Top 18 TV reality show franchise paling populer

Top 18 TV reality show franchise paling populer



Ada berbagai acara realitas yang mendunia dan terkenal, tetapi hanya beberapa yang mampu menciptakan versi-versi berbagai negeri secara mandiri sendiri terpisah dari yang utama.

Berikut beberapa franchise (waralaba) acara realitas yang populer dan besar, sebagian diantaranya terdapat versi Indonesia.

Franchise Acara Realitas TV Populer 

 1. Idol series

asal negara: Inggris

Sudah pasti pernah dengar donk Indonesian Idol? acara pencarian bakat menyanyi ini sudah mencapai musim ke-11 dan masih bertahan sampai sekarang di Indonesia. Boleh dibilang ini adalah franchise yang paling populer di Indonesia.

Franchise ini berasal dari Inggris (UK) dan disana menggunakan judul Pop Idol, bukan British Idol.

Total ada ratusan negara yang telah ikut berpartisipasi dalam franchise idol series.

2. X Factor

asal negara: Inggris

versi regional X-factor Indonesia, sama dengan idol series ditayangkan oleh RCTI. Ga heran jika jurinya kebanyakan sama antara kedua franchise tersebut di Indonesia. Di X Factor lebih mementingkan faktor X atau wow dibandingkan hanya sekadar suara indah dan merdu.

Beda lain adalah di faktor usia, dimana X Factor tidak ada batas limit usia seperti Indonesian Idol. Indonesian idol batas usianya adalah maksimal usia 27 tahun.

Kemudian X Factor juga boleh penyanyi group / grup atau beberapa orang.

3. Academia Fantasy (la academia)

asal negara: Meksiko

franchise ini lebih terkenal di Indonesia dengan judul Akademi Fantasi Indosiar, yang disingkat AFI. Musim pertamanya sangat sukses, yang membuat Indosiar memperpanjang sampai season kelima.

4. Rising Star

asal negara: Israel

sama seperti ketiga franchise sebelumnya, ini juga adalah ajang pencarian bakat penyanyi atau kontes menyanyi. Dan lagi-lagi ini dibawah naungan RCTI.

Sayangnya Rising Star tidak sesukses dua acara realitas sejenis lainnya yang sama-sama dijalankan oleh RCTI, sehingga kemudian diubah formatnya menjadi Rising Star Indonesia Dangdut, yang hanya fokus terhadap genre Dangdut.

5. The Voice

asal negara: Belanda

kontes menyanyi yang nomor lima ini telah berpindah tangan beberapa kali pemegang lisensinya untuk negara Indonesia, pertama Indosiar, kemudian RCTI, dan terakhir GTV.

The Voice Indonesia lebih sukses pada versi anak-anaknya yaitu The Voice Kids Indonesia.


6. Big Brother

asal negara: Belanda

kali ini adalah acara realitas diluar dari kontes adu menyanyi. Konsep acara ini adalah, mengumpulkan belasan orang yang tidak kenal satu sama lain untuk tinggal disebuah rumah, disana mereka harus bersaing untuk menjadi yang terakhir atau bertahan selama mungkin untuk mendapatkan hadiah uang dalam jumlah besar. 

Big Brother Indonesia cuma bertahan satu musim.

Indonesia memiliki program TV yang hampir serupa buatan lokal bernama Penghuni Terakhir (petir), dan berjalan cukup lama sampai enam musim.


7. Got Talent

asal negara: Amerika Serikat (US)

mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan nama acara realitas ini. Boleh dibilang seri Got Talent ini juga merupakan salah satu franchise acara realitas paling sukses dan telah hadir di paling banyak negara, pastinya telah memiliki ratusan versi negara yang berjalan sendiri-sendiri.

di Indonesia, juga ada acara yang memiliki konsep yang sama seperti Indonesian Got Talent ini, yaitu Indonesia Mencari Bakat.

Di acara realitas dengan konsep ini, setiap peserta boleh menunjukkan bakat apapun kepada para dewan juri. Di negeri Indonesia umumnya para peserta menunjukkan bakat yang umum seperti menyanyi, dan  menari (dancing).


8. The Amazing Race

asal negara: Amerika Serikat (US)

konsep dari acara realitas ini adalah, para peserta terdiri dari sepasang, yang disebut tim. Setiap tim harus bersaing dengan tim lainnya dengan menjelajahi berbagai negara tujuan.

setiap sampai kesuatu negara tujuan, mereka harus memainkan game atau sebuah permainan, yang setelah menyelesaikannya akan mendapat petunjuk (clue) akan ke lokasi atau negara apa selanjutnya.

The Amazing Race belum ada versi regional Indonesia-nya, padahal seru juga ya kalau menjelajahi berbagai kepulauan dan wilayah Indonesia yang luas.

9. MasterChef

asal negara: Inggris

kali ini masuk ke kategori lomba masak. Master Chef Indonesia tergolong sangat sukses, sehingga masih berlangsung terus sampai sekarang masuk musim ke-9.

kesuksesannya ikut melambungkan nama para jurinya seperti Chef Juna, Renatta Moeloek, dan chef Arnold


10. Iron Chef

asal negara: Jepang

acara lomba memasak ini kurang dikenal di Indonesia, bahkan banyak yang tidak tahu bahwa pernah ada versi Indonesianya. 

Mungkin karena menggunakan konsep yang sama dengan MasterChef, sehingga pemirsa Indonesia kurang tertarik, padahal di luar sana cukup sukses ratingnya.


11. Top Chef

asal negara: Amerika Serikat (US)

mirip Iron Chef, acara realitas lomba memasak ini juga kurang dikenal namanya. Versi regional Indonesia menggunakan Farah Quinn sebagai pembawa acara.


12. Survivor

asal negara: Amerika Serikat (US)

Franchise waralaba ini belum hadir di Indonesia, padahal sudah hadir di sangat banyak negara, bahkan versi originalnya yaitu Survivor Amerika, sudah sampai 42 musim.

Tidak tahu alasan kenapa belum ada stasiun TV yang mengajukan program acara realitas Survivor ini.


13. Project Runaway

asal negara: Amerika Serikat (US)

Project Runaway merupakan acara realitas adu kompetisi design fashion. Tentunya topik ini kurang diminati di Indonesia, sehingga sulit ada yang berani memegang hak lisensinya untuk tayang.

14. Top Model

asal negara: Amerika Serikat (US)

sesuai namanya, Top Model tentang kompetisi pencarian bakat Model dan topik Fashion.

15. Dancing with the stars

asal negara: Inggris

Dancing with the stars adalah acara realitas menari (dancing) yang paling terkenal. Kompetisi menari untuk menemukan penari terbaik dengan saling bersaing dalam acara. Di Indonesia, hanya bertahan selama 2 musim.

16. Fear Factor

asal negara: Amerika Serikat (US)

Fear Factor adalah acara yang mengambil tema dan topik unik, yaitu adu keberanian, mengatasi ketakutan dan kegelisahan. Soal siapa yang paling kuat dan mampu bertahan. Tekad siapa yang paling kuat dan paling berani mengambil resiko.

17. the Apprentice

asal negara: Inggris

the Apprentice adalah acara yang mengambil topik kompetisi dagang, usaha, atau bisnis. Indonesia merupakan negara Asia pertama yang menayangkan versi edisi regional sendiri, yaitu pada tahun 3 Oktober 2005.

18. Popstars

asal negara: Selandia Baru

ajang kontes menyanyi lainnya. Pernah tayang di Indonesia oleh TransTV. Saat itu digunakan untuk menyaingi Indonesian Idol.

19. Your Face Sounds Familiar

asal negara: Spanyol

Acara ini menantang para selebriti untuk tampil sebagai artis musik ikonik yang berbeda setiap minggu, dipilih secara acak pada acara tersebut. Mereka kemudian dinilai oleh panel juri selebriti.

20. Deal or No Deal

asal negara: Prancis

Mungkin sudah pada tidak asing lagi dengan nama acara ini, sangat digandrungi oleh orang Indonesia pada saat itu, karena memang permainannya sangat sederhana, cuma nebak mau hadiah apa secara acak, tidak perlu kemampuan, kepintaran, atau bakat.

21.Who Wants to Be a Millionaire?

asal negara: Inggris

Acara yang pada saat tayang di Indonesia ini sangat ikonik oleh pembawa acaranya yaitu Tantowi Yahya, merupakan salah satu acara jenis kuis yang populer diseluruh dunia.Bayangkan saja ada ratusan negara yang mengadopsi acara kuis ini.
Share:
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url