Cara Mengatasi Jerawat di Punggung

Cara Mengatasi Jerawat di Punggung

 Jerawat pun bisa terjadi di area yang tertutup. Seperti di bagian punggung. Walaupun area punggung kerap tertutup dan jerawat tak tampak dari luar namun jenis jerawat satu ini cukup mengganggu. Pasalnya jerawat satu ini akan mudah menyebar dan meradang. Oleh sebab itu anda mesti segera mengatasinya agar jerawat tidak semakin parah. Jenis jerawat di punggung ini disebabkan karena beberapa faktor. Salah satunya adalah faktor kebersihan badan.

Jika anda kurang menjaga kebersihan badan, bakteri penyebab jerawat akan mudah mengumpul. Jika tidak segera ditangani akan membuat jerawat mengalami peradangan. Mengatasi jerawat di punggung bisa dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. misalnya jeruk nipis, putih telur, hingga serbuk kopi dan minyak zaitun. Bagi anda yang penasaran apa saja penyebab jerawat di punggung dan cara mengatasinya, berikut ulasan selengkapnya. 

Jerawat di Punggung
ilustrasi Jerawat, Bisul, Bintik Merah yang tumbuh pada punggung dan bahu


Penyebab Jerawat Di Punggung

#1 Keringat

Keringat bisa menjadi sumber penyebab jerawat karena akan membuat area punggung menjadi lebih lembab. Area yang lembab ini akan membuat bakteri penyebab jerawat berkembangbiak. Oleh sebab itu upayakan untuk selalu menjaga kebersihan punggung anda agar tidak mudah bekeringat.

#2 Penggunaan pakaian yang kurang tepat

Pakaian yang kurang tepat seperti tidak menyerap keringat atau terlalu ketat juga bisa menyebabkan terjadinya jerawat. Pilih pakaian yang mudah menyerap keringat agar area punggung tidak menjadi lembab. Pakaian longgar sangat rekomended digunakan agar punggung tidak mudah berkeringat.

3 Sensitif terhadap pewangi dan pelembut pakaian

Tidak semua pelembut dan pewangi pakaian cocok untuk semua jenis kulit. Pada pemilik tipe kulit sensitif, penggunaan pewangi dan pelembut ini akan membuat kulit mudah iritasi. Kulit yang iritasi inilah yang akan membuatnya rentan terhadap jerawat. Pilih jenis pelembut dan pewangi yang tidak memiliki kandungan cukup keras. Atau anda bisa mengentikan penggunaannya.

Cara Mengatasi Jerawat Di Punggung

#1 Menjaga kebersihan tubuh

Sebelum melakukan perawatan lanjut, anda mesti menjaga kebersihan tubuh terlebih dulu. Jika tubuh sudah bersih maka bakteri penyebab jerawat di punggung akan terkikis. Jika bakteri sudah terkikis, jerawat di area punggung pun tidak akan mudah hinggap. Anda bisa menggunakan sabu kesehatan dan antibakteri untuk memaksimalkan kebersihan kulit anda.

#2 Scrubing

Scrubing bermanfaat mengangkat sel kulit mati sehingga bakteri penyebab jerawat tidak memudahkannya berkembangbiak. Pilih lulur yang memiliki butiran halus kemudian aplikasikan di area punggung. Anda bisa menggunakan ampas bubuk kopi dan minyak zaitun untuk membuat scrub alami. aplikasikan secara merata dan teratur untuk hasil yang optimal.

#3 Putih telur

Selain baik untuk obat jerawat wajah, masker putih telur juga efektif untuk mengatasi jerawat di bagian punggung. Pisahkan kuning dan putih telur kemudian oleskan putih telur ke bagian punggung  secara merata. Setelah didiamkan selama 30 menit barulah bilas punggung dengan air hangat atau langsung mandi dengan air hangat.

Itu dia berbagai penyebab jerawat di punggung dan cara mudah mengatasinya. Selamat mencoba dan semoga cara anda berhasil.

Share:
Next Post Previous Post