Alternatif Sosial Media Untuk Orang Tiongkok

Alternatif Sosial Media Untuk Orang Tiongkok

Logo Weibo

Kita sebagai generasi milenial dan gen-z yang hidup pada zaman sekarang, tidak mungkin terpisahkan dengan yang namanya teknologi. Setiap hari kita tidak bisa lepas dari ponsel pintar kita yang di dalamnya terdapat banyak media sosial.

Di negara Tiongkok atau China, penggunaan aplikasi dan layanan, maupun penggunaan sosial media  di dunia maya atau internet yang dibuat oleh negara asing sangatlah dibatasi, hampir seluruhnya diblokir oleh pemerintahan Tiongkok. Biasanya mereka memiliki versi alternatif sendiri dari layanan media sosial itu. 

Apa saja kah media sosial dan layanan alternatif buatan Tiongkok untuk penduduk negeri Tiongkok itu sendiri?


#1 Youtube

Layanan mengunduh dan menonton Video, di Tiongkok memiliki Haokan Baidu, BiliBili, dan Youku Tudou, atau biasa disingkat Youku saja. Dari ketiganya, mungkin yang paling mirip dengan Youtube adalah Youku Tudou dan BiliBili .

#2 Wikipedia

Tiongkok memiliki website atau situs sumber informasi lengkap layaknya seperti wikipedia bernama Baidu.

#3 Twitter

Layanan media sosial yang berfokus pada pesan singkat ala Twitter, mereka memiliki Weibo. Entah Elon Musk juga akan tertarik untuk membeli perusahaan ini?

#4 Whatsapp

Layanan pesan instan paling populer di dunia, Whatsapp, memiliki saingan bernama WeChat di negeri Tiongkok yang merupakan buatan Tencent. Yang lucunya, layanan messenger percakapan paling banyak digunakan nomor dua di China, yaitu QQ, juga adalah buatan Tencent, sehingga saling bersaing sesama produk sejenis dari satu perusahaan.

#5 Facebook

Biarpun terdapat beberapa aplikasi dan layanan serupa, Tetapi yang paling mendekati mungkin adalah RenRen

#6 Google

Mesin pencari yang paling terkenal dan paling banyak digunakan di Tiongkok adalah Baidu. Jadi Baidu seolah menggabungkan Google (mesin pencari) + Wikipedia (situs informasi). Baidu menguasai 80% mesin pencari Tiongkok, kedua adalah Sogou yang merupakan bagian dari Sohu Group, dengan pasar 11%, sisanya dikit-dikit.

#7 Tiktok

Nah ini yang agak spesial dibandingkan lainnya, disaat lainnya yang duluan populer adalah buatan barat, khusus untuk layanan video singkat, produk tiongkok ini justru yang jadi pondasi, sebelum diikuti oleh Youtube Shorts, Shopee Live, dan Instagram Reel. TikTok di China disebut dengan nama Douyin. Layanan terkenal lainnya serupa seperti TikTok di china adalah Kuaishou (di Indonesia dikenal dengan nama Snack Video, di India disebut Kwai).

#8 Amazon

Layanan belanja online di China, mereka biasa menggunakan grup Alibaba, seperti Alibaba.com, 1688, atau AliExpress, kemudian yang di luar grup Alibaba ada T-Mall.

#9 Ebay

Layanan belanja  yang lebih fokus untuk toko / penjual kecil ke konsumen end-user (perorangan) ini memiliki alternatif juga di China dan berasal dari grup Alibaba, yaitu Taobao.

#10 Spotify

Layanan music streaming paling terkenal dan paling banyak digunakan yaitu Spotify, di China memiliki pesaing bernama QQ Music, lagi-lagi buatan Tencent. Mereka memiliki music streaming versi internasional bernama Joox, tapi tidak terkenal.

#11 Google Maps

Kembali lagi-lagi dipegang oleh perusahaan Baidu grop, yaitu Baidu Maps.

#12 Instagram

Paling mendekati mungkin Xiaohongshu , biarpun orang luar tiongkok masih jarang mendengar nama produk layanan ini. Xiaohongshu punya fitur terkenal lain yaitu dapat belanja barang .

#13 Netflix

Layanan video streaming dan film berbayar di Tiongkok paling terkenal ada iQiyi , dan diperingkat kedua ada Tencent WeTV. Yang lain seperti Youku sudah mulai merangkak di nomor tiga.

#14 IMDB

Situs yang tentang mengulas (review) dan rating movie, film, drama, tv series di China ada Douban.

#15 Quora

Situs tempat tanya-jawab seperti Quora, saingan terdekatnya untuk kawasan regional Tiongkok adalah Zhihu (知乎).

#16 Lainnya

Biarpun bukan sosial media, tapi patut disebut juga sebagai informasi. Aplikasi taksi, ada Didi yang setara dengan Uber di Amerika Serikat. Sedangkan untuk aplikasi booking hotel atau penerbangan untuk perjalanan, ada Ctrip.

Share:
Next Post Previous Post