Apa itu Aurora? Negara Apa Saja yang Bisa Lihat?

Apa itu Aurora? Negara Apa Saja yang Bisa Lihat?

79percentclock.com- Kadang saat kita menonton film atau dokumentasi, terdapat lokasi yang langitnya menunjukkan warna-warni cerah yang indah pada malam hari. Di Indonesia tidak ada langit yang seperti itu, kita tidak dapat menyaksikannya karena semua wilayah Indonesia memang tidak ada, padahal ini keren dan menakjubkan jika di photo untuk para pecinta hobi fotografi. Langit yang diselimuti warna-warni pada malam hari itu disebut Aurora.


Aurora
Aurora Borealis jenis "cahaya utara" di negara Swedia

Apa itu Aurora?

Aurora adalah tampilan kemunculan cahaya warna warni alami di langit Bumi, terutama terlihat di daerah lintang tinggi (sekitaran kutub Arktik dan Antartika). 

Aurora menampilkan suatu pola dinamis cahaya cemerlang yang muncul sebagai tirai, sinar, spiral, atau kedipan dinamis yang menutupi seluruh langit. Aurora adalah hasil dari gangguan di magnetosfer yang disebabkan oleh hembusan angin matahari. 

Gangguan ini mengubah lintasan partikel bermuatan dalam plasma magnetosfer. Partikel-partikel ini, terutama elektron dan proton, mengendap ke atmosfer atas (termosfer / eksosfer). Ionisasi dan eksitasi konstituen atmosfer yang dihasilkan memancarkan cahaya dengan berbagai warna dan kompleksitas.

Bentuk dan warna aurora tergantung pada jumlah akselerasi yang tertanam pada partikel-partikel yang mengendap.

Ada dua jenis Aurora; Auorora Borealis yang berada di daerah sekitaran kutub utara, dan Aurora Australis yang berada disekitaran daerah selatan bumi.

Durasi lamanya aurora muncul tergantung dari berbagai faktor, misalkan Lokasi, aktivitas matahari, dan keadaan cuaca. Secara gambaran umum, aurora dapat berlangsung dari beberapa menit hingga beberapa jam.

Untuk melihat Aurora, tidak bisa hanya berdasarkan negara saja, tetapi juga harus memperhatikan waktu dan lokasi geografis, jadi suatu negara pun tidak semua wilayahnya bisa melihat Aurora. 

Beberapa tips singkat untuk melihat aurora, yang pertama sudah pasti ke luar negeri, pergi ke wilayah dengan lintang tinggi, cari tempat yang pencahayaannya minim, jangan di kota yang terang benderang, kemudian cari tempat yang langitnya cerah dan bebas dari tertutup awan. Dan jangan lupa di zaman modern seperti ini, kita bisa gunakan aplikasi ponsel tertentu untuk memprediksi kapan waktu yang tepat aurora akan muncul di suatu lokasi.

Negara Mana Saja Yang Muncul Aurora

Fenomena Aurora memang sangat indah dan menarik, tapi tidak semua negara dapat melihatnya. Berikut daftar negara yang berkesempatan untuk melihatnya.

  1. Finlandia
  2. Swedia
  3. Norwegia
  4. Islandia (Iceland)
  5. Kanada
  6. Denmark
  7. Greenland
  8. China
  9. Russia
  10. Alaska, Amerika Serikat (US)
  11. Australia
  12. Selandia baru (new zealand)
  13. China
  14. Skotlandia, Britania Raya (UK)
  15. Antartika
  16. Pulau Georgia Selatan , UK
  17. Patagonia
  18. Chili
  19. Argentina
  20. Tasmania, australia
  21. kepulauan Falkland
  22. Belarusia
  23. Belgia 
  24. Jerman
  25. Estonia 
  26. Republik Irlandia 
  27. Latvia
  28. Lithuania
  29. Irlandia Utara
  30. Polandia
  31. Kepulauan Faroe 
  32. Wales
  33. Belanda
  34. Afrika Selatan (jarang muncul)
  35. Uruguay (jarang muncul)
-
Bagimana teman-teman, mau melihat aurora? terpaksa harus nabung guys, biar bisa ke luar negeri.

Share:
Next Post Previous Post