WOW! Bayer 04 Leverkusen Pertama kali juara Bundesliga

WOW! Bayer 04 Leverkusen Pertama kali juara Bundesliga

 

Bayer 04 Leverkusen akhirnya berhasil menjuarai liga jerman Bundesliga musim tahun 2023-24. Ini merupakan gelar Bundesliga pertama mereka sepanjang sejarah sejak mereka berdiri hampir 120 tahun lalu.

Bayer 04 Leverkusen didirikan pada tahun 1 July 1904 (119 tahun lalu, 3 bulan menuju 120), tapi tidak pernah menjuarai liga jerman sekalipun. Sehingga fans mereka sering dicandain oleh fans tim lawan bahwa "juara" merupakan hal mujizat bagi Bayer 04 Leverkusen.

Bukan hanya pencapaian itu, tetapi mereka juga memecahkan  beberapa rekor sekaligus. Sampai pertandingan ke-31 Bundesliga, mereka tidak pernah terkalahkan.

Dan jika digabung dengan pertandingan di luar Liga Jerman, seperti tambahan UEFA Liga Eropa dan Piala Jerman (DFB Pokal), maka rekor tak terkalahkan mereka menjadi 46 pertandingan belum terkalahkan sampai hari ini tanggal 28 April, dan mereka berkesempatan untuk memperpanjang rekor tersebut.

46 Pertandingan tak terkalahkan disemua ajang liga eropa, merupakan yang terbaik dalam sejarah 5 Liga  Terbesar Eropa (spanyol, inggris, prancis, jerman, italia). Sebelumnya rekor ini dipegang oleh tim satu negara mereka Bayern Munich dengan angka 43 pertandingan di tahun 2011-2012.

Prestasi ini juga melambung nama manager pelatih mereka yaitu Xabi Alonso, padahal Xabi belum lama bergabung dengan Bayer 04 Leverkusen. Dia mulai bergabung pada musim tahun 2022-23, yang berarti tahun kedua saja sudah membuahkan hasil gemilang dan fantastis. Menurut Xabi yang juga seorang mantan pemain bola, rahasia dia untuk sukses adalah melakukan pendekatan ke semua pemainnya.

Ketika Leverkusen menang 2-1 atas Mainz pada Pekan ke-23 Bundesliga, itu menjadikannya 33 pertandingan tak terkalahkan, melampaui tim Bayern Munich asuhan Hansi Flick tahun 2020 dan 2021 sebagai rekor terpanjang tanpa kekalahan oleh tim Jerman di seluruh kompetisi. Fakta luar biasa lainnya adalah Die Werkself (julukan bagi tim Bayer 04 Leverkusen) mencapai prestasi tersebut dalam satu kampanye musim.

Terakhir kali Bayer 04 memegang piala adalah 31 tahun lalu, yaitu pada piala Jerman tahun 1993. Setelah itu mereka puasa gelar sampai tahun ini.

Perolehan mereka sebagai juara Bundesliga juga memutuskan kemenangan beruntun dari Bayern Munich, yang telah juara 11 kali (11 tahun terakhir) liga Jerman beturut-turut. Dominasi Bayern Munich itu telah membuat kebosanan dan kejenuhan bagi para penonton bola. 

Atas pencapaian luar biasa ini, mereka melakukan pesta besar-besaran. Setelah itu target mereka adalah menjadi tak terkalahkan pada sisa pertandingan di liga Jerman Bundesliga. Apakah bisa?

Share:
Next Post Previous Post