Bahan Alami Mencegah Jerawat Meradang dan Bernanah

Bahan Alami Mencegah Jerawat Meradang dan Bernanah

Bahan Alami Mencegah Jerawat Meradang dan Bernanah - Jerawat adalah salah satu masalah yang sangat menjengkelkan, hal ini dikarenakan masalah kulit yang satu ini akan sangat mengganggu penampilan. Bahkan ada sangat banyak orang yang ikut terdampak efek psikologisnya karena masalah jerawat di mana rasa percaya diri akan menurun seketika, sehingga Anda tidak berani untuk tampil di depan umum, percaya diri pun menurun.

Jerawat sendiri merupakan masalah yang sangat umum terjadi di mana penyebabnya adalah adanya minyak dan juga kotoran yang menyumbat pori - pori. Perlu Anda ketahui bahwa intensitas jerawat yang dialami oleh setiap orang bisa saja berbeda - beda mulai dari bintik merah, komedo, hingga jerawat yang meradang.

Intensitas jerawat yang ringan memang bukanlah suatu masalah yang besar karena tidak terlalu mengganggu penampilan dan juga akan pulih dalam waktu yang singkat, namun jika Anda mengalami masalah jerawat yang parah bahkan hingga meradang dan bernanah maka akan sangat mengganggu, pada kesempatan ini akan kami ulas beberapa bahan alami untuk mencegah jerawat meradang dan bernanah.

Bahan Alami Mencegah Jerawat Meradang dan Bernanah
Bahan Alami untuk Jerawat | sumber foto: istock

Bahan Alami Mencegah Jerawat Meradang dan Bernanah

1. Campuran Madu dan Putih Telur

Bahan alami pertama yang bisa digunakan untuk mencegah terjadinya peradangan pada jerawat adalah campuran madu dan putih telur karena madu akan menghambat pertumbuhan bakteri, sedangkan putih telur akan mampu membunuh bakteri pada jerawat. Anda bisa menyiapkan satu sendok madu murni dan campurkan dengan putih telur, oleskan ke area kulit berjerawat semalaman sebelum membilasnya.

2. Daun Sirih

Daun sirih ternyata juga bisa menjadi bahan alami untuk mencegah jerawat meradang dan bernanah karena daun sirih memiliki kandungan vitamin C yang akan membantu mengempeskan jerawat dengan cepat. Anda bisa menyiapkan 5 lembar daun sirih, kemudian haluskan dan tambahkan sedikit air, setelah itu oleskanlah pada area kulit berjerawat selama 20 menit sebelum dibilas menggunakan air.

3. Es Batu

Es batu merupakan bahan alami ketiga yang juga bisa Anda gunakan untuk mencegah jerawat meradang dan bernanah, perlu Anda ketahui bahwa efek dingin pada es batu memiliki sifat anti inflamasi yang akan meredakan peradangan pada jerawat. Anda bisa menyediakan beberapa kubus es batu dan bungkuslah dengan kain bersih, kemudian kompreskan pada area kulit berjerawat selama 15 menit.

4. Lemon

Buah Lemon / sumber: shuttershock

Bahan alami keempat yang berfungsi untuk mencegah jerawat meradang dan bernanah adalah lemon, perlu Anda ketahui bahwa buah yang satu ini sangat kaya akan vitamin C dan juga asam sitrat yang akan membantu mengempiskan jerawat dan merawat kulit. Anda bisa menyiapkan satu buah lemon, kemudian peras dan tambah dengan sedikit air, setelah itu oleskan pada kulit berjerawat selama 15 menit sebelum Anda bilas.

5. Bawang Putih

Foto Bawang Putih | sumber: gardening know how


Bahan alami lainnya yang juga bisa mencegah jerawat meradang dan bernanah adalah bawang putih yang mana memiliki kandungan senyawa allicin yang akan berperan sebagai anti bakteri. Anda bisa menyiapkan 4 siung bawang putih, kemudian haluskan dan campurkan dengan sedikit air hingga menjadi pasta, setelah itu Anda bisa mengoleskannya ke kulit berjerawat selama 20 menit sebelum dibilas.

Apabila Anda ingin mencegah jerawat meradang dan bernanah, maka Anda bisa menggunakan beberapa bahan alami yang telah diulas di atas. Semoga bermanfaat.

Share:
Next Post Previous Post