Dimash Kudaibergen, Penyanyi Ajaib Kelas Alien

Dimash Kudaibergen, Penyanyi Ajaib Kelas Alien

 Dimash Kudaibergen, yang mempunyai nama lengkap Dinmukhammed Kanatuly Kudaibergen adalah seorang penyanyi pria asal negeri Kazakhstan. Dia dikenal sebagai salah satu penyanyi pria terbaik dalam satu dekade terakhir.

Dimash terkenal akan rentang suaranya yang sangat luas, mulai dari nada terendah B0 dalam bentuk growl atau menggeram, sampai yang paling tinggi di nada D8 dalam bentuk whistle, yang berarti sekitaran 7 oktaf (octave) lebih dikit.

Dimash pertama kali terkenal secara internasional karena mengikuti ajang kontes menyanyi di negeri tirai bambu Tiongkok yang mempunyai nama acara 'Singer' buatan stasiun Hunan TV. Dia mendapat runner-up pada ajang kontes itu, tetapi lebih terkenal dibanding yang juara.

Dimash menguasai dua bahasa, yaitu bahasa Kazakhstan dan Rusia, dan sedang belajar bahasa inggris dan mandarin. Setelah beberapa waktu tahun, bahasa inggrisnya sudah mulai bisa digunakan dalam percakapan, tetapi bahasa mandarin dia tangguhkan berhenti belajar karena menurutnya terlalu sulit.

Selama karirnya, dia pernah membawa lagu dalam 14 bahasa mulai dari Kazakhstan, Russia, Inggris, Mandarin, Italia, Perancis, Spanyol, Jerman, Serbia, Turki, Sicilian, Ukraina, Kyrgystan, Arab, dan Jepang.

Selain penyanyi, dia juga pencipta lagu dan pemain alat musik. Alat musik instrumen yang dimainkannya adalah piano, keyboards, dombra, drum, gitar, marimba dan bayan. Bayan adalah alat musik asal Rusia.

Dimash Kudaibergen
Dimash Kudaibergen

Apa Saja Lagu Terbaik yang Dinyanyikan Dimash Kudaibergen?

Berdasarkan pantauan saya, dari semua lagu yang pernah Dimash Kudaibergen nyanyikan dan pernah saya dengar, menurutku ada sekitar belasan yang sangat bagus dan sempurna.

Di Youtube umumnya sebuah lagu dia nyanyikan beberapa kali dalam berbagai kesempatan, sehingga muncul beberapa versi. Kadang ada versi yang lebih bagus dibanding lainnya, jadi silahkan googling di youtube sendiri.

Berikut adalah Top 10 terbaik lagu yang pernah dinyanyikan Dimash Kudaibergen menurut versiku:

1. SOS (kadang ditulis S.O.S)

catatan: lagu yang dibawakannya saat kontes The World's Best di Amerika Serikat.

2. Your Love

3. Sinful Passion

4. Late Autumn / Autumn Strong  (秋意浓)

catatan: Lagu buatan penyanyi Jepang, sempat popular waktu dibawakan penyanyi Hong Kong Jackie Cheung.

5. Adagio

6. Unforgettable Day

7. Diva Dance

catatan: sebuah lagu yang dikatakan diciptakan untuk dinyanyikan alien dalam film.

8. All By Myself

catatan: lagunya Celine Dion.

9. Opera 2

10. Ave Maria

#Bonus: Love of Tired Swans


Bagaimana dengan pendapat kalian, manakah lagu yang paling kalian suka dan favoritkan? apakah ada dalam daftar diatas?
Share:
Next Post Previous Post