BBK Group, Perusahaan Yang Merajai Ponsel di Pasar Dunia

BBK Group, Perusahaan Yang Merajai Ponsel di Pasar Dunia


Saat ditanya perusahaan apa yang merajai pasar penjualan dan pengguna merek ponsel di seluruh dunia, mungkin Anda berpikir nama Samsung. 

Tapi apakah Anda tahu bahwa ada sebuah grup perusahaan yang ternyata menjual lebih banyak dari Samsung dan Apple, perusahaan itu adalah BBK.

BBK Electronics adalah sebuah induk perusahaan dari berbagai merek ponsel; sebut saja Oppo, Vivo (termasuk sub-brand IQOO), OnePlus, dan Realme.

Mereka sebelumnya juga pernah merilis ponsel dengan merek BBK pada zaman dahulu sebelum era smartphone. Kemudian tidak menggunakan merek itu lagi untuk ponsel dan menggantinya dengan merek-merek di atas yang di mana berdiri sendiri masing-masing.

Sebelumnya BBK juga berencana untuk membuat IQOO sebagai merek ponsel sendiri, tetapi kemudian dibatalkan dan tetap menjadi sub-brand dari Vivo sampai sekarang.

Merek-merek tersebut di atas yang tergabung dalam grup BBK, jika digabung maka penjualannya melebihi daripada Samsung.



Oppo satu merek sendiri saja di Indonesia sudah bisa menjadi penguasa dengan penjualan terbanyak mengungguli Samsung, tidak tahu kenapa orang Indonesia begitu menyukai merek ini, Oppo benar-benar berhasil dalam dominasi pasar Indonesia. 

BBK Electronics adalah perusahaan teknologi yang berkantor pusat di Dongguan, China. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1995 oleh Duan Yongping. Saat ini, BBK Electronics merupakan salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia dengan portofolio produk yang luas, termasuk smartphone, televisi pintar, pemutar DVD, dan perangkat elektronik lainnya. 

Pada awalnya, BBK Electronics hanya fokus pada produksi pemutar DVD, namun kemudian beralih ke bisnis telekomunikasi dan teknologi. Pada tahun 2008, perusahaan ini meluncurkan merek smartphone pertamanya, yaitu Oppo. Oppo merupakan merek yang sukses dan dikenal di seluruh dunia. Saat ini, Oppo menjadi salah satu merek smartphone terkemuka di pasar global.

BBK Electronics menluncurkan smartphone merek Vivo pada tahun 2011. Vivo juga dikenal dengan produknya yang inovatif, seperti kamera depan pop-up dan teknologi pemindai sidik jari di layar. 

Untuk kelas atas, BBK mengandalkan merek OnePlus, yang dikenal sebagai merek smartphone premium dengan spesifikasi yang tinggi. OnePlus memiliki gaya perilisan yang mirip dengan Apple iPhone, dimana dalam satu tahun hanya rilis beberapa model saja.

Terakhir, Realme diluncurkan pada tahun 2018 sebagai merek smartphone yang ditujukan untuk pasar dengan anggaran yang terbatas namun tetap menawarkan kualitas yang baik.

Dalam beberapa tahun terakhir, BBK Electronics terus berkembang dan menghasilkan produk inovatif yang dapat bersaing dengan merek teknologi terbesar di dunia. Perusahaan ini terus memperluas portofolio produknya dan memperluas pasar globalnya. Dalam beberapa tahun ke depan, BBK Electronics kemungkinan akan terus menjadi pemain utama di pasar teknologi global.

Curiganya, grup BBK Electronics kedepannya akan merilis sebuah merek baru lagi untuk bermain di pasar smartphone kategori tertentu.

Share:
Next Post Previous Post