Berbagai Kompetisi Sepak Bola Yang Diikuti Indonesia

Berbagai Kompetisi Sepak Bola Yang Diikuti Indonesia


 Sepak bola merupakan olahraga paling favorit dan terpopuler di Indonesia, tetapi negeri kita sendiri belum banyak memiliki prestasi. Salah satu contohnya, Indonesia sudah enam kali mencapai final kompetisi AFF, tetapi belum pernah juara AFF.

Turnamen sepak bola AFF yang sebelumnya lebih dikenal dengan nama piala tiger (macan) ini belum pernah negeri kita Indonesia juara sekalipun. AFF diikuti oleh 11 negara ASEAN (asia tenggara), biarpun secara konfederasi sepak bola, AFF itu ada 12 negara. Satu lagi yaitu Australia yang dulu mengajukan untuk ikut tergabung dengan wilayah AFF pada cabang olahraga sepak bola, tidak pernah ikut kejuaraan AFF.

Indonesian Football
Indonesia saat lawan Thailand di AFF Suzuki Cup 2020
 

Mungkin dianggap tidak levelnya kali ya, sehingga malas ikut. Tujuan Australia dulu mengajukan ikut wilayah ini adalah karena wilayah aslinya yaitu OFC (oceania) lebih lemah lagi kemampuan sepakbolanya, sehingga pemilihan untuk bergabung ke konfederasi AFF adalah untuk melawan negara-negara asia lainnya diluar ASEAN pada kompetisi tingkat AFC (piala asia dan kualifikasi piala dunia).

Ada banyak kompetisi sepak bola dunia yang diikuti oleh Indonesia, selain AFF ada olimpiade cabang olahraga sepak bola, kemudian penyisihan untuk piala dunia dan lainnya.

Kemudian di kancah nasional, selain kompetisi nasional Liga Indonesia yang terdiri dari Liga 1, Liga 2, dan Liga 3. Juga Piala Indonesia yang diikuti 128 team dan turnamen Piala Presiden Indonesia, Indonesia sering mengikuti berbagai ajang turnamen sepakbola di luar negeri.

Untuk kancah interasional, sebenarnya Indonesia mengikuti berapa turnamen sepak bola? Beberapa diantaranya adalah:

AFF Cup (dulu disebut Tiger Cup)

ASEAN Football Federation Championship adalah kejuaraan sepakbola yang diorganisasi oleh federasi AFF. Diikuti oleh peserta dari negara-negara asia tenggara atau ASEAN. Pencapaian teerbaik Indonesia adalah enam kali finalis.

AFC Cup

Asian Football Championship ini diadakan setiap empat tahun sekali. Pesertanya adalah dari negara dari wilayah Asia. Pencapaian terbaik Indonesia adalah empat kali babak Groupstage.

World Cup Qualifier

Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia. Indonesia pernah menjadi salah satu peserta 16 besar piala dunia, tapi itu kejadian sangat lama tahun 1938 dan masih menggunakan nama lama yaitu Hindia Belanda (Dutch East Indies), itupun sistemnya otomatis masuk 16 besar tanpa tanding karena situasi politik yang mendekati perang dunia saat itu, yang membuat banyak negara menarik diri ikut serta.

Asian Cup

Turnament olahraga seAsia untuk cabang olaharaga sepakbola. Prestasi terbaik adalah juara 3 pada tahun 1958 saat di Jepang. Sejak tahun 1990 sudah tidak pernah ikut lagi ajang cabang ini karena dirasakan sia-sia hanya menghabiskan biaya.

Olympic (Olimpiade)

Olimpiade cabang olahraga Sepakbola. Hasil terbaik adalah peringkat tujuh pada tahun 1956. Setelah itu tidak pernah lagi, selalu gagal di babak kualifikasi.

Southeast Asian Games (ASEAN - SEA games)

Di sini Indonesia cukup bagus hasilnya, pernah juara ASEAN games cabang sepakbola. Terjadi pada tahun 1987 dan 1991.

--
Yang diatas adalah untuk tim utama atau tim senior sepakbola Indonesia, ada lagi turnamen atau kejuaraan yang berdasarkan batasan usia, misalkan U-23 yang dikhususkan untuk dibawah umur 23 tahun, atau U-20, U-17 dan lainnya.

Juga ada pembagian perbedaan jenis kelamin antara pria dan wanita, dan juga jenis olahraga mirip sepakbola lainnya seperti contoh futsal atau sepakbola pantai.

Terkadang tim nasional Indonesia juga melakukan pertandingan persahabatan (friendly match) ataupun mengikuti turnamen lain sekali-kali tetapi tidak reguler.

Semoga suatu hari nanti tim sepakbola Indonesia mampu juara AFF, sebelum meraih target lain yang lebih tinggi. Tapi sebelumnya tentu yang harus dibenahi adalah kompetisi dalam negeri sendiri yang sudah tercoreng buruk dan jelek dari banyak sisi. Tapi siapa yang mampu membenahi Liga 1? rasanya mustahil?

Share:
Next Post Previous Post