Cara Membuat Artikel yang Baik, Dijamin Menarik Minat Pembaca!

Cara Membuat Artikel yang Baik, Dijamin Menarik Minat Pembaca!

Tips Menulis Artikel - Bagi kamu yang ingin menjadi seorang content writer, tentunya kamu harus memahami dasar-dasar dalam menulis artikel. Salah satu komponen dasar yang harus dipahami oleh penulis artikel yaitu susunan atau struktur yang menyusun artikel tersebut. Sebuah artikel haruslah memiliki susunan yang baik dan benar, agar pembacanya memahami setiap poin informasi yang disampaikan dari artikel tersebut. 

Nah, bagi kamu yang ingin menjadi seorang content writer, maka ada baiknya kamu menyimak pembahasan kali ini yang akan menyajikan informasi mengenai susunan membuat artikel yang baik agar para pembaca tertarik untuk membaca artikel kamu.

menulis artikel yang baik
Cara Menulis Artikel yang Baik dan Benar


Jenis-jenis Artikel yang Wajib Dipahami Penulis

Selain memahami susunan membuat artikel yang baik dan benar, sebagai penulis kamu juga harus mengetahui jenis-jenis artikel yang akan ditulis. Berikut ini adalah jenis-jenis artikel secara umum:

Artikel deskripsi, bertujuan untuk memberikan gambaran tentang suatu fakta yang berisi gambaran mengenai keadaan, kejadian, atau peristiwa.

Artikel narasi, bertujuan untuk menceritakan terkait suatu keadaan atau situasi, baik dijelaskan berdasarkan urutan waktu, maupun urutan kejadian.

Artikel eksposisi, karangan yang bertujuan untuk menguraikan tentang suatu topik, berupa definisi, fungsi, cara, atau proses mengerjakan sesuatu.

Artikel persuasi, jenis artikel yang penulisannya bersifat membujuk atau persuasif untuk menggerakkan pembacanya melakukan sesuatu.

Susunan Membuat Artikel yang Baik dan Benar

Dalam membuat sebuah artikel, kamu harus mengikuti struktur atau susunan yang baik dan benar, agar artikel kamu menarik untuk dibaca. Berikut ini adalah susunan artikel yang benar dan bisa menjadi acuan kamu dalam menulis sebuah artikel.

1. Judul

Judul merupakan hal yang krusial dalam artikel, sehingga tidak boleh dibuat sembarangan dan harus menggambarkan keseluruhan isi dari artikel yang dibuat. Khusus untuk keperluan SEO, judul yang kamu buat haruslah mengandung kata kunci. Buatlah judul yang menarik para pembaca dan mengandung kalimat call to action.

2. Pembuka 

Susunan membuat artikel selanjutnya yaitu bagian pembuka yang berfungsi sebagai pembahasan awal sebelum masuk ke struktur selanjutnya. Bagian ini berisi uraian narasi, peristiwa, pernyataan, kutipan, dan sebagainya. Buatlah pembuka artikel yang singkat, namun dapat mewakili isi dari artikel yang kamu buat.

3. Leher Artikel

Struktur artikel yang benar selanjutnya yaitu leher artikel atau bisa juga disebut bridge yang berarti jembatan. Bagian ini punya fungsi yang cukup penting yaitu untuk menyambungkan bagian awal pembukaan dengan isi dari artikel.

4. Isi Artikel

Bagian terpenting dari artikel yaitu isi atau body, di mana bagian ini berisi tentang pembahasan utama dari sebuah artikel. Pembahasan pada bagian ini lebih detail dan lengkap sesuai dengan kebutuhan pembacanya, serta tentunya tidak boleh keluar dari topik utama.

5. Penutup

Susunan membuat artikel yang terakhir yaitu bagian penutup, yang berisi kesimpulan dari artikel tersebut. Bagian ini terletak pada paragraf akhir dan berada di bagian paling bawah dari sebuah artikel.

Penutup 

Sebuah artikel dapat dikatakan berkualitas jika mengikuti susunan artikel yang benar, mulai dari judul, pembuka, leher artikel, isi, hingga penutup. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk memahami jenis dan susunan membuat artikel yang telah kami bahas di atas. Semoga pembahasan tadi bisa bermanfaat dan membantu kamu memahami struktur penulisan artikel.


Share:
Next Post Previous Post