Berbagai Waralaba Kopi Lebih Mewah Dari Starbucks

Berbagai Waralaba Kopi Lebih Mewah Dari Starbucks

% Arabica di Bali, Indonesia | sumber gambar: Cosmopolitan 

Bagi para penggemar kopi, pasti tidak asing lagi mendengar nama Starbucks. Sebuah kedai kopi waralaba yang paling terkenal dalam hal penjualan kopi secara langsung ke konsumen. 

Jumlah gerainya paling banyak di seluruh dunia, orang-orang terbiasa nongkrong di Starbucks, padahal dari segi harga bisa dianggap tidak murah, sebagian orang menganggapnya untuk kalangan atas dan premium.

Tapi tidak jarang orang memilih alternatif selain Starbucks, alasannya bisa karena ingin mengetes sesuatu yang baru, bisa juga karena ingin mencari kualitas yang lebih baik, karena Starbucks lebih menargetkan orang kasual (masyarakat umum) dibanding orang yang mengerti (mahir) kopi,

Kualitas hasil akhir kopi sangat tergantung banyak hal; mulai dari barista, mesin kopi, cara penyajian/penyeduhan, air mineral, waktu, heirloom, jenis biji, coffee processing, merek perusahaan kopi, proses roasting, estate, washing station, ketinggian tanam, varietas, asal negara, wilayah, grade, perkebunan asal, dan lain-lain, semua mempengaruhi hasil dan rasa kopi.


Baca juga: Apa Beda Café, Coffee Shop, Coffee House, or Coffee Bar?

 

Di bawah ini adalah beberapa merek waralaba kopi yang memiliki harga premium di atas Starbucks dan juga dianggap memiliki kualitas yang lebih baik. Mulai dari yang setingkat dengan Starbucks.


#10 Excelso

Kedai kopi yang satu ini wajib dimasukin dalam daftar, karena merupakan merek asli lokal.

Excelso adalah salah satu jaringan kedai kopi ternama di Indonesia yang didirikan pada tahun 1991. Berawal dari toko kopi kecil di Plaza Indonesia, Jakarta, Excelso kini telah berkembang menjadi perusahaan kopi terkemuka yang memiliki lebih dari 150 outlet di seluruh Indonesia.

Salah satu keunggulan dari Excelso adalah produk kopi berkualitas tinggi yang disajikan dengan beragam menu minuman dan makanan. Harga satu cangkir cappuccino sekitar Rp 51.700, sedikit lebih mahal dari Starbucks.

#9 The Coffee Bean & Tea Leaf

The Coffee Bean & Tea Leaf memiliki sangat banyak gerai di seluruh dunia, jumlahnya mencapai ribuan yang menyebar di 40 negara. Di Malaysia sendiri saja, mereka sudah memiliki 130 outlets.

Didirikan pada tahun 1963 di Los Angeles, California, Amerika Serikat, boleh dibilang Coffee Shop yang satu ini sangat berhasil dan sukses dari segi jumlah penyebaran.

Menurut penuturan, mereka hanya menggunakan dan menyeleksi top 1% biji kopi arabika terbaik yang berasal dari wilayah Afrika Timur, Amerika Latin, dan Asia Pasifik.

#8 Stumptown Coffee Roasters

Coffee chain yang satu ini terkenal sangat mahal harga biji kopinya. Untungnya untuk peningkatan harga kopi sajinya tidak ikut semahal biji kopinya, masih normal dibanding coffee house yang lain.

Dari awal bisnis yang sederhana sebagai gerobak kopi kecil di kota Portland, Stumptown telah berkembang menjadi merek global dengan kedai kopi di kota-kota besar seperti New York, Los Angeles, Seattle, dan Amsterdam. Apa yang membedakan Stumptown dari pemanggang kopi lainnya adalah komitmennya untuk mendapatkan biji kopi berkualitas tinggi langsung dari petani kecil dan produsen di seluruh dunia.

Model perdagangan langsung Stumptown memastikan bahwa petani dibayar dengan harga yang adil untuk kopi mereka, dan bahwa kopi ditanam dan dipanen secara berkelanjutan, tanpa menggunakan bahan kimia atau pestisida berbahaya. Hal ini tidak hanya menguntungkan petani dan komunitasnya, tetapi juga memastikan bahwa biji kopi memiliki kualitas terbaik, sehingga menghasilkan secangkir kopi yang unggul.

#7 Philz Coffee

Philz Coffee adalah perusahaan kopi yang berbasis di San Francisco yang terkenal dengan pendekatan uniknya dalam menyeduh kopi dan layanan yang dipersonalisasi. Didirikan oleh Phil Jaber pada tahun 2003, Philz Coffee telah mendapatkan penggemar setia kopi yang menghargai komitmen perusahaan untuk menciptakan pengalaman kopi yang dipersonalisasi.

Pendekatan Philz Coffee sederhana, setiap cangkir kopi dibuat sesuai pesanan konsumen, dengan mempertimbangkan selera dan preferensi individu pelanggan. Perusahaan menawarkan berbagai macam campuran, masing-masing dengan profil rasa yang unik, dan mendorong pelanggan untuk mencicipi setiap campuran sebelum membuat pilihan untuk memastikan bahwa mereka mendapatkan secangkir kopi yang benar-benar akan mereka nikmati.

#6 PJ's Coffee Of New Orleans

Biarpun menggunakan merek yang ada nama kota New Orleans, bukan berarti hanya memiliki cafe di New Orleans.

PJ's Coffee of New Orleans adalah perusahaan kopi yang didirikan pada tahun 1978 oleh Phyllis Jordan di New Orleans, Louisiana. Perusahaan telah mendapatkan pelanggan setia atas komitmennya terhadap kopi berkualitas dan keramahan penduduk Selatan.

PJ's Coffee of New Orleans sangat bangga dengan proses pemanggangan kopinya, hanya menggunakan 100% biji Arabika terbaik yang bersumber dari seluruh dunia. Perusahaan memanggang kopinya dalam jumlah kecil untuk memastikan bahwa setiap cangkir kopi memiliki kualitas terbaik dan memiliki rasa terbaik.

#5 Dutch Bros. Coffee

Dutch Bros. Coffee awalnya bermula dari perusahaan kopi drive thru, kemudian berkembang menjadi merek coffee house terkenal. 

Fokus utama mereka tetap pecinta kopi yang ingin menggunakan jalur drive thru dalam membeli, tetapi bedanya dengan drive thru yang lain adalah Dutch Bros. Coffee tetap memperhitungkan kualitas kopi yang sangat baik.

Dutch Bros. Coffee memiliki 671 outlets di seluruh Amerika Serikat.

#4 Peet's Coffee

Peet's Coffee, didirikan pada tahun 1966 oleh Alfred Peet di Berkeley, California, adalah salah satu pemanggang kopi paling dicintai di Amerika Serikat. Peet's terkenal dengan pendekatan artisanal untuk memanggang dan menyeduh kopi, dan komitmennya untuk mendapatkan biji kopi berkualitas tinggi dari seluruh dunia.

Alfred Peet lahir di negeri Belanda dan besar dari keluarga industri kopi. Dia dilatih sebagai pemanggang kopi dan kemudian pindah ke Amerika Serikat, di mana dia membuka kedai kopi pertamanya di Berkeley. Peet's dengan cepat mendapatkan reputasi untuk kopi berkualitas tinggi, dipanggang dalam jumlah kecil dan diseduh dengan sempurna.

Dan untuk TOP 3 dari daftar, yang merupakan tingkatan atas adalah:

#3 Blue Bottle

Blue Bottle Coffee adalah perusahaan kopi spesial yang didirikan di Oakland, California, pada tahun 2002 oleh James Freeman. Perusahaan telah mendapatkan reputasi atas pendekatan artisanalnya terhadap kopi, dengan fokus pada kualitas dan keberlanjutan.

Salah satu aspek unik dari Blue Bottle Coffee adalah komitmen perusahaan terhadap keberlanjutan. Perusahaan hanya menggunakan biji kopi organik, yang tumbuh tidak terkena cahaya matahari langsung, yang ditanam dengan cara ramah lingkungan, dan mempromosikan keanekaragaman hayati. Blue Bottle Coffee juga menggunakan cangkir kopi yang dapat dikomposkan dan telah menerapkan program daur ulang untuk mengurangi limbah.

Blue Bottle Coffee menawarkan beragam kopi dan minuman espresso, masing-masing dibuat dengan hati-hati dan presisi tinggi. Barista perusahaan sangat terlatih dan bersemangat tentang kopi, seringkali menciptakan minuman yang unik dan inovatif untuk pelanggan.

#2 %Arabica

% Arabica adalah sebuah perusahaan kopi yang didirikan di Kyoto, Jepang, pada tahun 2014 oleh Kenneth Shoji, seorang pecinta dan pengusaha kopi. Perusahaan telah mendapatkan pengikut setia untuk kopinya yang berkualitas tinggi, desain minimalis, dan dedikasinya terhadap keberlanjutan.

% Arabica sangat berhati-hati dalam memilih biji kopi terbaik dari seluruh dunia, dengan fokus pada kopi spesial single origin. Perusahaan mengambil bijinya langsung dari petani dan memanggangnya dalam jumlah kecil untuk mengeluarkan rasa dan aroma unik dari setiap varietas.

Coffee Shop dan Coffee House %Arabica sangat unik, biasanya menggunakan tema warna putih pada seluruh isi kedai dan aksesorisnya. Selain itu juga mengusung konsep desain sederhana.

#1 Ninety Plus 

Ninety Plus Coffee adalah perusahaan kopi yang didirikan di Ethiopia tahun 2006, dan kemudian mengembangkan sayap di Panama pada tahun 2007 oleh Joseph Brodsky dan istrinya, Jodi. Perusahaan telah mendapatkan reputasi atas kopinya yang luar biasa dan dedikasinya terhadap inovasi.

Biji kopi yang dijual oleh Ninety Plus sering digunakan oleh barista untuk mengikuti ajang kompetisi barisa tingkat internasional dan sering memenangkan juara dan penghargaan. Tidak heran harga biji kopinya tidak tahan mahalnya.

Ninety Plus Coffee mengambil pendekatan unik terhadap kopi, berfokus pada pencarian profil rasa yang luar biasa sangat ketat. 

--

Layak untuk disebut:

#11 Intelligentsia Coffee

#12 La Colombe Coffee Roasters



Share:
Next Post Previous Post