Berapa lama 1 hari atau 1 tahun di Merkurius?

Berapa lama 1 hari atau 1 tahun di Merkurius?


1 tahun di merkurius berapa hari?

Merkurius merupakan planet terdekat dengan Matahari, Merkurius membutuhkan waktu 88 hari untuk memutari matahari (istilah astronomi disebut revolusi), jadi satu tahun Merkurius itu adalah 88 hari.
Jika bumi membutuhkan 365 Hari, maka merkurius sekitar 1/4 dari bumi.

Karena rotasi merkurius terhadap porosnya sangat lambat akibat kecilnya medan magnet, sehingga 1 hari di Merkurius itu membutuhkan sekitar 58.5 hari Bumi untuk melakukan satu perputaran kembali ke titik yang sama. Sehingga bisa disimpulkan 1 hari di planet Merkurius mendekati dengan 1 tahunnya (atau tepatnya 2/3), atau 2 tahun Merkurius = 3 hari Merkurius.

Tetapi jika 1 hari itu adalah berdasarkan peristiwa pagi-malam-pagi (atau matahari terbit sampai matahari terbit), maka satu hari pada Merkurius lebih lama 2x daripada Tahunnya (dimana 1 hari di merkurius itu berlangsung 1 tahun pagi/siang, dan 1 tahun malam), karena total membutuhkan waktu 176 hari bumi untuk transisi dari pagi-malam-pagi. Ini menyebabkan satu sisi gelap dan dingin, dan satu sisi lagi panas dan terang terus selama 88 hari. Hal ini disebabkan oleh perputaran rotasi yang sangat lambat, sehingga terkena dampak saat perputaran matahari.

Perputaran planet tidaklah bulat tetapi oval dan ada waktu dimana dekat dengan matahari ada juga waktu yang jauh dengan matahari, pada saat terdekatnya dengan matahari, Merkurius berjarak 45 milyar kilometer dan pada saat terjauhnya berjarak 70 milyar kilometer. Pada saat dekat dengan matahari (perihelion), pergerakan planet akan terpengaruh, pergerakan rotasi dan revolusi menjadi lebih cepat yang biasa di sebut masa perihelion, kemudian menjadi lebih lambat saat di jarak yang jauh yang biasa di sebut aphelion.


Share:
Next Post Previous Post