Gimana sih Cara Masuk Google Discover?

Gimana sih Cara Masuk Google Discover?

 Sebenarnya alasan saya membuat artikel ini karena saya sendiri bingung dan pusing gimana cara masuk Google Discover. Sudah banyak yang membuat artikel, membagia tips dan cara, membuat konten tentang itu, tetapi sebenarnya cara dan teknik mana yang efektif dan benar?

Boleh dibilang banyak yang merujuk pada halaman google help soal discover, saya berani bilang orang yang membuat tutorial atau bagi tips dan pengalaman masuk discover tetapi menggunakan rujukan google help itu, semuanya tidak mengerti soal rahasia masuk google discover, biarpun mereka pernah masuk.

Pertama kita bahas dulu apa itu Google Discover.


Pengertian

Google Discover adalah feed artikel atau berita yang ada pada app mobile Google dan Google Go. Biasanya feed itu berupa bentuk kotak-kotak, dan di dalam kotak ada gambar+tulisan, dan topik yang muncul ke layar kita berdasarkan based-interest (berdasarkan minat) pengguna. Pada zaman dulu, feed ini disebut Card (kartu) saat era Google Now. 

Google Discover erat kaitannya dengan News (berita), mengingat mayoritas 90an% yang muncul adalah berita, biasa berita kurang dari 1 minggu. Tetapi terkadang muncul juga feed yang sudah lebih dari 1 tahun, tetapi itu sangat jarang dan benar-benar harus berkaitan total dengan minat kita.


Lihat juga: Google Discover


Di Mana Google Discover Muncul?

Google Discover bisa muncul di 2 platform secara umum, yaitu aplikasi mobile Google dan Google Go. Jadi Google Discover merupakan fitur dari dua platform aplikasi mobile tersebut.


Apakah Google Discover itu Penting untuk SEO?

Tentu saja, beberapa mengatakan bahwa trafik situs mereka bisa meningkat hingga 10x lipat karena artikelnya muncul di Google Discover.


Jenis Feed pada Google Discover

  • Ada beberapa jenis feed yang bisa muncul pada google discover:
  • Standard Feed
  • Paid Feed (alias iklan dari Google Discovery Ads), ukruannya beda dengan yang standard
  • Web Stories 
  • Small Feed, yaitu yang ukurannya kecil
  • Video feed, biasa berupa youtube video yang auto-play, kadang video itu bisa juga dari adsmob CPA yang suruh kita install game (dalam bentuk iklan), kadang juga hanya thumbnail image dengan logo play, jadi harus masuk site baru bisa play video.
  • Caraousel Feed, ini bagian dari Paid Feed, tapi bedanya bisa digeser (slide)
  • Interactive Feed, kita disuruh interaksi, seperti misalkan questioner ataupun ada tombol-tombol yang bisa ditekan, ataupun informasi berita olahraga atau hasil tanding (skor)

Kenapa Bisa Masuk?

kita menuju ke topik utama. Sudah banyak yang membuat tips, trik, nasihat, saran, dll yang berhubungan dengan cara masuk google discover, tapi semuanya tidak ada yang yakin 100% karena itu rahasia dapur google, ga heran kamu tidak akan menemukan "Jasa Jaminan Masuk Google Discover". Jika ada orang yang yakin rumus masuk google discovernya terbukti nyata, maka jika dia membuka jasa gituan dengan tarif mahal pun pasti laku, nyatanya tidak ada satupun, karena kebanyakan orang hanya "kira-kira", dipikirnya karena dia uda masuk Discover sehingga tahu formula rumusnya.

Dari hasil pantauan saya selama beberapa waktu, ada beberapa tips yang saya rasa penting untuk disebut adalah:

#1 Share ke Socmed (media sosial)

Kemarin ada seorang blogger yang eksperimen atau trial n error, dia bilang membuat sebuah artikel bagus, terus di share ke social media, dalam 1 hari ternyata si re-share sebanyak ribuan kali, langsung masuk Google Discover. Jadi karena share itu artikelnya jadi viral. 

#2 Menggunakan CDN / Cloudflare

Tips ini datang dari bung Indrak di youtube, katanya kecepatan merupakan faktor penting agar diterima masuk Discover, selain masalah kualitas gambar.

#3 Google Help

Halaman google help pada bagian Google Discover menjelaskan beberapa hal seperti:
  • Penggunaan AMP
  • Ukuran gambar relusi 1200px
  • Gambar memiliki kontras tinggi dan bagus
  • dan berbagai hal lainnya, silahkan lihat di Developer - Discover , yang digunakan itu bahasa-bahasa umum yang saya kurang tertarik. Dan semua yang muncul di Discover mayoritas pun tidak mengikuti kriteria yang diberikan pada halaman google help itu.
#4 EAT menurut Searchengineland, 

Searchengineland melakukan eksperimen dan mengatakan Barry berhasil masuk google discover hanya dalam 1 bulan sejak situsnya dibuat, itu merupakan hasil yang menakjubkan, sebuah situs yang baru berumur 1 bulan sudah bisa masuk, kita-kita kesulitan padahal sudah berumur lama.
Menurut mereka EAT sebenarnya adalah backlink dan sejenisnya.

#5 Pasang icon/tombol profile social media dan informasi alamat perusahaan/toko

Seorang youtuber bule menjelaskan bertele-tele, sampe disuruh pasang tombol social media share dan physical address. Saya kurang tertarik menjabarkan panjang lebarnya penjelasan dia dan saya rasa ga bermutu yang dia jelaskan, ga bisa dipercaya sepenuhnya, kebanyakan mitos.
Dan menurutnya, jika postingan di social media itu bagus akan berdampak pada optimasi kemunculan google discover.
Jika ingin menontonnya bisa di sini, tapi peringatan ya, sangat membosankan dan panjang bertele-tele dengan isi mayoritas cuma mitos. Link:  https://www.youtube.com/watch?v=4z0Xvthd3i4

#6 Penggunaan schema markup gambar dan OG (open graph) gambar

#7 Google News dan thumbnail gambar muncul di google search, discover erat kaitannya dengan berita

#8 Topik trending atau yang lagi viral saat itu atau banyak dicari.

#9 Authority Domain. Untuk masuk setidaknya harus melewati batas nilai otoritas tertentu. Tidak heran jika yang masuk google discover situs-situs terkenal.

Prediksi Saya

Jadi apa ya yang menyebabkan situs kita berhasil masuk Google Discover? saya sendiri tidak tahu jawabannya karena blog saya belum masuk. Tetapi dari ntah bejibun banyaknya tutorial atau guide masuk google discover, yang kebanyakan buang-buang waktu baca/nonton. Saya rasa yang paling saya curigai adalah banyak share di social media. Tentunya sebelum itu situs atau blog kita harus melewati suatu nilai otoritas (authority score) versi google dulu. Jika artikel kita banyak direspons (social media signal), maka akan masuk Google Discover, yes as simple as that, tapi melakukannya yang sulit, terutama bagi yang tidak punya social media dengan follower banyak seperti saya.

Share:
Next Post Previous Post