Tips Cara Mencari Pekerjaan yang Cocok dengan Kepribadian, Berikut Informasi Lengkapnya!

Tips Cara Mencari Pekerjaan yang Cocok dengan Kepribadian, Berikut Informasi Lengkapnya!


Setelah lulus sekolah atau kuliah, tentunya orang-orang akan mulai berpikir untuk mencari pekerjaan. Hal pertama yang dipikirkan biasanya terkait di mana harus bekerja dan posisi apa yang cocok dengan passion yang dimiliki. Memiliki pekerjaan yang sesuai dengan passion dan kepribadian merupakan impian bagi setiap orang. Namun, faktanya banyak orang yang kesulitan dalam menemukan pekerjaan yang cocok dan sesuai dengan kepribadiannya. 

Oleh karena itu, bagi kamu para jobseeker, sangat penting untuk mengetahui minat dan bakat kamu sebelum melangkah ke dunia kerja. Untuk itu, kami sudah menyajikan informasi mengenai cara mencari pekerjaan yang cocok dengan kepribadian dan bisa langsung kamu simak di bawah ini.

aneka pekerjaan


Tips Cara Mencari Pekerjaan yang Cocok dengan Kepribadian 

Bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan sesuai minat dan passion, berikut sudah kami siapkan tips yang bisa kamu gunakan sebagai acuan dalam mencari pekerjaan yang cocok dengan kepribadian kamu.

1. Temukan Kegiatan yang Disukai

Tips menentukan pekerjaan yang cocok dengan kepribadian yang pertama yaitu dengan menentukan aktivitas yang kamu sukai. Ketika kamu melakukan hal yang disukai, maka kamu akan menikmati kegiatan tersebut. Kamu bisa coba untuk mencari pekerjaan yang memiliki keterkaitan dengan kegiatan yang kamu sukai, sehingga kamu bisa menikmati menjalani pekerjaan tersebut ketika sudah diterima.

2. Mencoba Tes Kepribadian Online 

Jika kamu merasa tidak yakin dengan minat dan bakat kamu, maka kamu bisa mencoba tes minat bakat yang tersebar di internet. Hasil dari tes kepribadian ini bisa kamu jadikan sebagai referensi dalam perencanaan karir kamu di masa depan. Biasanya juga tes kepribadian ini akan menyediakan proyeksi jenjang karir yang cocok dengan kepribadian kamu.

3. Membuat Daftar Pekerjaan 

Setelah memahami minat dan bakat kamu, maka cara mencari pekerjaan yang cocok dengan kepribadian selanjutnya yaitu membuat daftar pekerjaan yang menarik bagi kamu. Pilihlah pekerjaan atau posisi yang kamu sukai atau yang sudah menjadi cita-cita kamu sejak kecil. Setelah itu, kamu bisa membuat daftar pekerjaan yang sesuai dengan kepribadian, bakat, dan keterampilan yang kamu miliki berdasarkan tes yang telah dicoba.

4. Menganalisis Pengalaman yang Dimiliki

Pikirkan kembali pengalaman-pengalaman yang telah kamu dapatkan saat di sekolah, perkuliahan, magang, volunteer, atau ketika kamu berorganisasi. Dari sekian banyak ilmu yang kamu dapatkan dari pengalaman tersebut, cobalah untuk memilih ilmu atau keahlian yang kamu sukai dan tentunya bernilai bagi diri kamu.

Setelahnya, cobalah untuk mulai mencari informasi secara detail mengenai keahlian tersebut. Lalu, kamu bisa melakukan riset mengenai jenjang karir yang membutuhkan keahlian tersebut. Hal itu menjadi jenjang karir yang perlu kamu pertimbangkan, sebab kamu sudah memiliki bekal keahlian penunjang.

5. Melakukan Survei Informal

Mencari pekerjaan yang sesuai dengan kepribadian bisa juga dilakukan dengan melakukan survei informal. Cobalah untuk cari tahu tentang pekerjaan impian kamu, dan berbicaralah dengan orang atau teman yang sudah berada di posisi tersebut. Kamu bisa menanyakan apa suka duka berada di posisi tersebut, bagaimana jenjang karirnya, dan adakah potensi pengembangan minat bakat kamu di sana.

6. Mengikuti Program Magang

Salah satu cara untuk dapat masuk ke dalam suatu bidang pekerjaan yaitu dengan mengikuti program magang. Hal ini dikarenakan magang dapat menjadi gambaran pengalaman terdekat dengan dunia kerja. Dengan mengikuti program magang, kamu bisa merasakan langsung pengalaman bekerja di bidang yang kamu minati.

Jangan khawatir jika setelah mencoba program magang tersebut kamu merasa tidak cocok, masih banyak bidang lain yang bisa kamu coba. Hal terpenting setelah mengikuti program magang yaitu dapat membuat kamu terhindar dari miskonsepsi terhadap suatu pekerjaan.

Penutup 

Akhir kata, demikian pembahasan mengenai tips cara mencari pekerjaan yang sesuai dengan kepribadian. Semoga informasi tadi bisa membantu dalam menentukan pekerjaan yang sesuai dengan kepribadian diri kamu. Semoga bermanfaat!

-
ditulis oleh Anthony 
Share:
Next Post Previous Post