Cara Mencegah Agar Jerawat Tidak Bertambah Parah Beserta Solusinya

Cara Mencegah Agar Jerawat Tidak Bertambah Parah Beserta Solusinya

 

Cara Cegah AgarJerawat Tidak Bertambah Parah


Cara Cegah AgarJerawat Tidak Bertambah Parah - Jerawat, apalagi jerawat batu, masalah kulit yang satu ini memang sangat umum karena hampir semua orang pernah mengalaminya. Jerawat sendiri pada dasarnya merupakan masalah kulit yang tergolong ringan sehingga tidak sampai membutuhkan bantuan medis, meskipun demikian masalah jerawat kerap kali membuat banyak orang merasa terganggu. 

Hal ini dikarenakan jerawat terutama yang muncul di wajah akan sangat mengganggu penampilan sehingga hal ini akan membuat sebagian orang merasa tidak percaya diri, bukan saja itu tetapi akan tampak jorok di mata orang lain.

Perlu Anda ketahui bahwa semua orang memiliki resiko untuk mengalami masalah jerawat, namun resiko ini akan lebih meningkat pada masa remaja baik pria maupun wanita yang menginjak usia pubertas karena pada usia tersebut hormon dalam tubuh tidak seimbang sehingga akan memicu munculnya jerawat. 

Selain faktor usia, seseorang yang memiliki tipe kulit berminyak juga akan lebih beresiko mengalami masalah jerawat. Faktor lainnya adalah perawatan diri seperti kebersihan dan makanan yang dikonsumsi.

Oleh karena itulah maka Anda harus mengetahui cara mencegah agar masalah jerawat tidak bertambah parah yang akan diulas berikut ini.


Cara Mencegah Agar Jerawat Tidak Bertambah Parah

1. Tidak Memencet Jerawat

Apabila Anda melihat jerawat yang muncul di wajah, seringkali menimbulkan keinginan untuk memencet jerawat tersebut. Padahal Anda tidak boleh melakukannya karena memencet jerawat akan membuat bakteri yang ada di dalam jerawat menyebar ke area kulit lainnya sehingga akan menjadi pemicu munculnya jerawat baru yang bisa saja jumlahnya lebih banyak dan menghilangkan noda hitam.

2. Menggunakan Tabir Surya

Perlu Anda ketahui bahwa kulit yang sering dan juga terlalu lama terkena sinar matahari secara langsung akan memicu kulit untuk memproduksi minyak secara berlebih sehingga akan bisa meningkatkan resiko munculnya jerawat. Terlebih lagi jika ada kotoran dan juga sel - sel kulit mati yang menempel dan terperangkap di pori - pori, maka hal inilah yang menjadi penyebab utama masalah jerawat.

3. Mencuci Handuk dan Sarung Bantal Secara Rutin

Seperti yang Anda lihat bahwa handuk dan sarung bantal adalah benda yang biasa kita gunakan sehari - hari sehingga akan membuatnya mudah kotor, perlu Anda ketahui bahwa handuk dan juga sarung bantal yang kotor akan menjadi tempat bagi bakteri untuk berkembang biak, jika hal ini dibiarkan maka bakteri tersebut bisa saja menginfeksi dan menjadi penyebab munculnya jerawat.

4. Rajin Membersihkan Wajah

Jika Anda merupakan seseorang yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan, maka Anda harus berhati - hati sebab kulit wajah Anda akan mudah terkena debu dan kotoran lainnya. Apabila hal tersebut Anda biarkan maka debu dan kotoran bisa menyumbat pori - pori dan memicu timbulnya jerawat, oleh karena itulah maka Anda harus rajin untuk membersihkan wajah setelah beraktivitas di luar.

5. Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Jika Anda ingin wajah yang bersih dan bebas dari masalah jerawat, maka Anda bisa menerapkan gaya hidup yang sehat seperti misalnya memiliki waktu tidur yang cukup serta mengurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi. Perlu Anda ketahui bahwa kurangnya waktu tidur akan mengganggu kesehatan kulit, sedangkan makanan berlemak akan memicu produksi minyak berlebih penyebab jerawat.

Apabila Anda ingin mencegah agar jerawat tidak bertambah parah, maka Anda bisa mempraktekkan beberapa hal yang telah diulas pada artikel blog jerawat ini di atas. Semoga bermanfaat dan sembuh dari jerawat yang menganggu penampilan.

Share:
Next Post Previous Post