Patek Philippe Kaisar Terakhir Dinasti Qing Akan di Lelang

Patek Philippe Kaisar Terakhir Dinasti Qing Akan di Lelang

 Jam Tangan Patek Philippe - Aisin-Gioro Puyi atau yang lebih dikenal dengan sebutan Puyi adalah kaisar terakhir dinasti Qing sebelum sempat dilengserkan dan menjadi penduduk biasa oleh kaum revolusioner pimpinan Sun Yat-sen. Setelah itu dia sempat menjadi kaisar boneka pilihan Jepang untuk negara Manchukuo. 

Setelah Jepang kalah dari perang dunia ke-2, pada tahun 1945, Uni Soviet menahannya ke dalam penjara Uni Soviet di kota Chita. Biarpun menjadi tahanan, Puyi mendapat privilege (hak istimewa) khusus. Selama 5 tahun di penjara Uni Soviet, dia memiliki seorang ahli penerjemah bahasa Rusia yang merupakan keturunan China bernama Georgy Permyakov.

Sang penerjemah ini nantinya diberikan jam tangan Patek Philippe dan beberapa benda lainnya. Patek Philippe ini bermodel Reference 96 Quantieme Lune, yang hanya ada 8 biji pernah dibuat, dan hanya 3 biji yang memiliki konfigurasi waktu seperti milik Puyi.

Patek Philippe The Reference 96 Quantieme Lune
sumber gambar: Bloomberg

Terakhir kali model Patek Philippe The Reference 96 Quantieme Lune ini muncul di lelang adalah pada 20 tahun lalu yaitu tahun 2003, dan jatuh di harga dua juta dollar US (30 milyar rupiah), pemenang lelang adalah Patek Philippe sendiri yang kemudian memasukkannya ke museum mereka di Geneva.

Diperkirakan jam tangan mantan milik kaisar terakhir Puyi akan terjual di atas dari harga lelang terakhir mengingat nilai sejarah kepemilikan.

Model seri The Reference 96 Quantieme Lune dibuat oleh Patek Philippe pada tahun 1937. Tidak tahu kapan pastinya Puyi mendapatkan dan memiliki jam tangan ini, pastinya nilai sejarah yang tinggi bukan hanya karena modelnya.

sumber gambar: Bloomberg

Lelang jam tangan ini diselenggarakan oleh Aurel Bacs, yang mengatakan pada zaman tahun 1930an, membuat jam tangan complications serumit Ref 96 ini membutuhkan skill tangan yang luar biasa. Jam tangan pertama yang memiliki complications adalah tahun 1920an. Sehingga teknologi belum secanggih sekarang.

Patek Philippe Ref 96 memiliki kasing platinum dan mesin movement yang dibuat oleh Victorin Piguet, sebuah perusahaan pembuat jam tangan yang menciptakan mesin movement untuk Patek Philippe.

Dari delapan model Ref 96, hanya ada tiga dengan dial perak khusus, cincin  rose-gold, dan penanda jam enamel.

Belum tahu kapan akan diselenggarakan lelangnya, yang pasti adalah tahun 2023 ini dan diperkirakan akan memecahkan rekor harga.


Share:
Next Post Previous Post