjang, kamu juga harus menentukan skala prioritas dari kegiatan tersebut. Caranya, yaitu dengan membuat daftar kegiatan yang akan kamu lakukan hari ini, dimana pekerjaan yang sudah diselesaikan dapat ditandai atau dicoret. Hal ini akan membuat kamu lebih mudah dalam membagi waktu, dan menjadi pengingat terhadap pekerjaan yang belum kamu selesaikan.

3. Jangan Menunda Tugas atau Pekerjaan

Tips selanjutnya yaitu, mengerjakan tugas di awal dan jangan membiasakan untuk menunda-nunda pekerjaan karena masih banyak waktu yang tersisa. Hal ini akan membuat pekerjaan kamu menjadi terbengkalai dan membuat waktu kamu tidak digunakan dengan baik. Selain itu, jangan biasakan diri menjadi seorang deadliner karena hal itu akan berpotensi membuat pekerjaan kamu tidak maksimal.

4. Istirahat yang Cukup

Setelah menjalani aktivitas perkuliahan dan organisasi yang padat, jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatanmu dengan beristirahat yang cukup. Istirahat yang cukup bermanfaat untuk mencegah stres dan tentunya meningkatkan produktivitas. Jangan lupa juga untuk berolahraga secara teratur, menjaga asupan makanan dan kebutuhan cairan dengan minum 2,5 liter air putih setiap harinya.

5. Kenali Kemampuan Diri

Jika kamu sudah menerapkan tips cara membagi waktu antara kuliah dan organisasi, namun merasa lelah dan tidak sanggup lagi menyeimbangkan keduanya, maka ada baiknya kamu melepas salah satu atau dua organisasi yang sedang kamu ikuti. Bagaimanapun juga, kesehatan dan kuliah merupakan prioritas utama.

Share:
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url