Klub Perusahaan Bernilai 1 Triliun Dollar Amerika. Siapa saja Mereka?

Klub Perusahaan Bernilai 1 Triliun Dollar Amerika. Siapa saja Mereka?


79percentclock.com - Ada begitu banyak perusahaan yang sukses dalam meraup keuntungan besar, tetapi sepanjang sejarah hanya beberapa perusahaan yang pernah memiliki nilai perusahaan di atas 1 triliun dollar US.

Nilai sebuah perusahaan biasa diukur dari total nilai saham secara keseluruhan, yang berarti angka nilainya sangat mudah berubah, naik turun (volatile) sesuai harga saham per lembar. Banyakan dipengaruhi oleh kinerja pasar, dan laporan keuangan perusahaan pada suatu periode.

Sampai hari ini, total hanya ada sembilann perusahaan yang pernah mencicipi nilai sampai 1 Triliun Dollar US , atau yang dikurskan ke rupiah adalah 16 Kuadraliun. Pusingkan lihat angka 0 nya yang berjumlah 15 biji itu.

Kesembilan Perusahaan Kaya Raya itu adalah: 

  1. PetroChina, 
  2. Apple, 
  3. Amazon, 
  4. Microsoft, 
  5. Saudi Aramco, 
  6. Alphabet, 
  7. Meta, 
  8. Tesla, 
  9. Nvidia. 

Mayoritas rata-rata masih dipegang oleh perusahaan Amerika di bidang Teknologi.

Daftar di atas sudah berurut sesuai waktunya siapa duluan. Jadi yang pertama kali mencapai angka itu adalah PetroChina pada tanggal 5 November 2007, disusul oleh Apple, dan kemudian Amazon juga menyusul hanya dengan rentang 1 bulan dari Apple di tahun 2018.

Untuk Nilai Perusahaan yang paling tinggi, sekarang ini dipegang oleh Microsoft. Perusahaan yang berada di bawah Bill Gates itu barusan melampaui Apple pada bulan Januari 2024 silam. 

Menurut pantauan dari Wikipedia, Dari 10 perusahaan teratas nilai pasarnya, hanya Apple yang turun nilainya. Kemungkinan karena kurangnya kreativitas dan sudah mulai jenuh tanpa ada sesuatu yang spesial dalam waktu lama.

Sedangkan Nvidia belakangan naik terus secara drastis karena merupakan sebuah perusahaan penyedia dan pembuat chip (atau semi conductor) yang menjadi bahan perebutan banyak perusahaan, terutama sekarang lagi masa Cryptocurrency (kripto) yang membutuhkan chip GPU dengan performa cepat untuk servernya, dan Nvidia adalah pemain monopoli di sektor ini.

Menurut prediksi, perusahaan kesepuluh yang akan ikut bergabung dengan klub 1 Triliun adalah Berkshire Hathaway. Sekarang ini nilai pasarnya adalah 912 Miliar US Dollar. Sebenarnya ini cukup mengejutkan, karena Berkshire Hathaway yang salah satu bisnis utamanya bergerak di bidang asuransi belakangan ini tidak benar-benar bagus kinerjanya, alias dibawah rata-rata. Mungkin ada efek Warren Buffett.

Perusahaan lain yang mungkin masuk hitungan dan berpeluang adalah TSMC, yang dimana juga merupakan perusahaan asal Taiwan penyuplai Chip mirip Nvidia. Permintaan akan chip tidak akan ada habisnya, apalagi iphone juga menggunakan buatan mereka.

Semoga tahun 2024 ini, akan muncul perusahaan ke-10 yang dapat mencapai klub 1 Trilion, karena yang terakhir kali itu tahun 2021, sudah cukup lama puasa.

Share:
Next Post Previous Post