Cara Mengatasi Jerawat Bernanah, Bagaimana Menyembuhkannya

Cara Mengatasi Jerawat Bernanah, Bagaimana Menyembuhkannya

 Jerawat bernanah adalah jenis jerawat yang sangat menganggu, menyakitkan, dan memerlukan perawatan yang tepat untuk menyembuhkannya, jika tidak maka akan sangat lama efeknya. 

Jerawat bernanah tampak lebih mengerikan dibanding jerawat biasa, terkesan lebih menjijikkan saat dilihat orang lain. Karena hal tersebut, seringkali pasien korban jerawat jenis ini memencetnya sebelum pada waktunya, padahal itu tidak boleh.

Berikut adalah beberapa cara efektif untuk mengatasi jerawat bernanah:


#1 Bersihkan wajah secara teratur

Memastikan wajah tetap bersih dan bebas dari kotoran dan minyak adalah hal penting dalam mengatasi jerawat bernanah. Gunakan sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulit anda dan bilas dengan air bersih.

Usahakan menggunakan sabun pembersih wajah yang khusus untuk kondisi kulit muka Anda, karena setiap orang terkadang memiliki kondisi kulit khusus berbeda.

#2 Gunakan produk perawatan kulit yang mengandung benzoil peroksida

Bahan Benzoil peroksida adalah salah satu bahan aktif yang efektif dalam mengatasi jerawat bernanah. Cari produk-produk perawatan kulit yang mengandung bahan benzoil peroksida dan aplikasikan secara merata pada wajah.

Cari merek perawatan kulit wajah yang sudah terbukti kualitasnya (terkenal), jangan asal cari merek yang terlalu murah karena umumnya yang merek dari perusahaan ternama melakukan penelitian laboratorium yang lebih teruji.

Dan yang terakhir jangan lupa mengecek berapa banyak kandungan benzoil peroksida pada produk tersebut.

#3 Hindari menekan jerawat

Seperti yang disebut di atas, orang yang mengalami jerawat bernanah sering tidak tahan untuk tidak menekan jerawat bernanah sebelum waktunya.

Menekan jerawat dapat menyebabkan infeksi dan memperparah situasi. Jangan pernah menekan atau mengorek jerawat, terutama jika sudah bernanah.

Memang jerawat bernanah membuat kita tidak percaya diri, tetapi atasi dengan cara lain, bukan dengan cara mecahin jerawat bernanahnya.

#4 Menggunakan krim anti-inflamasi

Krim anti-inflamasi dapat membantu meredakan peradangan dan mengatasi rasa sakit yang disebabkan oleh jerawat bernanah. Cari krim yang mengandung bahan seperti kortikosteroid atau lidokain.

#5 Konsultasikan dengan dokter kulit atau kecantikan

Jika jerawat bernanah masih belum membaik meskipun anda sudah menerapkan perawatan di rumah, sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Dokter dapat memberikan saran perawatan lebih lanjut dan menentukan apakah anda memerlukan obat atau terapi lain.

--

Kebiasaan orang yang memiliki jerawat bernanah adalah sering melihat cermin kaca setiap waktu. Kesal dan merasa terganggu akan tumbuhnya jerawat itu membuat kita banyak menghabiskan waktu di depan cermin. Mengatasi hal tersebut adalah dengan mengurangi kebiasaan melihat cermin, batasi frekuensi melihat cermin setiap hari.

Perawatan yang tepat dan konsisten adalah kunci untuk mengatasi jerawat bernanah. Pastikan untuk mengikuti saran perawatan di atas dan konsultasikan dengan dokter jika diperlukan untuk hasil yang optimal.

Share:
Next Post Previous Post