4 Kejadian Besar Alam Semesta Yang akan Datang

4 Kejadian Besar Alam Semesta Yang akan Datang


Penampakan 5 planet dan bulan sekaligus pada sisi cakrawala yang sama di malam hari tahun 2022



Mungkin Anda penasaran apa saja sih Peristiwa Luar Angkasa menakjubkan yang akan datang, terutama dalam kurun waktu dekat? Berikut ada beberapa yang saya rangkumkan dengan bahasa sederhana orang awam.

Tahun 2027 - Gerhana Matahari Terlama

Yang paling dekat terjadi tahun 2027, ada Gerhana Matahari Total terpanjang dan terlama pada abad ke-21 dan juga dalam kurun waktu 10 ribu tahun terakhir akan muncul, di sini peristiwa Gerhana Matahari Total itu berlangsung selama 6 menit dan 22 detik (jika perhitungan akurat).

Gerhana akan dimulai di Samudra Atlantik Utara, melewati Semenanjung Iberia, Laut Mediterania, Mesir, Arab Saudi, Yaman, Oman, Somalia, Ethiopia, Kenya, dan berakhir di Samudra Hindia. Total Jalur gerhana total selebar 110 kilometer. 

Di Makkah, ini akan menjadi Gerhana Matahari Total ke-3 setelah zaman kerasulan Muhammad SAW. dengan durasi lamanya berlangsung  5 Menit dan 14 detik, terjadi mulai pukul 1.23 siang waktu setempat, menjadikannya sebagai rekor durasi terlama sejak zaman nabi Muhammad SAW sampai abad ke-19 Hijriah.

Sayangnya, di Indonesia kita tidak dapat menikmatinya, Gerhana Matahari Total di Indonesia yang durasinya panjang akan terjadi pada tahun 2035 , yang diperkirakan berlangsung selama 5 menit 23 detik lamanya. Hampir semua wilayah Indonesia dapat menikmatinya kecuali wilayah Papua.

Tahun 2029 - Asteroid Aphophis

Peristiwa akan lewatnya Asteorid Aphophis ini mendekati bumi saat pertama kali ditemukan pada tahun 2004, membuat heboh dunia astronomi, bagaimana tidak, saat itu diperkirakan ada kemungkinan 2.7% menabrak bumi, suatu peluang tertinggi yang pernah ada dan terdeteksi sepanjang sejarah modern (selain yang menghantam dinosaurus pada masa purba).

Sejak itu semua fokus terhadap asteroid aphophis ini, observasi teropong dan radar-radar diarahkan ke asteroid dan melakukan perhitungan ulang yang lebih akurat dan mendalam. Ukuran asteroid ini masih kabur, perkiraan bagian paling panjangnya adalah sekitar 500 meter.

Setelah dilakukan perhitungan ulang yang lebih cermat dan teliti, akhirnya kita boleh bernafas lega, karena diperkirakan Asteroid Aphophis ini tidak akan menabrak bumi, dengan jarak lintasannya paling dekat ke bumi hanya 30 ribu kilometer, kemungkinan bertabrakan hampir mendekati 0%. Jika benaran bertabrakan, diprediksi akan memakan puluhan juta jiwa.

Revisi itu membuat tenang,tetapi para ilmuwan juga tentunya mempersiapkan rencana cadangan jikalau ada kemungkinan tak terpikirkan terjadi, jangan sampai kejadian seperti di film leonardo di carpio berjudul "Don't Look Up" terjadi, meledakkan asteorid dengan nuklir?

Setelah 2029 (hari itu tepat Friday the 13th), tahun berikutnya Asteroid Aphophis akan melewati lintasan dekat dengan bumi adalah pada tahun 2036, tapi itu jaraknya lebih jauh lagi daru bumi, yaitu 8,4 juta km. 

Tahun 2034 - Hujan Meteor Leonid

Hujan meteor Leanord akan menghujani bumi kita dengan waktu yang sangat lama, yaitu 24 hari 24 malam penuh! . Artinya malam langit kita akan menjadi tampak indah dipenuhi hujan meteor berkilauan secara terus menerus karena panjangnya meteor.

Hujan meteor Leonid akan aktif mulai tanggal 6 November hingga 30 November, dengan laju meteor puncaknya sekitar tanggal 18 November.

Selama periode ini, ada peluang untuk melihat meteor Leonid setiap kali titik pancaran hutan meteor di posisi konstelasi Leo, berada di atas cakrawala, dengan jumlah meteor yang terlihat semakin meningkat seiring semakin tinggi titik pancaran di langit.

Di Indonesia, hujan meteor Leonid 2034 ini tidak akan tampak sebelum pukul 00:19 tengah malam, ketika titik terangnya muncul di atas cakrawala timur kita. Kemudian akan tetap aktif hingga fajar menyingsing sekitar pukul 05.00 pagi.

Tahun 2040 - Garis Lulus

Pada tahun ini, setelah 432 tahun lamanya, akan ada lima planet yaitu Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, Saturnus dan bulan kita akan berada pada satu garis lulus.

Tidak seperti salah satu film yang mengatakan bahwa semua planet bisa satu garis lulus, di dunia nyata hal itu mustahil terjadi, karena dihitung gimanapun dan sampai kapanpun tidak mungkin semua 8 planet bisa satu garis lulus.

Hal menarik lainnya adalah, kita dapat melihat semua planet tersebut dengan mata telanjang tanpa perlu bantuan teleskop pada malam hari.

Sumber: Starwalk Space


--

Demikian 4 peristiwa besar luar angkasa yang akan terjadi dalam waktu dekat. Semoga kita masih tetap hidup untuk menyaksikannya. 
Share:
Next Post Previous Post