Pencipta Dragon Ball Akira Toriyama Meninggal Dunia

Pencipta Dragon Ball Akira Toriyama Meninggal Dunia



79percentclock -Berita mengejutkan datang dari Jepang, penggambar manga Akira Toriyama dikabarkan meninggal dunia hari ini tanggal 8 Maret 2024 pada usia 68 tahun. Waktu asli meninggalnya adalah tanggal 1 Maret, tetapi ditutupi dari publik karena alasan tertentu dan privasi.

Akira Toriyama meninggal karena sakit yang sudah lama dideritanya, hematoma subdural akut, suatu keadaan berkumpulnya darah antara otak dan penutup terluar, biasa terjadi karena kepala pernah cedera cukup parah sampai pembuluh darah pecah, dan menyebabkan darah terkumpul di bagian otak, lama-lama jadi bengkak dan berbahaya.

Berita kematiannya menjadi trending topic di banyak situs dan berbagai sosial media, tampak banyak orang terkenal yang mengucapkan belasungkawa termasuk Masashi Kishimoto (Naruto), Eiichiro Oda (One Piece), Jackie Chan, dll.

Akira Toriyama adalah penggambar manga berbakat yang populer dengan karya berjudul Dragon Ball. Selain seri Dragon Ball, Akira juga membuat dan menggambar sangat banyak karya lainnya, yang terkenal adalah Draqon Quest, Chrono Trigger, dan Dr. Slump.

Sebagai kreator Dragon Ball, dia dianggap sebagai salah satu artis manga paling sukses dan besar, dengan hanya satu judul Dragon Ball saja sudah terjual lebih dari 350 juta kopi buku manga di seluruh dunia, belum terhitung yang bajakan.

Sejak perilisannya, Dragon Ball menjadi salah satu Manga paling sukses dan popular sepanjang sejarah, dijual pada lebih dari 40 negara, dan versi anime-nya tayang di lebih dari 80 negara sejak perilisan perdananya tahun 1984 dalam bentuk manga.

Bagaimana Karya Dragonball yang Belum Sempat Siap?

Kematiannya menyisakan beberapa proyek yang belum sempat diselesaikan, seperti anime "Sand Lad" yang diadaptasi dari manga berjudul sama karyanya, kemudian untuk dunia Dragon Ball ada manga Dragon Ball Super yang ceritanya masih panjang dan jauh dari tamat, kemudian anime Dragon Ball: DAIMA, dan mungkin saja dibenaknya masih ada rencana untuk versi anime dari saga Moro dan saga Granola.

Jika melihat trailer anime Dragon Ball: DAIMA, itu ceritanya sangat mirip gaya Dragon Ball GT (Goku berubah jadi kecil karena Shen Long melalui permintaan Dragon Ball, dan melakukan petualangan baru). Tidak heran karena sebelumnya rencana ide awal cerita Dragon Ball GT memang asalnya dari Akira Toriyama, tetapi sayangnya karena perselisihan kemudian batal dan dibuat oleh orang lain.

Belum diketahui siapa yang akan melanjuti karya Dragon Ball dan bagaimana nasibnya, karena belum diketahui apakah Akira ada memberikan amanah kepada salah seorang pembantunya. Jika memang ada, maka kemungkinan besar tugas berat itu akan diberikan kepada ilustrator manga Toyotarou. Dia telah bekerja pada Akira sejak tahun 2015. Masih ada kemungkinan di hari-hari terakhirnya Akira ada memberikan petunjuk jalan cerita dan juga melalui tulisan draft kasar di catatan kertas Akira. Tentu saja mungkin akan menjadi saga terakhir karena draft kasar di catatan kertas Akira juga cuma sampai saga terakhir itu.

Semoga pengarang yang lain melanjuti warisan Dragon Ball beliau. RIP Akira Toriyama.

Share:
Next Post Previous Post