Hati-hati dengan Subscription di App yang menggunakan pembayaran Uang Elektronik

Hati-hati dengan Subscription di App yang menggunakan pembayaran Uang Elektronik

iqiyi


Barusan cek-cek history (riwayat) pengeluaran di GoPay, ternyata ada yang bikin terkejut, ada pengeluaran yang saya tidak tahu sebesar - Rp. 39.000 , ternyata setelah cek beberapa waktu, ketahuan itu dari aplikasi bernama iQiyi , itu app streaming drama dan video. Sontak, saya kebingungan karena tidak pernah menggunakan aplikasi iQiyi ini selama beberapa bulan terakhir.

Usut punya usut, ternyata pada bulan Juni 2021 saya pernah beli subscription selama satu bulan dengan harga promo yang sangat murah, dan kebetulan waktu itu mau nonton satu judul chinese drama. Ternyata setelah tamat nontonnya, saya tidak ingat harus membatalkan atau cancel langganan atau subscription. Jadi, setiap bulan dia potong sendiri saldo GoPay saya, dan ini tidak ada notifikasi.

Kenapa tidak ada notifikasi? karena tidak menggunakan Google Playstore sebagai perantara pembayaran, langsung dari GoPay, jika biasa subscription atau langganan lewat Playstore, itu jika auto potong tiap bulan, akan ada notifikasi pemberitahuan.

Setelah lima bulan di potong 39.000 secara cuma-cuma , padahal tanpa menggunakan aplikasi atau menonton film/drama di aplikasi iQiyi selama periode itu, pada tgl 19 bulan November 2021, saya baru sadar ada potongan siluman ke saldo selama ini dan tanpa notifikasi muncul. Jika saya tidak nge-check satu per satu pengeluaran history riwayat GoPay, mungkin sampai tahun depan pun tidak akan sadar.

Cara membatalkannya harus dari aplikasi itu sendiri (jadi harus login dulu jika dalam posisi logout atau install ulang, kalo lupa password, itu kasusnya bakal jadi makin pusing, apalagi jika email atau nomor HP nya ga bisa diakses lagi sehingga tidak bisa recovery password). Aplikasi GoPay kekurangannya itu tidak bisa memblokir pengeluaran ke pihak tertentu, jadi contoh jika mau blokir iQiyi dari aplikasi GoPay ya tidak bisa, ntah kenapa pihak Gojek kenapa tidak membuat fitur blokir ini.


Kesimpulan:

Jika kalian pernah melakukan langganan atau subscription aplikasi mobile seperti app Video Streaming atau Music Streaming gituan dan membayarnya melalui GoPay langsung tanpa perantara Playstore, maka harus check ulang melalui riwayat atau history pengeluaran di Go Pay (kadang kita bisa lupa apa-apa saja yang pernah kita subscribe di masa lalu).

Jangan tergiur dengan promo murah seperti Rp. 5.000 untuk bulan pertama atau bulan pertama gratis total ataupun promo menggiurkan lainnya. Karena kita sering lupa untuk membatalkannya. 

Share:
Next Post Previous Post