Cara Membagi Waktu Sehari-hari Agar Tetap Efektif dan Produktif, Berikut Tipsnya!

Cara Membagi Waktu Sehari-hari Agar Tetap Efektif dan Produktif, Berikut Tipsnya!

Pernahkah kamu merasa bahwa waktu yang kamu miliki dalam sehari itu kurang untuk kamu menjalankan kegiatan. Padahal, waktu yang orang lain miliki juga 24 jam, sama seperti kita. Namun, kelihatannya orang-orang itu bisa lebih produktif dibanding kita. Apa penyebabnya? Selain karena beban kerja yang berbeda, strategi dalam manajemen waktu juga berbeda-beda setiap orangnya.

Pada dasarnya, bukan waktu yang harus kita atur, melainkan diri kita yang harus kita atur untuk dapat menggunakan waktu yang dimiliki. Lantas, bagaimana cara membagi waktu sehari-hari agar tetap efektif dan juga produktif dalam waktu 24 jam tersebut? Bagi kamu yang penasaran, yuk simak tips cara membagi waktu 24 jam yang efektif berikut ini.

membagi waktu


Pengertian Manajemen Waktu yang Wajib Kamu Pahami 

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara membagi waktu sehari-hari, maka kamu harus paham terlebih dahulu konsep manajemen waktu. Sebagai informasi, manajemen waktu adalah cara yang bisa dilakukan untuk membagi dan mengelola waktu yang dimiliki untuk melakukan berbagai aktivitas agar dapat memaksimalkan produktivitas guna mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.

Dengan adanya kemampuan manajemen waktu yang baik, kamu dapat dengan mudah menyelesaikan berbagai aktivitas atau pekerjaan dalam waktu yang relatif singkat. Hal ini akan membuat kamu terbiasa untuk tetap fokus saat bekerja dan disiplin dengan waktu yang sudah kamu atur untuk setiap tugasnya.

Tips Cara Membagi Waktu Sehari-hari Secara Efektif

Sama seperti kemampuan lain, mempelajari cara mengatur waktu dengan baik juga memerlukan waktu dan proses. Berikut ini adalah beberapa tips cara membagi waktu 24 jam agar lebih efisien dan efektif.

1. Membuat To-do List dalam Sehari

Tips pertama, membuat to do list sebelum tidur di malam hari. Bagi kamu yang belum tahu, adalah daftar yang berisi tugas-tugas yang harus kamu selesaikan dalam sehari. Proses membuat to do list tidak terlalu lama, karena kamu bisa membuatnya di buku catatan, sticky notes, maupun aplikasi di Smartphone kamu.

2. Menyelesaikan Pekerjaan Sesuai Prioritas 

Menyusun tugas berdasarkan skala prioritas akan memudahkan kamu dalam mengerjakan tugas-tugas penting terlebih dahulu. Hal ini juga akan membantu kamu dalam mengalokasikan waktu dan energi untuk hal yang esensial. Kamu bisa membuat skala prioritas dengan mengkategorikan tugas-tugas tersebut sesuai dengan kondisinya.

3. Menetapkan Batas Waktu untuk Setiap Pekerjaan 

Cara membagi waktu 24 jam yang efektif selanjutnya yaitu dengan menetapkan batas waktu untuk setiap Tugas atau pekerjaan yang kamu lakukan. Dengan begitu, kamu akan bekerja dengan lebih fokus dan disiplin, sehingga pekerjaan kamu juga akan lebih maksimal.

4. Mengambil Jeda untuk Beristirahat

Bekerja terlalu lama tanpa adanya jeda istirahat akan membuat kamu merasa lelah dan sulit untuk tetap fokus. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengambil jeda istirahat, karena ini merupakan hal yang penting agar otak serta mata kamu tidak mengalami kelelahan. Gunakan waktu beberapa saat untuk mengistirahatkan mata kamu setelah bekerja di depan laptop atau layar komputer.

5. Menghindari Multitasking

Multitasking atau mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus ternyata tidak efektif dan dapat menurunkan produktivitas. Hal ini membuat pekerjaan kamu selesai dengan tidak maksimal dan membuat otak cepat lelah. Oleh karena itu, cobalah untuk fokus menyelesaikan pekerjaanmu satu persatu dengan disiplin menetapkan batas waktu agar hasilnya dapat maksimal.

6. Membatasi Distraksi Lain

Cara membagi waktu sehari-hari selanjutnya yaitu dengan membatasi hal-hal yang dapat membuat fokus kamu menjadi terganggu. Contohnya notifikasi handphone, email, chat di grup, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, kamu perlu menghindari distraksi dengan mematikan notifikasi, tidak terlalu sering mengecek hal-hal di luar pekerjaan, seperti medsos, dsb, serta melakukan aktivitas lain saat jeda istirahat.

Penutup

Sekian pembahasan tentang cara membagi waktu sehari-hari secara efektif, sehingga kamu dapat lebih produktif dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Semoga informasi tadi bisa bermanfaat untuk kamu yang ingin mulai produktif dengan membagi waktu secara efektif.


Share:
Next Post Previous Post