Beriklan di MGID apakah bagus?

Beriklan di MGID apakah bagus?

logo MGID


MGID merupaka sebuah perusahaan periklanan digital, saingan daripada Google. Mereka melayani orang yang ingin menjadi publisher (mendapatkan uang dari iklan) ataupun advertiser (mengeluarkan uang untuk iklan).

Bentuk iklan mereka adalah tampilan (display) pada situs-situs atau blog yang bekerjasama dengan mereka. Mereka lebih sederhana dibanding google, jadi hitungannya hanya berdasarkan berapa jumlah klik, jadi bayarannya sesuai dengan jumlah klik dikali dengan cpc (harga per klik).

Kali ini yang saya bahas adalah menjadi advertiser alias beriklan di MGID, apakah lebih bagus dari Google Ads (dulu disebut adwords), atau bahkan facebook ads?

Barusan saya test MGID, jadi deposit minimal untuk memulai adalah 1,5 juta rupiah. MGID adalah iklan jenis display, layaknya google GDN. jadi iklan bannernya muncul di beberapa situs kerjasama. MGID sering direkomendasikan oleh orang indonesia sebagai alternatif dari GDN. tapi seberapa bagus kah MGID?

Dari pengalaman saya ternyata kurang bagus;

Pertama harganya yang mahal, bayangkan saja CPC nya mencapai 600 rupiah per klik, padahal di GDN saya cuma menghabiskan 150 rupiah, dan angka 600 itu pun dianggap "very low"

Kedua, aturan dan syaratnya lebih ketat dari GDN, saya sempat tidak di-approve iklannya

Ketiga, agak susah menyetel sebuah gambar ukuran yang bisa cocok atau pas di semua ukuran, jadi agak susah melakukan proporsi gambar yang sesuai untuk semua bentuk

Keempat, fitur nya yang sangat sedikit, bahkan audience target cuma ada pilihan beberapa biji yang terbatas

Kelima, dari pengalaman, yang klik banyak , tetapi conversion atau lead nya sangat sedikit. iklan saya yang 2000an klik, cuma sekitar 4-5 yang menghubungi, yang berhasil deal cuma 1 orang. Rugi total ini mah.

Keenam, biarpun CPC nya bisa diset lebih rendah (minimal CPC utk MGID adalah 178 rupiah), tetapi saat diset sangat rendah, maka iklannya ga ada yg klik , jarang muncul, saya pernah tes CPC 300 rupiah, dari jam 10 pagi sampai jam 5 siang, cuma ada 123 klik. besoknya saya test CPC 400 rupiah, seharian itu cuma dapat 469 klik. 

Habisnya saldo pun tidak membuat saya tertarik untuk mengisi ulang.

--

Hasthtag: #MGID

Share:
Next Post Previous Post