Sederet Orang yang Pernah Menjadi Terkaya di Dunia

Sederet Orang yang Pernah Menjadi Terkaya di Dunia

Dalam menentukan siapa orang terkaya di dunia terkadang agak sulit, karena terlalu sulit untuk mengetahui berapa kekayaan seseorang secara detail. Biasa yang sering membuat daftar orang terkaya adalah Forbes, yang dilakukan setiap tahun. Ga heran Forbes yang paling terkenal dalam hal ini.

Nyatanya kriteria orang terkaya itu sangat luas, sehingga biasa umumnya dalam menentukan jumlah kekayaan seseorang, lebih pada faktor saham pada perusahaan, nilai saham dikali dengan jumlah. Sedangkan faktor lain seperti properti, uang tunai, emas, saldo bank, dan lainnya seringkali sulit untuk dipantau.

Karena itu, perusahaan seperti Forbes biasa hanya melihat dari segi nilai saham yang ada pada seseorang sebagai acuan. Ga heran, orang terkaya di dunia kerap sering berubah-ubah setiap waktu, karena tergantung harga saham perusahaan yang dimiliki orang tersebut.

Umumnya sepuluh besar orang terkaya dunia dihuni oleh orang-orang yang bergerak di bidang teknologi pada perusahaan Amerika Serikat. Pada tahun 2023 ini, perusahaan-perusahaan ini yang paling terkena dampak. Sehingga kali ini yang menduduki peringkat satu adalah Bernard Arnault, bos dari merek fashion LV asal Prancis.

Siapa saja yang pernah menjadi orang terkaya di dunia dari tahun 1980-an sampai sekarang minimal 1 detik? Ada sebelas orang yang pernah merasakannya!


orang terkaya


Orang yang Pernah Menjadi Paling Kaya di Dunia

catatan: Daftar ini tidak mencakup orang-orang yang kekayaannya berasal dari dunia hitam seperti korupsi, narkoba, dll, juga tidak termasuk orang kerajaan seperti raja, ratu, pangeran, putra mahkota, dll. 

#1 Yoshiaki Tsutsumi (1980-1990)

Yoshiaki Tsutsumi berasal dari Jepang. Pada tahun 1980-an, Jepang merupakan negara dengan perekonomian terbaik, tidak heran tiga orang terkaya di dunia adalah orang Jepang. 

Yoshiaki menjadi orang terkaya dunia dari tahun 1980 sampai dengan kuartal dua tahun 1990.

#2 Sam Walton (1990-1992)

Raja supermarket Walmart ini menggeser Yoshiaki pada tahun 1990 setelah Walmart menjadi booming memiliki cabang dimana-mana dan meraup keuntungan besar. Kekayaan Sam Walton mencapai 20an milyar dollar US. Posisinya tidak bertahan lama karena hanya tidak lama setelah itu atau hanya dua tahun dia meninggal dunia, dan warisannya dibagi ke anak-anaknya. Karena bagi rata kepada tiga putra, sehingga jumlahnya pun terpecah.

Sebelum menjadi raja ritel dunia, Sam Walton sempat menjalankan usaha perah susu sapi dan menjualnya kepada pelanggan secara langsung.

#3 Taikichiro Mori (1992-1993)

Sepeninggal raja ritel Sam Walton, orang jepang kembali menduduki peringkat pertama terkaya dunia. Dia adalah Taikichiro Mori yang bergerak di bidang properti, terutama pembagunan perkantoran di Jepang.

#4 Gad Rausing (1993-1994)

Gad Rausing hanya bertahan beberapa bulan di peringkat satu orang terkaya dunia. Gad Rausing adalah orang Swedia. 

Salah satu usahanya yang paling terkenal adalah Tetra Pak. Pasti sudah tahukan dan sering melihat logonya saat membeli minuman kotak saat di supermarket.

Siapa sangka industri kemasan kotak minuman mampu meraup untung yang gila-gilaan seperti ini. 

#5 Bill Gates (1994 - 2007)

Bill Gates adalah salah satu yang paling terkenal karena dia yang paling lama bertahan berada di peringkat satu. Bill Gates pernah 13 tahun bertahan di posisi ini, kemudian berulang kali kembali menjadi terkaya biarpun sempat di rampas beberapa orang lain seperti Warren Buffett, Carlos Slim, Amancio Ortega.

Bill Gates adalah pemilik perusahaan Microsoft yang produknya paling terkenal tentu saja adalah Microsoft Windows, sebuah perangkat lunak yang disebut sistem operasi untuk komputer.

Tidak perlu panjang lebar mengenai Bill Gates, karena artikelnya yang paling banyak di dunia maya atau internet. Dan semua orang telah mengenal kisahnya.

#6 Warren Buffett (2007-2008)

Warren Buffett terkenal sebagai ahli investor atau saham, dia terkenal dalam bermain saham sebagai bentuk investasi jangka panjang. Selain saham, dia juga adalah pemilik saham terbesar dan CEO dari perusahaan asuransi Berkshire Hathaway.

Warren Buffett terkenal karena kehidupannya yang santai dan tidak menggunakan ponsel genggam. Dia juga berikrar akan menyumbang 99% kekayaannya kelak setelah meninggal.

#7 Carlos Slim (2009-2013)

Carlos Slim adalah raja telekom asal meksiko. Dia lahir di mexico city dan telah mempelajari bisnis di usia yang sangat muda. Pada umur 11 tahun, dia telah belajar investasi di obligasi pemerintah. Pada umur 12, dia membeli saham pertamanya.

#8 Amancio Ortega (2015-2017)

Amancio Ortega adalah bos dari perusahaan ritel fashion merek ZARA. Ritel Zara terdapat di berbagai belahan dunia, memiliki toko cabang dibanyak negara. Amancio Ortega adalah orang spanyol yang lahir pada tahun 1936.

#9 Jeff Bezos (2017-2020)

Si Raja online ritel ini berhasil menguasai pasar belanja online dengan perusahaan Amazon, nilai valuasi saham Amazon naik drastis terutama saat era awal pandemi Covid, orang-orang lebih sering berbelanja online. Kekayaan Jeff Bezos sempat mencapai puncak 150 juta USD. 

#10 Elon Musk (2021)

Fenomena aneh terjadi pada Elon Musik, perusahaan Tesla meningkat drastis sampai tahap tidak logika, padahal Elon Musk sendiri tidak menginginkan harga saham Tesla melonjak terlalu drastis.

Dalam periode kurang dari 4 bulan, Elon Musik yang tidak masuk 15 orang terkaya dunia, naik drastis ke peringkat 2, hanya di bawah Jeff Bezos. Fenomena aneh yang tidak pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah. 

Dan pada tahun 2021 awal, sempat menikung Jeff Bezos, tetapi hanya mampu bertahan beberapa hari. Kemudia pada akhir tahun 2021, kembali Elon Musk menikung Jeff Bezos dengan nilai saham Tesla yang kembali meroket ga jelas.

Elon Musk pada puncak kekayaannya, memiliki harta 310 juta USD. 

#11 Bernard Arnault (2022)

Bernard Arnault adalah  yang paling baru dalam daftar, bos fashion dari grup LV menjadi yang paling kaya di dunia seiring dengan pelambatan ekonomi dunia dan yang paling terkena efek adalah sektor teknologi.

Pelambatan ekonomi dunia membuat hampir semua perusahaan teknologi yang berbasis di Amerika Serikat terkenal efek kerugian dan melakukan PHK besar-besaran karyawannya. Hal ini membuat Bernard Arnault yang merupakan orang Prancis berkesempatan menjadi yang terkaya di dunia.

---

Siapa yang bakal mencicipi peringkat 1 selanjutnya? tidak ada yang tahu pasti jawabannya. Beberapa orang hampir mencapai itu tetapi kemudian gagal, sebut saja bos Oracle yaitu Larry Ellison. Mungkin saja kedepannya yang pertama kali akan mencicipi pretasi bergengsi ini bisa bos google Larry Page dan Sergey Brin, atau mungkin pengusaha India  Mukesh Ambani yang sempat pernah di peringkat dua, atau bos Facebook Mark Zuckerberg? atau mungkin bos Apple? kita lihat saja kelanjutannya.

Share:
Next Post Previous Post