E-commerce shop Indonesia / Marketplace terbaik

E-commerce shop Indonesia / Marketplace terbaik

Logo salah satu marketplace di Indonesia



Sekarang ini adalah era teknologi dimana semua serba daring (online), mulai dari penjualan, toko, komunikasi, transaksi, bisnis, perdagangan, promosi, iklan, komunitas, dan lainnya serba daring. 

Karena trend itu, kemudian banyak marketplace yang muncul sampai menjamur gitu jumlahnya di Indonesia. Dari sekian banyak marketplace, mana sajakah yang paling bagus atau terbaik?


Berbagai Marketplace terbaik di Indonesia (top dua belas terbaik):

  1. Tokopedia
  2. Shopee
  3. Lazada
  4. Bukalapak
  5. BliBli
  6. Elevenia
  7. JD.id
  8. OLX
  9. Ralali
  10. Qoo10
  11. DinoMarket
  12. Kaskus FJB
  13. Akulaku.com
Yang diatas adalah daftar peringkat marketplace yang product nya umum, tidak khusus seperti Oram, Bhinneka, Zalora, Matahari, Jakmall, dll. Beberapa yang baru dan cukup berpotensial ada seperti Ula.

1. Tokopedia

Tokopedia adalah perusahaan perdagangan elektronik atau sering disebut toko online. Sejak dibentuk pada tahun 2009, Tokopedia telah bertransformasi menjadi sebuah perusahaan unicorn yang berpengaruh tidak hanya di Indonesia tetapi juga di Asia Tenggara. Hingga saat ini, Tokopedia termasuk marketplace yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat +62.

2. Shopee

Shopee adalah situs elektronik komersial yang berkantor pusat di Singapura yang dimiliki oleh Sea Limited (sebelumnya dikenal dengan nama Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. 

Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Mulai tahun 2019, Shopee juga sudah aktif di negara Brasil, menjadikannya negara pertama di Amerika Selatan dan luar Asia yang dikunjungi Shopee.

3. Lazada

Lazada Group adalah sebuah perusahaan e-commerce Asia Tenggara yang didirikan oleh Rocket Internet dan Pierre Poignant pada 2012, dan dimiliki oleh Alibaba Group. 

Pada tahun 2014, Lazada Group mengoperasikan situs-situs di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam dan meraih sekitar US$647 juta dari beberapa putaran investasi dari para investornya seperti Tesco, Temasek Holdings, Summit Partners, JPMorgan Chase, Investment AB Kinnevik dan Rocket Internet.

4. Bukalapak

Bukalapak merupakan salah satu perusahaan e-commerce di Indonesia. Dari pemilik brand shopping lokal melalui grup kepemilikannya yang didirikan oleh Achmad Zaky, Nugroho Herucahyono, dan Muhamad Fajrin Rasyid pada tahun 2010. 

Bukalapak awalnya merupakan toko daring yang memungkinkan para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk merambah ke dunia maya. Perusahaan tersebut kini telah melakukan ekspansi ke berbagai lini bisnis lain, termasuk membantu meningkatkan penjualan para warung tradisional lewat layanan Mitra Bukalapak. Pada tahun 2017, Bukalapak menjadi salah satu startup unicorn asal tanah air

5. Blibli

Blibli.com adalah salah satu situs web perdagangan elektronik di Indonesia. Blibli adalah produk pertama PT Global Digital Niaga yang merupakan anak perusahaan Djarum di bidang digital yang didirikan pada tahun 2010. 

Blibli bekerja sama dengan penyedia jasa teknologi, mitra logistik, perbankan serta mitra dagang dengan standar tertentu untuk menciptakan sistem back-end yang bisa memenuhi kebutuhan pengguna blibli. Kantor pusat Blibli bermarkas di Jakarta Barat dengan biaya infrastruktur seperti server dan jaringan hampir mencapai Rp 100 miliar.

6. Elevenia

Elevenia adalah situs belanja online dengan konsep open marketplace di Indonesia yang memberikan kemudahan dan keamanan berbelanja online. 

Situs ini menawarkan berbagai macam produk yang terbagi dalam 8 kategori antara lain: fashion, beauty/health, babies/kids, home/garden, gadget/komputer, elektronik, sports/hobby, service/food. Hingga hari ini, tercatat bahwa elevenia menawarkan lebih dari 4 juta produk dari 40.000 seller.

7. JD.id

JD.com, Inc. , juga dikenal dengan nama Jingdong dan sebelumnya bernama 360buy, adalah perusahaan perdagangan elektronik Tiongkok yang berpusat di Beijing. JD adalah satu dari dua peritel daring B2C terbesar di Tiongkok (menurut volume transaksi dan pendapatan), anggota Fortune Global 500, dan pesaing utama Tmall milik Alibaba. Pada kuartal pertama 2018, platform ini memiliki 301,8 juta pengguna aktif.

8. OLX Indonesia

OLX Group adalah pasar daring global yang berkantor pusat di Amsterdam, dan dimiliki oleh kelompok media dan teknologi di Afrika Selatan, Naspers. Perusahaan ini didirikan pada 2006 dan beroperasi di 45 negara

Awalnya bernama tokobagus.com, Pada 20 Mei 2014, Tokobagus.com berubah nama menjadi OLX Indonesia (olx.co.id). Tokobagus.com adalah sebuah situs web iklan baris di Indonesia yang difokuskan untuk membeli dan menjual produk serta jasa secara daring yang didirikan pada tahun 2005 di Bali oleh Arnold Sebastian Egg dan Remco Lupker.

Pada tanggal 14 November 2014, OLX Indonesia mengumumkan bahwa berniaga.com akan melakukan penggabungan dengan OLX Indonesia pada tahun 2015. Prosesnya sudah selesai pada bulan Januari 2015.

9. Ralali

Ralali merupakan marketplace B2B (business to business) yang bisa menghubungkan pemasok produk dan pelaku bisnis melalui situs online maupun aplikasi mobile. Berdiri sejak tahun 2013, Ralali juga memiliki fitur RFQ (Request for Quotation), yang bisa membantu para buyer dalam mencari produk-produk yang tidak tersedia di situs/aplikasi Ralali.

10. Qoo10

Qoo10 adalah platform e-commerce Asia Tenggara, sebelumnya dikenal sebagai GMarket, yang berkantor pusat di Singapura. Qoo10 mengoperasikan pasar online lokal di Singapura, Indonesia, Malaysia, Cina daratan, dan Hong Kong, dan di satu pasar online internasional. Qoo10 mengoptimalkan platform dan layanannya untuk pedagang usaha kecil dan menengah.

11. DinoMarket

Dinomarket.com adalah eCommerce yang berorientasi pada kepuasan Customer melalui motto "Belanja Online Bebas Resiko - We bring you smiles". Dinomarket.com telah melayani jutaan customer. Dinomarket.com menghadirkan konsep belanja online dengan Layanan Kelas Premium. 

12. Kaskus FJB

Biarpun bukan benar-benar sebuah marketplace seperti yang lainnya, tetapi Kaskus FJB yang pertama kali hadir dibandingkan yang lainnya, sudah ada sejak sangat lama, Kaskus FJB membiarkan para anggota forum Kaskus untuk melakukan transaksi jual-beli barang.

13. Akulaku

ini adalah platform marketplace yang barusan trending. Jadi saya belum bisa memprediksi bagaimana perjalanan masa depannya, atau bagaimana kedepannya gimana.

------

Dari dua belas marketplace diatas, manakah yang sering kalian gunakan untuk belanja? atau apakah kalian ada favorit diluar dari daftar diatas?

Share:
Next Post Previous Post