Wajib Dilakukan! Berikut Tips Cara Berkomunikasi yang Baik dengan Pasangan

Wajib Dilakukan! Berikut Tips Cara Berkomunikasi yang Baik dengan Pasangan

 Tahukah kamu, membangun dan menjaga komunikasi yang baik dengan pasangan merupakan hal yang sangat penting. Hal ini tentunya dilakukan untuk menghindari konflik yang dapat membuat hubungan kamu dengannya tidak harmonis. Namun, kebanyakan orang mungkin sering mengalami kesulitan untuk membangun komunikasi ini.

Meskipun sulit, nyatanya untuk mewujudkan komunikasi yang baik dengan pasangan bukan hal yang mustahil untuk dilakukan. Untuk dapat mewujudkannya, kamu harus mulai membiasakan diri menerapkan tips cara berkomunikasi yang baik dengan pasangan yang informasinya sudah kami rangkum berikut ini.




Tips Cara Berkomunikasi yang Baik dengan Pasangan Agar Langgeng 

Seperti yang telah kami jelaskan tadi, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan sebagai cara menjaga komunikasi yang baik dengan pasangan. Berikut ini adalah tips dan caranya yang bisa kamu gunakan sebagai acuan:

1. Hindari Kata-kata Negatif dan Cenderung Menuduh

Cara menjaga komunikasi yang baik dengan pasangan yaitu berhati-hati dalam berbicara saat kalian mengalami masalah. Cobalah untuk menggunakan kata-kata yang tidak membuat pasanganmu merasa terpojok. Contoh kalimat negatif yang tanpa sadar diucapkan oleh banyak orang kepada pasangannya yaitu "Kamu sengaja ya tidak kasih kabar, kebiasaan banget." 

Kamu bisa mengganti kalimat di atas dengan mengatakan, "Aku bakal lebih tenang kalau kamu mengabari aku, tolong jangan sampai terulang lagi ya kejadian seperti ini."

2. Dengarkan Pasangan dan Beri Kesempatan untuk Berbicara 

Cara berkomunikasi yang baik dengan pasangan selanjutnya yaitu memberinya kesempatan untuk berbicara. Pastikan kamu mendengar bagaimana pasangan kamu merespon hal-hal yang mengganggu pikiran kamu. Mungkin saja terdapat kesalahpahaman yang tidak kamu sadari. Selain mendengarkan, kamu juga harus merespon penjelasannya dengan baik, salah satu contoh sederhananya yaitu dengan mengatakan "aku mengerti".

3. Penggunaan Parfum Tertentu

Hidung merupakan indera penciuman yang sering dianggap remeh, tidak dipedulikan orang. Padahal indera manusia yang satu ini penting dalam mempengaruhi otak. Bantuan eksternal dalam berkomunikasi dengan pasangan, bisa menggunakan bantuan parfum untuk merangsang hormon pasangan dan memberikan efek aura positif. 

Gunakan parfum yang memiliki kandungan pheromone seperti Pheroluxe atau Minyak Kasturi dan sejenisnya.  

4. Menggunakan Physical Touch 

Komunikasi tidak hanya bisa dilakukan secara verbal, tetapi juga non verbal. Kamu bisa memberikan sentuhan hangat kepada pasangan, seperti berpegangan tangan, mencium keningnya sebelum pergi, atau mengelus rambutnya. Sentuhan fisik ini bisa juga dilakukan bersamaan dengan ucapan kasih sayang kepada pasangan.

5. Mulai dengan Obrolan Sederhana

Jika Kamu sedang ada masalah dengan pasangan, tetaplah jaga komunikasi dengan memulai obrolan yang sederhana. Kamu bisa memancingnya dengan pertanyaan yang membuat dia ingin bercerita. Misalnya, bagaimana kabarnya hari ini, atau apa saja kegiatan yang dilakukan hari ini. Jangan lupa untuk memberikan ekspresi yang menyenangkan dan memperlihatkan kamu sangat tertarik pada jawaban pasangan kamu.

6. Tetap Jujur Satu Sama Lain

Cara berkomunikasi yang baik dengan pasangan yaitu dengan jujur satu sama lain. Untuk tetap jujur dan terbuka satu sama lain, kamu hanya perlu mengatakan secara jelas apa yang ingin disampaikan dan apa yang kamu rasakan, serta menyampaikan keinginan kamu kepada pasangan. Perlu diingat bahwa jujur adalah kunci utama dalam suatu hubungan agar tetap terjaga dengan baik.

7. Berikan Komentar Positif Kepada Pasangan

Cara menjaga komunikasi yang baik dengan pasangan yang terakhir yaitu dengan menghargai apapun yang dilakukan oleh pasangan kamu, walaupun hal-hal kecil sekalipun. Ucapkan terima kasih pada pasangan kamu, dan perlihatkan betapa berartinya dia bagi kamu. Hal ini dapat membuat hubungan kamu dengan pasangan semakin dekat.

Penutup 

Cara berkomunikasi yang baik dengan pasangan dapat membuat hubungan semakin harmonis. Hal ini dapat dilakukan dengan banyak cara, salah satunya yaitu dengan tetap jujur satu sama lain. Semoga informasi tadi bisa bermanfaat untuk kamu yang ingin mengetahui cara menjaga komunikasi yang baik dengan pasangan.

Share:
Next Post Previous Post