79 Percent Clock

79 Percent Clock

79 Percent Clock
79 Percent Clock, sebuah jam meja untuk karyawan wanita yang wajib dimiliki.



 79 Percent Clock adalah sebuah jam meja berbentuk persegi empat yang menunjukkan waktu jam, menit, dan detik layaknya jam meja biasa, tetapi terdapat tanda 79% pada arah pukul 15:20 PM.

Apa arti tanda 79% tersebut?

Apakah kamu tahu jika terjadi ketidakseimbangan gaji dan bayaran kepada pekerja kantoran dan karyawan antara pria dan wanita dalam dunia kerja? Menurut studi kasus, karyawan wanita secara rata-rata hanya mendapat bayaran pemasukan 79 persen dari nominal pendapatan karyawan pria, jadi setiap 1 juta rupiah gaji karyawan pria, maka karyawan wanita hanya memiliki gaji sebesar 790 ribu rupiah. Bukan hanya itu, para aktor dan aktris film dan drama juga memiliki perbedaan bayaran akting, aktor pria umumnya dibayar lebih tinggi dari wanita.

Tujuan dari hadirnya jam meja 79 percent clock ini adalah untuk sebagai kampanye pengingat bahwa para pria dan wanita harusnya memiliki persamaan dan keseimbangan dalam hal pendapatan, harusnya ada kesetaraan gender. 

Jika karyawan atau pekerja pria mendapatkan honor yang lebih tinggi, maka harusnya pekerja wanita dapat pulang lebih cepat, yaitu 79 persen dari waktu total kerja pria, sehingga adil.

Pada jam meja khusus ini, saat jarum jam dan menit menunjuk ke arah 79 persen, maka akan ada bunyi alarm weker sebagai pengingat dan tanda bahwa para karyawan wanita sudah waktunya pulang kerja

Kenapa Wanita harus mendapat bayaran yang lebih kecil? harusnya tingkat gaji dan bonus kerja ditentukan oleh kemampuan kerja individual, bukan berdasarkan jenis kelamin.

Beberapa perusahaan teknologi besar seperti Microsoft dan Facebook mengatakan bahwa mereka membayar gaji karyawan pria dan wanita mereka secara seimbang, hal ini patut diacungi jempol. Tetapi mayoritas perusahaan-perusahaan diseluruh dunia tidak melakukan hal seperti ini, mayoritas masih menggunakan tradisi lama.

Proyek 79 Percent Clock ini didukung penuh oleh MTV, fokus kepada perjuangan para kaum wanita dan hak suara perempuan. Desainer jam meja ini dibuat oleh seorang wanita, dan untuk wanita diseluruh dunia.

Saat ini ditulis, jam meja ini telah didistribusikan ke berbagai kalangan wanita, mulai dari selebritis, politikus, komunitas wanita, konsumen penting, dan lainnya. Dukung terus gerakan kesetaraan gender dalam dunia kerja ya.


79% Work Clock


Share:
Next Post Previous Post