Riwayat Bitcoin Dalam Tahun

Riwayat Bitcoin Dalam Tahun

logo bitcoin


 Bitcoin adalah sebuah mata uang digital berprinsip kripto yang menggunakan sistem jaringan peer-to-peer tanpa melalui pihak ketiga (seperti bank ataupun pihak otorasi), jadi jika biasa transaksi antara pembeli dan penjual ataupun pemberi dan penerima memerlukan pihak ketiga dan memberikan kepercayaan sepenuhnya kepada pihak ketiga dalam transaksi digital, maka dalam bitcoin itu tidak begitu.

Setiap transaksi digital akan menciptakah sebuah blockchain yang berisi data-data ataupun database, yang terhubung dalam jaringan antara komputer yang satu dengan lainnya dalam bentuk rantai, sehingga tidak memungkinkan pengeditan atau penyuntingan data tersebut, karena bersifat desentralisasi, tidak berpusat kepada satu pihak saja. Jadi disini hanya ada perintah membuat, tidak ada edit atau menghapus, sekali "membuat" maka data itu akan terekam selamanya dalam blockchain, tidak bisa diubah.

Jaringan yang digunakan oleh pihak penjual dan pembeli adalah komputer-komputer dari pihak yang disebut penambang bitcoin, yang jumlahnya sangat banyak di seluruh dunia, mereka hanya berfungsi sebagai jalur atau saluran server untuk transaksi. Penambang ini tidak bisa melakukan apapun, kecuali mem-verifikasi data penjual dan pembeli untuk dibuatkan data blockchain baru. Dan semua transaksi di kripto itu jelas dan transparans, semua bisa melihat datanya dan terekam, tak bisa disembunyikan. Tapi tentu saja yang namanya digital atau internet itu tidak ada yang 100% aman.

Siapa pencipta mata uang kripto Bitcoin ini tidak jelas atau tidak diketahui, cuma disebut namanya adalah Satoshi Nakamoto, tapi siapa dia tidak ada yang mengetahui, bahkan kemungkinan besar itu bukanlah nama asli, hanya sebuah nama samaran.


Sejarah Singkat

2008: Satoshi Nakamoto melakukan registrasi domain bitcoin.org. Satoshi merilis kertas putih Bitcoin dibawah lisensi umum MIT, merilis kertas yang menjelaskan metode penggunaan transaksi digital sistem jaringan P2P yang bersifat desentralisasi.

2009: Blok pertama Bitcoin yang disebut blok Genesis, ditambang oleh Satoshi Nakamoto, sebagai penanda pertama mata uang Kripto. Satoshi menambang sekitar 1 juta bitcoin.

2010: Transaksi paling pertama Bitcoin yang terekam. seseorang bernama Laszlo Hanyecz membeli 2 loyang pizza dari Papa John's Pizza di florida. Dia membayar sebanyak 10.000 Bitcoin untuk dua buah pizza itu. Dengan prediksi harga Pizza Papa John saat itu, 1 bitcoin sekitaran $0.003

2011: bulan Februari, Greg Schoen membeli Bitcoin saat masih bernilai $0,06. Dia menjualnya di bulan maret seharga $0,3 . Bulan april, 1 Bitcoin pertama kali sama nilainya dengan 1 US Dollar. Bulan Mei, naik menjadi $8, Greg tweet di twitternya soal dia berharap saat itu tidak menjualnya.

2013: kenaikan paling drastis mungkin adalah tahun ini. Pada bulan oktober, harga 1 bitcoin adalah $150, naik menjadi $1.242 pada bulan november.

2014: penurunan Bitcoin dengan tingkat drastis yang pertama kali, turun ke angka $300-500an dollar.

2017: tahun yang paling aktif naik-turunnya, tahun penuh resiko. Sempat naik menjadi rekor tertinggi di angka $19.783, sebelum terkoreksi hanya dalam 5 hari menjadi $13.800 di bulan desember. di Indonesia, seorang bernama Fajar Wiwid menggunakan mahar 1 Bitcoin untuk pernikahannya, saat itu 1 bitcoin bernilai 90 juta rupiah.

2018: penurunan besar kembali terjadi lagi, nilai jatuh bebas lebih dari setengah potongan dalam 16 hari saja di bulan februari. Jadi bernilai $6.200. Sampai akhir thaun 2018, nilainya anjlok terus sampai di angka $3.300

2020: tahun ini Bitcoin mulai merangkak naik kembali. Mungkin terbantu dengan pandemi Covid, harga naik menjadi $13.000 pada bulan Oktober. Ditutup dengan rekor tertinggi pada bulan desember di angka $28.000.

2021: terjadi naik-turun dengan frekuensi yang sering, dengan beberapa kali memecahkan rekor, nilai tertinggi ada di bulan April dengan angka $63.000

Tahun 2022 terjadi pergolakan terhadap bitcoin, harga turun ke titik terendah selama dua tahun terakhir, balik ke angka 16.000 USD pada akhir bulan Desember.

Share:
Next Post Previous Post