Cara Menulis Artikel yang Baik dan Benar, Berikut Informasi Lengkapnya!

Cara Menulis Artikel yang Baik dan Benar, Berikut Informasi Lengkapnya!

 Cara Menulis Artikel yang Baik - Saat ini, kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan berbagai tulisan atau ulasan yang bertebaran baik di media sosial, maupun di internet. Tulisan-tulisan ini bisa disebut sebagai artikel. Nah, artikel yang terbit di berbagai media biasanya ditulis oleh seorang penulis konten atau istilah kerennya content writer.

Pekerjaan yang satu semakin banyak dicari dan diperlukan oleh berbagai perusahaan, khususnya perusahaan startup. Tidak heran, banyak orang yang ingin mempelajari cara menulis artikel yang baik yang baik dan benar.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan menyajikan informasi menarik terkait cara menulis artikel yang baik yang bisa menjadi acuan kamu untuk mempelajari cara menulis artikel yang baik.

cara menulis artikel
Menulis artikel yang benar itu harus memenuhi kaidah penulisan


Apa Itu Artikel yang Wajib Kamu Pahami 

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara menulis artikel yang baik yang baik dan benar, maka kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa itu artikel. Sebagai informasi, artikel adalah sebuah karya tulis pendek, berjumlah antara 300 sampai 1000 kata yang membahas tentang suatu tema atau topik tertentu yang bertujuan untuk menyampaikan pikiran, baik itu berupa fakta, konsep, maupun opini penulis.

Artikel juga dapat diartikan sebagai jenis tulisan yang berisi pendapat, kritik, gagasan, tingkat pikiran penulis terhadap sebuah isu atau persoalan yang ingin diketahui oleh para pembaca. Tujuan dari penulisan artikel yaitu untuk menghibur, memberikan informasi, mengedukasi, dan memberikan keyakinan akan suatu hal kepada pembacanya.

Cara Menulis Artikel yang Baik Step by Step 

Bagi kamu yang ingin mengetahui cara menulis artikel yang baik, maka kamu harus menyimak langkah-langkah membuat artikel yang sudah kami bagikan di bawah ini:

1. Menentukan Tema

Menentukan tema merupakan Hal pertama yang harus kamu lakukan dalam menulis artikel. Tema atau topik dari artikel ini berisi permasalahan yang ingin dijawab atau diselesaikan dalam tulisan tersebut. Cobalah untuk menentukan tema yang spesifik agar dapat menarik minat para pembaca.

2. Menyusun Kerangka Artikel 

Langkah berikutnya dalam menulis artikel yaitu menyusun kerangka tulisan, dimana hal ini sangat penting dilakukan khususnya bagi para pemula. Kerangka artikel ini akan membantu penulis dalam mengetahui isi artikel secara garis besar. Fungsi lainnya dari kerangka artikel yaitu sebagai panduan penulis dalam menyajikan informasi dalam artikel.

3. Mencari Referensi dari Sumber yang Kredibel

Cara menulis artikel yang baik selanjutnya yaitu mencari referensi dan rujukan dari sumber yang kredibel. Hal ini dilakukan karena dalam menulis artikel Kamu akan membutuhkan sumber atau referensi yang benar dan sesuai. Memberikan referensi yang kredibel tentunya akan membuat kamu meraih kepercayaan pembaca terhadap artikel yang kamu tulis.

4. Menulis Paragraf Pembuka Secara Singkat Namun Berisi

Paragraf pertama dari sebuah artikel akan sangat mempengaruhi pembaca dalam memutuskan untuk terus membaca artikel atau melewatkannya. Oleh karena itu, sangat penting bagi kamu untuk menuliskan paragraf pembuka yang tidak terlalu panjang, namun tetap menarik para pembaca untuk terus membaca artikel kamu sampai selesai.

5. Menulis Artikel Secara Singkat dan Efektif

Langkah yang terakhir dalam menulis artikel yang baik yaitu dengan menuliskan artikel secara singkat, padat, dan to the point. Pastikan kamu Menulis artikel dengan kalimat yang efektif dan mudah dipahami. 

Hindari untuk mengulang kata hanya untuk memperbanyak jumlah kata dalam artikel kamu. Karena, hal ini akan membuat kalimat yang kamu tulis menjadi sulit dimengerti dan membosankan. Tulislah informasi dengan kata-kata yang jelas agar para pembaca mudah dalam memahami artikel yang kamu tulis.

Penutup 

Nah, itulah pembahasan yang dapat kami bagikan untuk kamu terkait cara menulis artikel yang baik. Semoga informasi kali ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kamu, khususnya yang ingin belajar menjadi seorang content writer.


Share:
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url