5 Tips Agar Interview Diterima, Dijamin Berhasil!

5 Tips Agar Interview Diterima, Dijamin Berhasil!

 79percentclock - Tahukah kamu, banyak sumber mengatakan bahwa dalam 30 detik pertama interview merupakan penentu lolos atau tidaknya seseorang di perusahaan tersebut. Oleh karena itu, kamu harus mampu untuk memberikan kesan pertama yang baik kepada HRD. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengetahui tips agar interview diterima. Yuk, kita simak pembahasan lengkapnya berikut ini!

Kumpulan Tips Agar Interview Diterima yang Wajib Kamu Pahami! 

Bagi kamu para jobseeker, kamu sudah tidak perlu khawatir lagi saat diundang untuk melakukan interview atau wawancara kerja. Karena, kami punya tips dan cara jawab interview agar peluang diterima semakin besar.

1. Melakukan Riset Seputar Perusahaan dan Industri yang Dijalankan 

Salah satu poin yang akan ditanyakan oleh pihak menerima kerja adalah seberapa besar kamu memahami perusahaan mereka, dan seberapa jauh kamu memahami industri yang mereka jalankan. Untuk itu, penting bagi kamu untuk mengetahui setiap informasi seputar perusahaan yang kamu lamar. 

Memahami perusahaan secara menyeluruh dapat menciptakan impresi positif bagi si penerima kerja, karena kamu akan dianggap lebih meyakinkan. Selain itu, suatu perusahaan akan lebih senang memiliki karyawan yang memahami industri yang mereka jalankan. Oleh karena itu, sebelum melakukan interview kamu perlu melakukan riset seputar perusahaan dan industri yang dijalankan oleh perusahaan tersebut.

2. Siapkan Jawaban dari Pertanyaan Wawancara yang Umum 

Untuk mengetahui beberapa pertanyaan yang paling umum ditanyakan oleh pewawancara, maka kamu bisa mencari tahu dengan membaca buku atau mencarinya di internet. Selain itu, kamu bisa memanfaatkan media sosial dengan menonton video konten seputar wawancara kerja. Dengan begitu, kamu bisa mempersiapkan jawaban dari pertanyaan tersebut, sehingga kamu akan lebih siap dan meyakinkan saat wawancara nanti.

3. Banyak Berlatih Menjawab Pertanyaan

Persiapan mental juga menjadi poin penting yang harus dipersiapkan oleh para kandidat. Cara mempersiapkan mental saat wawancara kerja yaitu dengan banyak berlatih menjawab pertanyaan. Kamu bisa berlatih dengan berbicara di depan cermin sambil mengucapkan beberapa hal yang nantinya akan kamu sampaikan saat wawancara, misalnya perkenalan diri, portofolio, dan lain sebagainya.

Kamu juga bisa mengajak teman kamu untuk melakukan simulasi wawancara kerja, lalu di akhir sesi wawancara kamu bisa langsung meminta feedback dan saran dari teman kamu tadi. Dengan banyak berlatih kamu bisa mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin sebelum melakukan wawancara kerja. 

4. Tetap Sopan Tetapi Tidak Pasif

Gaya bicara, pemilihan kata, serta bahasa tubuh merupakan faktor yang seringkali dilupakan oleh kandidat saat menjalani interview kerja. Hindari menggunakan gaya berbicara yang tidak sopan dan menggunakan nada yang tinggi ketika menjawab pertanyaan. 

Sesuaikan juga gaya bahasa kamu dengan konteks wawancara. Sebagian besar perusahaan mempunyai kultur yang sangat formal. Sedangkan, pada beberapa perusahaan startup cenderung lebih memiliki kultur yang santai.

5. Jangan Takut Untuk Bertanya

Manfaatkanlah sisa waktu wawancara untuk mengajukan beberapa pertanyaan yang penting, namun hindari untuk menanyakan pertanyaan yang sama secara berulang-ulang. Kamu bisa membuat catatan beberapa pertanyaan yang ingin kamu ajukan. Beberapa pertanyaan 'cerdas' yang bisa kamu ajukan antara lain:

Bisakah bapak/ibu jelaskan mengenai tanggung jawab harian yang harus saya kerjakan selama di perusahaan ini?

Apa tantangan atau masalah terbesar yang sekiranya bisa saya bantu bila saya dapat bekerja di posisi ini?


Share:
Next Post Previous Post