Pengalaman Menggunakan Maxim Food, Kapok?

Pengalaman Menggunakan Maxim Food, Kapok?


 Maxim dikenal sebagai salah satu ojol yang melayani penumpang dengan tarif rendah, alternatif dari GoJek, Grab, dan inDrive. Tapi tahukah kamu jika Maxim juga melayani pengiriman antar makanan (food delivery) yang disebut Maxim Food?

Banyak yang tidak tahu karena memang maxim tidak pernah melakukan promosi atau iklan untuk layanan yang satu ini. Saya cek harga tarif ongkir dan biaya admin memang lebih murah, tapi dipikirnya dengan tarif murah sudah cukup bisa bersaing, itu salah besar.

Setelah sekian lama, mereka seolah tidak peduli untuk meningkatkan kualitas aplikasi dan layanan, saya sendiri sudah beberapa kali unduh dan uninstall, dan setelah waktu yang lama pun tidak ada perubahan atau perbaikan yang berarti.

Beberapa waktu lalu saya mencoba tes pesan makanan ga aplikasi Maxim ini. Begitu banyak komplain dan kekurangan yang bisa saya utarakan.

Pertama, aplikasinya sangat lelet dan tidak profesional. Kemudian tidak ada e-wallet, sehingga belinya harus menggunakan sistem bayar tunai (cash). 

Jumlah gerai yang hadir di maxim food sangat sangat terbatas, hanya puluhan doank. Dan bahkan ada yang tidak jual menu apapun tapi tokonya ada, entah kenapa masih lulus sensor muncul di aplikasi dan tidak disortir oleh pihak Maxim. Kemudian jumlah menu makanan biasa sangat sedikit, para gerai males memasukkan semua menu makanan, jadi seadanya saja.

maxim food
Maxim Food 

Terus saat saya tes pesan minuman kopi, eh ternyata gerainya tutup, padahal di sana ditulis masih aktif dan tidak ada tanda "tutup (closed)". Jadi uda sedikit pilihan gerainya, sebagian lagi mungkin gerai fiktif. Yang bikin jengkel, karena gerai tutup (diberitahu driver ojol), jadi ya mau batal, eh ternyata tidak bisa batal, pihak driver ojol bilang dia cek ga bisa batal, saya juga cek ga bisa, cuma ada pilihan ganti pesanan, omg banget ga bisa batal pesanan, maksa gitu. Mana gerainya terbatas, mau ganti apaan, terpaksa saya minta driver ojol untuk asal beli kopi di daerah sekitar, soalnya saya males emosian bertengkar, ribet ntar.

Ada juga yang gerainya terdapat beberapa menu tetapi semua status 'sold out', so ga bisa pesan sama sekali di gerai itu. Kelihatan banget hancur gitu kualitas aplikasinya.

Kemudian aplikasinya selain lemot, juga sangat makan banyak data, saya cuma pakai beberapa jam dalam sehari sudah makan 800an mb, cukup terkejut saya itu apaan kayak game atau lihat film 4k saja.

Jangan harap ada fitur ini itu, benar-benar tersiksa menggunakan aplikasinya, tekan tombol back malahan dilempar ke halaman depan, sehingga harus mengulang pencarian. 

Tidak ada fitur save location seperti ojol antar makanan lain,sehingga harus menggunakan fitur favorites. Dan sulitnya mencari driver yang mau menerima pesanan. Bayangkan saya pesan pagi jam 10:20, tapi sampai 10.50 tidak ketemu driver sama sekali padahal lokasi saya bukan pinggiran, setengah jam nungguin bunyi "ketemu driver" tapi ga kunjung muncul. Kemudian saya batal, dan tes utak atik di setting nambah opsi Tip Rp. 4000, saya ga tau apakah drivernya nampak ini karena saat checkout ga nambah 4000 dari jumlah total pesanan, tapi setelah saya set itu, pencarian driver lebih cepat, 10 menit uda ketemu.

Dan jangan harap ada promo apapun ya, biarpun ongkos kirim dan biaya admin lebih murah, tapi ga ada promo sama sekali. Kemudian gps locationnya ga akurat, jadi setelah auto detect, maka harus pin lokasi secara manual lagi. Dan bahkan setelah itu semua, masih ditanya sama driver ojol soal kepastian alamatnya.

Interface aplikasi benar-benar terlalu polos ga bisa apa-apa, sangat terbatas dan jelek, jangan harap ada pembagian kategori makanan ataupun minuman, setiap menu ga ada pilihan opsi custom. Gerainya pun ulang-ulang kemunculannya. Pencarian kata kunci pun sering hasil ga sesuai yang kita mau. Dan terakhir pengiriman makanannya pun agak lama tibanya, jadi harus sabar-sabar.

Jika saya bisa kasih nilai, maka saya akan kasih rate 2 dari 10. Saya tidak kasih nilai 1 karena ongkirnya yang lebih murah. Sisanya jelek bikin stress. Ga tertarik untuk menggunakannya lagi, lebih baik kembali ke GrabFood atau ShopeeFood.

Demikian sekadar unek-unek pengalaman saya menggunakan MaximFood. Rasanya Ga ada harapan untuk bersaing. Mending tunggu InDrive Food atau lainnya.

Share:
Next Post Previous Post