Buka Kafe Serba Otomatis Dengan Mesin Samsung Kiosk

Buka Kafe Serba Otomatis Dengan Mesin Samsung Kiosk

Samsung Kiosk
Samsung Kiosk


 Samsung Kiosk adalah sebuah gabungan mesin dan software AI otomatis yang dibuat untuk berbagai usaha seperti kios, warung, cafe, supermarket, kedai, coffee house, restaurant cepat saji, rumah makan, dan lainnya.

Fungsinya adalah untuk memesan orderan (baik itu makanan, minuman, kopi, belanja barang atau lainnya) tanpa menemui karyawan, kasir (cashier), staff, barista, pelayan (waiter), dll. Jadi contactless gitu tanpa perlu interaksi dengan orang saat mau memesan, sangat berguna di saat pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

Mesin Samsung Kiosk menerima pembayaran dalam bentuk kartu kredit, NFC, QR Code (seperti QRIS gitu), e-wallet, e-money atau kartu elektronik, Google Pay, dan Samsung Pay.

Ada tiga bentuk penggunaan Samsung Kiosk, bisa dipasang kaki (stand), bisa ditaroh di meja, atau digantung. Jadi tergantung para pemilik shop ingin menggunakan yang dalam bentuk display apa.

Samsung Kiosk ini sudah cukup banyak hadir di Korea Selatan yang merupakan markasnya Samsung, tetapi Samsung berencana untuk memperluas pemasaran produk ini ke negara lain terutama di Australia, Singapore dan sepuluh negara lainnya.

Biarpun Samsung Kiosk ini diperuntukkan saat Pandemi untuk mengurangi penyebaran Corona Covid-19, tetapi saya rasa nanti setelah masa pandemi sudah selesai, mesin ini masih tetap berguna sesuai perkembangan zaman yang butuh kecanggihan teknologi.

Pemilik shop tidak perlu lagi menambah dan menggaji karyawan untuk melayani konsumen pelanggan (customer), bukan itu saja tetapi bisa mengurangi human error atau kesalahan order karena kesalahpahaman interaksi antara pelayan dan pelanggan.

Dari beberapa gambar yang saya lihat, mesin Samsung Kiosk ini kayaknya juga bisa di integrasikan dengan mesin otomatis lainnya, seperti mesin pembuat kopi otomatis atau robot, jadi satu toko atau coffee shop gitu tidak ada yang karyawan sama sekali, tidak ada barista ataupun yang jaga. Kopi yang dihasilkan dari mesin nantinya ada semacam tangan penggerak yang akan memindahkan cangkir plastik (cup) kopi dari mesin ke pelanggan.

Negara-negara Asia Timur gitu seperti Korea, Jepang, dan China memang kelihatan sangat maju ya teknologi kehidupan sehari-hari mereka. 

Untuk negara Indonesia belum ada dalam rencana Samsung tidak tahu kenapa, mungkin karena kurang tertariknya masyarakat Indonesia dalam hal teknologi. Bahkan QRIS saja masih belum banyak yang gunakan untuk pembayaran.

--

Sumber Referensi:

  • https://displaysolutions.samsung.com/kiosk
  • https://news.samsung.com/global/samsung-unveils-all-in-one-kiosk-for-contactless-ordering-and-payment
  • https://www.gizmochina.com/2021/02/23/samsung-koisk-stores-take-orders-pandemic-era/


Share:
Next Post Previous Post