Alternatif Desain Selain Notch Pada Ponsel

Alternatif Desain Selain Notch Pada Ponsel

79percentclock - Trending smartphone adalah mengurangi bezel , jadi smartphone sekarang semakin tipis bezel nya, trending ini dilakukan awalnya oleh Samsung. 

Kemudian beberapa perusahaan memikirkan cara untuk menghilangkan lebih banyak bezel di semua sisi, sehingga muncul design Notch (poni) yang pertama kali muncul pada smartphone 'The Essential PH1' oleh perusahaan Essential yang didirikan oleh Andy Rubin, tapi saat itu desain ini kurang dikenal.

Baru kemudian Apple merilis design notch versi mereka sendiri (notchnya lebih panjang), dan kemudian banyak merek smartphone yang mengikut tradisi tersebut, menggunakan desain yang mirip-mirip notch iphone sehingga menjadi menjamur. 

Sebenarnya ada beberapa desain alternatif tanpa notch , di antaranya adalah: 


1. Tiny bar / tiny Bezel 

(contoh: Samsung dengan curved display)

Desain ini adalah yang paling standar, yang paling umum dan banyak digunakan oleh berbagai pabrikan ponsel dunia.

2. Pop-up camera 

(contoh: oppo find x dan vivo nex)

Kamera sistem pop-up, saat menekan tombol kamera di screen, akan otomatis pop up keluar kamera depan dari bagian atas ponsel.

3. Swivel/rotating camera 

(contoh: Oppo N1)

Desainnya tidak ada kamera depan, cuma ada kamera belakang, saat mau menggunakan kamera depan, bar kamera belakang diputar ke depan.

4. Dual Screen / Selfie using back-camera 

(contoh: Meizu Pro 7)
Nubia X

Menggunakan Dual Screen (2 layar; depan dan belakang), sehingga mengambil selfie menggunakan kamera belakang dan layar belakang. Tentunya layar bagian belakang bisa digunakan untuk fungsi atau hal lain.

5. Selfie camera on bottom 

(contoh: Sharp Aquos Crystal)

Bezel bagian sisi kiri, kanan, dan atas dapat dihilangkan atau menjadi tipis, tetapi bezel bagian bawah tetap tebal, ya setidaknya tetap membuat rasio screen-bezel lebih baik dibandingkan design standard.

6. Slider 

(contoh: Xiaomi Mi Mix 3)

Sistem slide , sehingga saat mau selfie, dilakukan slide/geser dulu, benar-benar ide yang cemerlang, jadi depannya benar-benar full screen only, fingerprint nya sistem tanam tembus screen.

7. Camera hole only

gambar sudah menjelaskan maksudnya

8. Under Display Camera

Samsung mengklaim sedang menciptakannya di lab mereka, sebuah teknologi layar transparans (tembus), dimana saat tidak menggunakan kamera  depan, akan menjadi seperti layar biasa menampilkan gambar, sedangkan saat mau selfie, akan menjadi transparans memunculkan lubang kamera depan.

9. Non-Symmetric phone

Belum ada contoh ponsel yang mengeluarkan ide ini.

10. The Second-Screen on Top

Ide nya adalah seperti LG V10 / V20 , dimana layar kedua berada di atas daripada layar utama, tetapi disini tidak full melebar, melainkan memakan sekitar 75-85% lebar, dan sisanya untuk space (tempat) menaruh kamera depan.

update:

11. Just throw away the selfie camera

Tidak semua orang butuh selfie camera, demi fungsi lain, buang saja itu, seperti yang ditunjukkan oleh Vivo Apex 2019 . biarpun pemikiran ini sangat ekstrim dan berani, tapi boleh dibilang juga cukup innovative, sehingga patut diacungi jempol.


catatan: water-drop, dew-drop, atau tear-drop notch tidak termasuk alternatif.
Share:
Next Post Previous Post