Berbagai Marketplace Layanan Digital di Indonesia

Berbagai Marketplace Layanan Digital di Indonesia

contoh logo marketplace digital di Indonesia

atumiwa.blogspot.com - Saat orang mencari jasa layanan tapi yang berupa digital, terkadang bingung mau cari di mana, sebagian orang mencarinya lewat marketplace umum seperti tokopedia, shopee, lazada, bukalapak, dll.

Tetapi tahu tidak jika terdapat beberapa situs marketplace yang khusus melayani jasa produk digital tanpa bentuk fisik? disitu seperti semacam pasar tempat pertemuan antara penjual dan pembeli untuk layanan produk digital.

Sekarang adalah zamannya era digital internet, sehingga tempat-tempat begituan sangat diperlukan untuk membantu bisnis kita di dunia maya (internet).

Beberapa yang saya temukan di antaranya adalah sebagai berikut:


#1. Indimart.id

logo indimart

Situs ini adalah yang pernah saya belanja pertama kali untuk produk dan layanan digital. Tampilannya sangat sederhana dan mudah dilihat atau navigasi. Segala sesuatu mudah dilakukan disini, biaya tarif transaksi pun sangat murah jika dibandingkan dengan P-store. Biaya admin cuma dikenai Rp. 5.000,- untuk sekali transaksi tanpa ada batas maksimal.

Untuk seller atau penjual, juga cuma dikenakan fee sebesar 10% dari setiap penjualan.

Dan kemudian banyak yang gratisan disini (biaya 0), jadi cocok untuk yang suka memburu segala sesuatu yang gratis.

#2. P-Store

P-Store adalah marketplace atau pasar digital yang paling laris dan paling banyak anggotanya dalam memfasilitasi tempat pasar pertemuan antara pembeli dan penjual jasa dunia maya (internet ataupun digital).

Di sini bawaannya menggunakan US$ (usd atau us dollar), ga tau kenapa menggunakan dollar dibandingkan rupiah padahal layanan dan bahasanya menggunakan bahasa Indonesia. Ini merupakan sesuatu yang menurut saya aneh.

Untuk biaya transaksinya cukup mahal yaitu $0.5 per transaksi. Jadi untuk beli yang murah-murah dalam jumlah banyak, agak berabe habis banyak juga biaya transaksinya, kemarin saya sempat pesan 5 biji layanan yang seharga $2, gara-gara fee transaksi yang besar gitu, jadinya harus membayar $2.5 x 5 = $12.5 x 14.300 = total Rp. 178 ribu.

Tapi ya enaknya di p-store, berbagai layanan digital lengkap disini, cari apapun ada, karena memang situs marketplace digital yang paling banyak digunakan di Indonesia.

Dan pastinya disini bakal sering mendengar kata "Smangap", jujur saja saya sudah sering belanja di situ tapi tidak mengerti arti sebenarnya dari kata smangap, mungkin semacam bonus atau promo atau tambahan layanan. Mungking singkatan dari "penambah energi semangat".

#3 ADS.id

Ini sebenarnya bukan situs marketplace sih, tapi sebuah forum yang anggotanya bergerak/bermain dibidang digital, sehingga banyak yang jual atau menawarkan jasa digital juga di sini. Secara kualitas disini lebih unggul karena memang anggotanya agak ahli atau berpengetahuan karena statusnya yang merupakan forum berbagi pengetahuan, jadi penjual pun tahu diri tidak asal menerapkan harga tinggi.

Cuma kekurangan adalah tidak adanya third party yang menjamin keamanan transaksi, jadi lebih mengandalkan reputasi para member itu sendiri. Jadi pembeli dan penjual bertransaksi secara langsung tanpa melalui sistem platform.

Saya sudah pernah beberapa kali belanja disini, kualitasnya di atas rata-rata, dan para membernya sangat supportive atau sangat membantu.

Ads.id juga ada semacam tempat lelang, tapi saya tidak mengerti gimana kinerjanya, dan tidak pernah tertarik cari tahu, jadi skip saja ya.

Beberapa marketplace jasa digital internet lainnya ada:
  • #4 Sribulancer
  • #5 Projects.co.id (ini cukup detail keterangan pada layanannya)
  • #6 Fastwork
  • #7 Digitaloka
  • #8. Rekberpro.com
  • #9 Jasamart.com (ini lebih ke jasa umum, bukan digital internet doank)


Mana nih yang pernah kalian gunakan? Jika kalian pernah berbelanja di tempat sejenis lainnya yang tidak ada saya sebutkan di atas, bisa share juga di kolom komentar di bawah. 
Share:
Next Post Previous Post