Susu Pasteurisasi Terbaik Untuk Para Pembuat Kopi

Susu Pasteurisasi Terbaik Untuk Para Pembuat Kopi

Bagi para pecinta kopi, baik barista profesional ataupun peminum kopi rumahan, tentu saja memerlukan susu dalam proses pembuatan menu-menu espresso-based, seperti cappucino, latte, flat white, piccolo, dan lainnya.

Bentuk susu yang direkomendasikan adalah susu cair dibanding susu bubuk ataupun susu kental.

Kemudian, susu Sapi lebih cocok dibandingkan Oat Milk, Almond, Wheat, Soy milk (soyabean), kambing, jenis kacang-kacangan, atau lainnya.

Jenis susu yang direkomendasikan biasanya adalah Susu cair yang Pasteurisasi, alasannya karena dapat menghasilkan buih (foam) yang lebih baik pada lapisan atas kopi. Jenis lain seperti UHT, susu steril, dan mentah (RAW) dianggap kurang cocok. Nama lain dari susu pasteurisasi adalah susu segar (fresh milk).


Sedangkan berdasarkan kandungan lemah, yang pilihan full cream lebih disaranin dibandingkan low-fat, reduced fat (2%), skimmed milk, dan fat free. Nama lain dari full cream adalah whole milk yang mengandung sekitar 3.5% lemak. Makin banyak lemak, lebih bagus buih susunya.

Untuk tingkat temperatur dalam pembuatan susu, rasanya para perusahaan susu lebih memilih yang proses menggunakan teknik Ultrapasteurization dibanding High-temperature-short-time-treatment dan Low-temperature-long-time-treatment. Yang ini kita ga bisa pilih sih, karena tergantung yang produksi susunya.


Bagaimana dengan merek? ada cukup banyak mereka yang pernah hadir di Indonesia, umumnya orang cuma kenal merek Greenfield, rata-rata semua barista dan coffee house dan coffee shop menggunakannya termasuk starbucks. Tetapi selain itu sebenarnya masih ada merek lain lagi, sebut saja:

  1. Greenfields Fresh Milk Susu Pasteurisasi
  2. KIN Fresh Milk Susu Pasteurisasi
  3. Diamond Fresh Milk Susu Pasteurisasi
  4. Brookfarm Fresh Milk Sukanda Djaya
  5. Cimory Fresh Milk
  6. Great Giant Livestock Hometown Dairy Fresh Pasteurized Milk
  7. YoFren, susu kambing
  8. Cita Nasional Susu Segar Nasional
  9. Milk Life bebas laktosa 
  10. Susu Kambing Etawa Murni 
  11. Gundaling Farm Brastagi
  12. JAB Milk
  13. Selaksa Susu
  14. WESB Nandhi 
  15. TernakFresh surabaya
  16. JTW366 Farm
  17. oatmilk oatside
  18. OAT-LY

Saya sendiri cuma pernah mencoba empat merek jenis susu pasteurisasi; Greenfields standar, Diamond, Greenfields Jersey, dan Brookfarm.

Kalau Greenfields yang standar, semua orang sudah pasti tahu, karena semua orang menggunakannya termasuk para kedai-kedai coffee shop seperti starbucks dan lainnya.  Sedangkan Diamond biasa lebih murah harganya dibanding Greenfields.

Untuk Greenfields Jersey, dikatakan menggunakan sapi Jersey, sebuah jenis sapi yang berasal dari negara UK (inggris), diimpor ke Malang dan diternakkan. Hasil susunya lebih creamy dibanding greenfields biasa.

Saat untuk pembuatan kopi, buih foam susu yang dihasilkan lebih halus teksturnya, tidak ada gelembung-gelembung besar seperti jika menggunakan greenfields standar, lebih lembut kelihatannya. Jadi hanya dengan penambahan harga beberapa ribu perak, akan menghasilkan kualitas yang lebih baik dari greenfields biasa.

Saya bukan barista apalagi yang profesional, hanya orang biasa yang minum kopi setiap hari, tetapi dengan menggunakan susu greenfields jersey ini, hasilnya lebih mendekati seperti yang buatan para barista, lapisan foam susunya jadi lebih bagus. Saya suka kelembutannya.

Untuk Brookfarm, ini agak mahal, yang ukuran 1 liter (900an ml), itu harganya sampai 40an ribu rupiah. Katanya sih menggunakan sapi dari Australia, ditulis Fresh Milik 100% impor dari Australia. Tapi saya rasa ini bukan susunya yang di impor ya, tetapi sapinya, karena kalau benar susunya diimport, rasanya agak beresiko juga karena susu pasteurisasi mudah basi dan tidak tahan lama.

Hasil microfoam dari Brookfarm juga bagus, terkesan sangat padat. Dan saat buat cappucino atau latte, saat didiamkan beberapa lama, jika menggunakan Greenfields baik yang standar atau Jersey, foamnya nanti bisa jadi bolong-bolong ga rata. Tetapi pada Brookfarm tidak demikian, tetap bagus bentuknya.

Cuma dari segi rasa, saya kurang suka, agak mengubah banyak rasa akhir kopi, perubahaannya cukup signifikan, dan terasa agak pahit dibandingkan greenfields.

Secara pilihan pribadi, saya memilih Greenfields Jersey untuk keperluan konsumsi kopi sehari-hari dibanding Greenfields standar, Brookfarms, ataupun Diamond. Dengan penambahan hanya beberapa ribu rupiah dan masih di kelas 30an ribu rupiah, menurut saya worth. Brookfarms agak mahal soalnya, nambah 10 ribu rupiah atau lebih, dan rasanya pun kurang cocok, belum lagi pengalaman buruk dapat 1 kotak yang basi padahal belum kadaluarsa.


Share:
Next Post Previous Post