Parasyte: The Grey Barusan dirilis oleh Netflix, Bagus?

Parasyte: The Grey Barusan dirilis oleh Netflix, Bagus?

 Parasyte (Jepang: 寄生獣) adalah sebuah judul franchise asal jepang yang awalnya mulai popular dari manga (komik), kemudian diadaptasi ke dalam bentuk anime, film, dan drama. Belum ada novel atau gamenya.

Pertama kali diterbitkan oleh majalah Morning Open Zōkan dan Monthly Afternoon pada tahun 1989. Pengarang cerita dan ilustrator komiknya adalah Hitoshi Iwaaki.

Parasyte yang bergenre fiksi-horor ini bercerita tentang sekelompok alien yang tempat tinggalnya sudah musnah, melakukan perjalanan ke bumi untuk bertahan hidup. Alien yang berbentuk kecil dan seperti parasit ini saat di bumi tidak bisa bertahan hidup tanpa 'host' (tempat untuk dihinggapi) yaitu tubuh manusia.

Karena itu, setibanya di bumi, mereka sudah harus menyelinap masuk ke tubuh manusia melalui lubang (hidung, mulut, atau telinga) dan kemudian memakan otak calon tubuh inangnya. Setelah itu mereka akan bisa mengendalikan tubuh mereka (manusia yang jadi korban akan mati).

Parasyte the grey movie and drama series by netflix

Kekuatan alien parasit ini setelah menguasai tubuh inang adalah bisa mengubah kepala manusia yang mereka tinggali menjadi senjata pembunuh. Mereka juga bisa mendeteksi sesama jenis mereka dalam radius tertentu.

Barusan adaptasi serial drama Parasyte dengan judul "Parasyte: The Grey"  yang diproduksi oleh perusahaan negeri Korea Selatan untuk jaringan Netflix tayang tanggal 5 April 2024, dan saya berkesempatan untuk menontonnya. Jumlah total hanya 6 episodes dan merupakan spin-off dari Parasyte original, sehingga tidak menceritakan kisah Shinichi Izumi.

Singkat saja, menurut saya yang sudah nonton sampai siap, ceritanya tidak sebagus yang original. Terkesan kurang mulus dan banyak plothole dalam cerita. Tim produksi terkesan tidak terlalu teliti dalam mempertimbangkan alur cerita dan adegan di dalamnya.

Beberapa hal terkadang terlihat seperti adegan tidak masuk akal, atau saat sesuatu terkesan tampak tidak masuk akal. Memang ini adalah cerita fantasi, tetapi maksudnya "tidak masuk akal" yang kayak tidak nge-klik di otak, jadi sering bertanya sendiri "loh, kok gitu?".

Untung hanya 6 episodes, jadi saya tidak terlalu memaksakan diri nonton jika cerita terlalu panjang. Akhir kata, drama Parasyte: The Grey ini ga jelek sih, cuma tidak sebagus cerita original parasyte, mau spin-off sih boleh-boleh saja, tetapi kebetulan kualitas yang ini agak kurang aja.

Bicara positifnya, dibagian ending cukup menarik karena ada kemunculan Shinichi, biarpun cuma sebentar, tapi jadi bermakna untuk nostalgia.

Media

Manga

  • Parasyte , total ada 10 jilid saja
  • Spin-off Manga, judul Neo Parasyte m 
  • Spin-off Manga, judul Neo Parasyte f 
  • Spin-off Manga, judul Parasyte Reversi 

Anime

  • Parasyte -the maxim-

Live Action Film

  • Versi US Hollywood oleh New Line Cinema 2005 - batal
  • (Jepang) Parasyte: Part 1, dirilis November 2014 dan bagian keduanya, Parasyte: Part 2 dirilis April 2015

Live Action Drama

  • (Korea) Parasyte: The Grey

Share:
Next Post Previous Post